Pandemi yang terjadi sepanjang 2020 memang membuat banyak pebisnis kalang kabut. Sejumlah upaya dilakukan agar bisnis tetap berjalan dan mendapat profit walau tidak sebesar pendapatan biasanya. Bagi sejumlah pebisnis yang terlanjur memulai bisnisnya di tahun 2020, merasa mereka memulai bisnis di tahun yang buruk, sehingga pebisnis yang ingin mulai menjalankan bisnisnya di tahun 2020 mengubah rencana mereka untuk launching bisnis di tahun 2021 mendatang. Apakah kamu ingin turut serta berbisnis di tahun 2021? Lalu bisnis apa sajakah yang kira-kira bisa laris manis setelah pandemi corona berakhir? 

  1. Produk-Produk Kesehatan
Image : Anna Shvets from Pexel

Semenjak maraknya pandemi di tahun 2020, kebiasaan hidup sehat semakin melekat di kehidupan masyarakat. Mulai dari kebiasaan cuci tangan, memakai hand sanitizer, langsung mandi setelah bepergian hingga memakai masker ketika keluar rumah. Semenjak maraknya kebiasaan sehat tersebut, kebutuhan produk-produk kesehatan semakin meningkat. Masker kain dan hand sanitizer adalah dua item kesehatan yang paling sering dicari. Berbisnis produk-produk kesehatan bisa jadi peluang besar bagi kamu untuk mulai berbisnis di tahun 2021.  

Kelebihan yang bisa kamu dapatkan melalui jenis bisnis ini adalah customer biasa memesan masker dalam jumlah banyak. Masker kain dianjurkan pemerintah untuk dipakai minimal sehari sekali, sehingga customer membutuhkan lebih dari satu masker untuk bisa dipakai beraktivitas sehari-hari. Pembeli kamu biasanya akan membeli minimal lima buah masker untuk satu kali pembelian. Kamu bisa berkreasi melalui berbagai macam warna, motif dan juga ukuran. 

Kelebihan kedua yang bisa kamu dapatkan dengan berbisnis peralatan kesehatan adalah kamu bisa menggunakan packaging yang sederhana dan ringan seperti softbox dan juga corrugated box. Kedua jenis packaging ini cocok ketika kamu hendak mengirimkan produk melalui jasa kurir. Corrugated box dan softbox dapat menampung banyaknya kuantitas pesanan sekaligus melindungi masker dari benturan dan gesekan. Klik banner di bawah ini untuk lakukan pemesanan!

softbox-foil
  1. Frozen Food
Image : Snapwire from Pexel

Sepanjang 2020, banyak orang yang melakukan pekerjaannya di rumah. Bekerja di rumah nyatanya tidak senikmat kelihatannya. Berbagai kendala dirasakan sejumlah pekerja ketika bekerja di rumah. Mulai dari koneksi internet, PC atau laptop yang tidak kompatibel, suasana rumah yang tidak kondusif serta banyaknya tanggung jawab lain yang harus dijalankan di rumah. Bersih-bersih, memasak serta mengurus anak adalah beberapa contoh tanggung jawab yang harus dijalani selama di rumah. Bagi beberapa orang, kesibukan work from home membuat mereka tidak sempat memikirkan makanan untuk keluarga ataupun mereka sendiri pada saat jam makan siang. Untuk itu, frozen food adalah salah satu solusi mereka.

Hal ini bisa kamu jadikan kesempatan untuk berbisnis. Kamu bisa menjual makanan take away atau frozen food bagi kebutuhan orang selama pandemi. Berbagai frozen food mulai dari tuna, pizza, ramen hingga frozen steak adalah beberapa contoh frozen food yang meledak di pasaran selama pandemi 2020. Kamu bisa mencoba menjual berbagai frozen food di masa pandemi ini. Untuk menjaga kualitas frozen food yang kamu jual, kamu dapat menggunakan vacuum seal dengan tambahan stiker label. Dengan memesan stiker label di Uprint.id, kamu bisa memesan stiker Vinyl yang tahan air untuk kemasan frozen foodmu. Pesan sekarang dengan klik banner di bawah ini!

  1. Camilan
Image : Karolina Grabowska from Pexel

Stress karena pandemi sering membuat nafsu “ngemil” seseorang meningkat. Tidak jarang, saat di rumah, seseorang justru lebih sering memesan berbagai camilan melalui aplikasi ojek online atau delivery. Berkat besarnya permintaan pasar terhadap berbagai camilan, sebagian pebisnis memanfaatkan hal ini untuk menambah bisnis mereka dengan cara menjual aneka camilan secara online. Tidak disangka-sangka, hal ini justru membuat bisnis mereka sukses dan mampu bertahan ditengah-tengah krisis pandemi.

Menjelang tahun 2021, kebiasaan “ngemil” tampaknya masih akan digemari oleh banyak orang. Kini waktunya bagi bisnis kamu untuk bersinar. Kamu bisa mencoba menjual berbagai camilan seperti keripik, brownies, bolu, cake dan juga camilan lainnya. Kamu bisa menjual aneka camilan ini secara online untuk memudahkan customer kamu melakukan pemesanan. Jangan lupa, gunakan packaging yang menarik dan juga berbagai hiasan seperti cake tag, stiker label, pita dan lain-lain. 

  1. Skincare
Image : Anna Shvets from Pexels

Ketika di rumah, tidak jarang juga seseorang menjadikan kesempatan ini untuk menjadi lebih “glowing”. Sejumlah perawatan wajah dilakukan mulai dari maskeran, facial, rajin memakai serum dan krim malam. Hal ini bisa kamu jadikan kesempatan untuk menjual berbagai macam skincare untuk kebutuhan di rumah. Kamu bisa menjadi reseller produk-produk kecantikan ataupun skincare.

Eits, jangan salah, dengan menjadi reseller, kamu bisa menjadi pebisnis yang sukses kok. Kamu bisa menjadi reseller dengan menambahkan beberapa packaging yang dapat menunjang penampilan produk kamu.

  1. Jasa Pembuatan Website

Dimasa sekarang, masih banyak bisnis-bisnis yang belum memiliki website sendiri. Padahal, dengan memiliki website atau social media sendiri, kecenderungan bisnis untuk berkembang semakin besar. Dengan hadirnya pandemi di tahun 2020, banyak pebisnis yang akhirnya terburu-buru membuat website bisnisnya untuk membuat bisnisnya bertahan di masa pandemi. Jika kamu memiliki keahlian untuk membuat suatu website, kamu dapat memanfaatkan situasi ini untuk membuka jasa khusus pembuatan website.

  1. Channel Youtube Edukasi
Image : StockSnap from Pixabay

Pernahkah kamu terpikirkan bagaimana caranya membuat channel youtube yang bermanfaat dan berpeluang untuk dikunjungi penonton secara konstan? Sejak pandemi 2020, seluruh kegiatan cenderung di lakukan di rumah, cenderung kegiatan belajar mengajar. Media pembelajaran pun berubah menjadi online dan tidak jarang para siswa mencari materi pembelajaran lewat youtube.

Hal ini bisa menjadi peluang bagi kamu untuk membuat konten youtube edukasi untuk pelajar. Kamu bisa berkreasi dengan berbagai animasi, teknik editing dan juga metode kurikulum yang bisa kamu coba ajarkan melalui youtube.