Sebagai pebisnis, Anda tentu ingin agar bisnis atau brand Anda bisa terus diingat oleh konsumen. Promosi pun tentu sangat dibutuhkan dalam hal ini. Di sisi lain, Anda juga harus memastikan agar promosi tersebut bisa berjalan secara smooth sehingga konsumen tidak merasa terganggu walau terus terpapar dengan brand Anda. Salah satu cara promosi terbaik untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan promosi menggunakan kalender. Lebih dari sekadar media promosi, pada dasarnya kalender memang sangat fungsional bagi kehidupan sehari-hari konsumen. Melalui penggunaan kalender sebagai media promosi, Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan berikut.

1. Dibutuhkan oleh Orang

promosi_menggunakan_kalender_02

Sepertinya tidak ada rumah atau kantor yang tidak memiliki kalender. Satu rumah atau kantor bahkan bisa memiliki lebih dari satu kalender. Hal ini karena kalender memang selalu dibutuhkan oleh orang-orang. Mereka membutuhkan kalender untuk mengatur jadwal sehari-hari dan pengingat tanggal-tanggal penting.

Oleh sebab itu, kalender bisa memberikan exposure yang baik. Ia akan selalu diletakkan di rumah atau kantor target konsumen Anda. Pastikan Anda mencantumkan logo brand atau perusahaan pada kalender. Jangan lupa juga menuliskan alamat, nomor telepon, dan website agar konsumen bisa dengan mudah menghubungi Anda.

Baca juga : Tersedia Pricelist untuk Cetak Kalender Secara Costum di Uprint.id!

2. Media Promosi Jangka Panjang

promosi_menggunakan_kalender_03

Coba bandingkan kalender dengan media promosi cetak lain seperti brosur atau flyer. Anda harus berulang kali membagikan brosur atau flyer kepada target konsumen untuk mengingatkan bahwa brand Anda masih berjalan. Namun, tidak begitu halnya dengan kalender yang memilki usia dua belas tahun atau satu tahun. Artinya, kalender dapat menjadi media promosi jangka panjang karena Anda hanya perlu memperbaruinya setiap setahun sekali, tidak rugi kalau promosi menggunakan kalender.

3. Bisnis Diingat oleh Konsumen

promosi_menggunakan_kalender_04

Karena berfungsi sebagai media promosi jangka panjang, kalender memiliki peluang lebih besar untuk membuat konsumen terus ingat dengan bisnis atau brand Anda. Di rumah atau kantor, kalender biasanya diletakkan di tempat yang sama. Tanpa disadari, setiap hari sebetulnya konsumen terpapar oleh branding bisnis Anda melalui kalender tersebut. Seiring berjalannya waktu, bisnis Anda akan benar-benar tertancap dalam benak konsumen sehingga menjadi brand yang top of mind.

4. Ruang Lebih untuk Menyalurkan Kreativitas

promosi_menggunakan_kalender_05

Apa pun jenis bisnisnya, menjalankan marketing selalu membutuhkan kreativitas tersendiri. Anda dituntut untuk melakukan promosi seunik mungkin agar dapat menarik perhatian konsumen. Nah, kalender bisa membantu Anda untuk mewujudkan hal tersebut.

Melalui kalender, Anda dapat menyalurkan kreativitas Anda. Luangkan waktu untuk menyusun desain semenarik mungkin. Bisnis praktik dokter hewan, misalnya, bisa mencetak kalender dengan gambar hewan-hewan lucu setiap bulannya. Fotografer bisa menggunakan hasil fotonya sendiri untuk kalender mereka. Anda bahkan juga dapat menuliskan berbagai keunggulan bisnis Anda pada kalender.

Baca juga : Kalender Adalah Alat Pemasaran/Promosi Ampuh, Asalkan…

5. Efektif untuk Semua Jenis Bisnis

promosi_menggunakan_kalender_06

Mau bisnis dari bidang apa pun, baik itu berskala kecil atau besar, semua bisa menggunakan kalender sebagai media promosi yang efektif. Kalender dapat menjadi salah satu bagian dari branding perusahaan sekaligus merepresentasikan profil perusahaan. Karenanya, pastikan agar kalender yang Anda cetak telah menampilkan komponen-komponen branding perusahaan seperti logo, warna yang sesuai, produk, atau tagline.

Fungsi utama kalender memang untuk memberikan penanggalan. Namun, jika dirancang dan didesain dengan tepat, kalender juga dapat menjadi media promosi yang efektif untuk bisnis. Dengan begitu, Anda pun bisa merasakan berbagai keuntungan promosi menggunakan kalender diatas.