Jika kamu berbisnis online, pasti kamu sering mengirimkan paket kepada customermu. Akan tetapi, mengirim paket ternyata tidak semudah yang kamu bayangkan. Ada banyak hal yang harus dipastikan ketika hendak mengirimkan paket. Mulai dari jasa kurir yang kamu gunakan, jenis barang yang kamu kirimkan, jangka waktu pengiriman paket yang dibutuhkan hingga berbagai upaya keamanan paket yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan paketmu sampai di tangan customer. Ingin belajar bagaimana mengirimkan paket dengan aman? Simak tips and trick yang satu ini!

  1. Pahami Alur Pengiriman Barang
Image : Devanath from Pixabay

Ketika berjualan online, keputusan memilih jasa kirim ada di tangan customer. Melalui halaman online shop, customer kamu biasanya akan memilih kurir yang telah mereka percaya untuk menjadi jasa kirim mereka. Sebagai penjual, hal pertama yang kamu lakukan ketika hendak mengirim barang biasanya adalah melakukan searching pada google mengenai jasa kurir yang diminta customer kamu untuk mengirim barang. Akan tetapi, ada faktor penting yang harus kamu ketahui sebelum mengirim barang, yaitu : alur pengiriman barang. 

Setiap jasa pengiriman memiliki alur yang berbeda-beda. Ditambah lagi, jenis barang dengan berat dan kuantitas yang berbeda biasanya juga memiliki perbedaan alur pengiriman barang. Akan tetapi, alur pengiriman barang untuk online shop cenderung memiliki beberapa kesamaan.

Pertama-tama kamu pasti akan drop barangmu di counter atau cabang kurir yang terdekat dari rumahmu. Kemudian, setelah itu, paketmu akan ditampung dulu di counter tersebut selama beberapa waktu. Pada proses ini, nomor resi paket kamu masih belum aktif dan tidak bisa dilakukan pelacakan. Paketmu akan terus berada di counter atau cabang kurir tersebut hingga paketmu di jemput dan diantarkan cabang kurir di kota atau alamat yang dituju. Sesampainya di kantor cabang kota customer kamu, paket tersebut akan kembali di sortir, barulah kemudian akan mulai dikirimkan oleh kurir ke alamat customer. 

Meski proses ini terlihat tidak terlalu penting untuk diketahui oleh seller, akan tetapi tidak dapat dipungkiri, customer kamu terkadang tidak terlalu aware ketika menggunakan online shop. Tidak jarang juga, customer merasa lebih mudah bertanya status pengiriman barang secara langsung kepada kamu dibanding mengeceknya sendiri melalui aplikasi. Disamping itu, dengan mengetahui alur pengiriman barang, sebagai seller kamu juga bisa belajar bagaimana melakukan pengiriman paket dengan mudah tanpa ada salah langkah. Selalu lakukan riset terlebih dahulu ya! 

  1. Kenali Jenis  Barang Yang Kamu Kirim
Image : Christine Sponschia from Pixabay

Point yang kedua adalah kenali jenis barang yang kamu kirimkan. Tahukah kamu? Tidak semua jenis barang bisa kamu kirimkan melalui kurir. Misalnya saja minuman keras, permata, barang-barang yang mudah meledak, perhiasan dan juga logam mulia. Jika ingin membeli logam mulia, terdapat beberapa aturan khusus dan juga garansi pengiriman, sehingga harus diperhatikan dengan jelas ya.

  1. Pilih Packaging Yang Tepat
Image : Helen Shi from Unsplash

Ketika mengirim paket, faktor penting yang harus kamu perhatikan adalah keamanan barang. Kamu pasti ingin paketmu sampai ke tangan customer dengan keadaan baik dan memuaskan. Untuk mewujudkan hal ini, sebagai seller, kamu harus menggunakan packaging yang tepat. Packaging yang tepat adalah packaging yang dapat melindungi produkmu dari berbagai kemungkinan yang dapat terjadi selama proses penyortiran. Mulai dari guncangan, terbanting, tertimbun dengan paket lain ataupun tidak sengaja terlempar kurir. Packagingmu harus sanggup melalui itu semua selama proses pengiriman. Packaging kuat merupakan hal yang paling dibutuhkan setiap paket. Apalagi jika packaging tersebut tampak cantik dan menarik, selain melindungi barangmu, kamu juga dapat menaikan kualitas brandmu dengan packaging yang cantik. Jika mencari packaging seperti kualifikasi diatas, berikut ada beberapa saran untukmu!

  1. Corrugated Box

Kemasan kuat, harga terjangkau, praktis digunakan serta memiliki banyak varian warna adalah empat kelebihan yang dimiliki corrugated box. Harga packaging Corrugated Box sangat terjangkau dan bisa digunakan untuk mengirim berbagai jenis paket. Mulai dari makanan, parfum, make up, skincare, baju hingga gift set, semua cocok menggunakan corrugated box. Jika kamu tertarik menggunakan corrugated box sebagai packaging kamu ketika mengirim paket, kamu bisa menggunakan corrugated box Uprint.id. Corrugated Box kami menggunakan model mailer box yang mudah untuk digunakan. Tidak perlu khawatir akan keamanan paketmu, corrugated box memiliki daya tahan yang kuat untuk pengiriman. Kami juga memiliki banyak varian warna yang bisa kamu pilih, tersedia banyak warna cantik mulai dari warna pastel hingga bold untuk kebutuhan brandmu. Paket cantik nan aman sampai ke tangan customer? Klik banner sekarang juga!

  1. Amplop Bubble Wrap

Ingin mengirimkan paket yang ukurannya tidak terlalu besar, memiliki tampilan packaging yang cantik tapi tetap aman tanpa menggunakan dus? Menggunakan Amplop Bubble Wrap bisa jadi solusi yang tepat bagi kamu. Amplop Bubble Wrap sudah dilengkapi perekat sehingga kamu tidak perlu lagi repot-repot menyiapkan lem ataupun double tip. Yang lebih menarik lagi, tidak seperti kebanyakan bubble wrap lain yang berwarna hitam atau putih, Amplop Bubble Wrap Uprint.id hadir dengan warna Gold Metalik Doff. Paketmu akan terlihat lebih mewah, fancy, cantik, aman dan unik, cocok untuk digunakan bagi kamu yang berjualan album music, photocard, perhiasan, skincare, make up ataupun fashion. Klik banner sekarang untuk spesifikasi produk dan pemesanan!

  1. Tulis Detail Sejelas Mungkin

Ketika mengirimkan paket, sebagai seller kamu pasti tidak ingin terjadi kesalahan seperti alamat yang salah, nama penerima yang salah ataupun kekeliruan ketika pengiriman. Pada saat pengiriman, kesalahan bisa terjadi dimana saja. Entah kurir yang salah kirim atau kamu yang kurang berhati-hati dalam mencantumkan detail pengiriman penerima pada paket. Untuk menghindari hal ini, kamu perlu mencantumkan alamat penerima dengan tepat. Jangan menuliskannya dengan kertas sobekan atau menggunakan pulpen yang mudah luntur. Untuk memudahkan kamu, kamu bisa menggunakan Sticker Label pada paket kamu.

Sesuai namanya, Sticker Label adalah lembaran kertas yang memiliki lem layaknya sticker. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menuliskan alamat yang tepat di atas meja agar tulisanmu lebih mudah terbaca, kemudian menempelkannya pada paket yang hendak kamu kirim. Pada sticker label, terdapat bagian yang bisa kamu isi seperti penerima, no handphone yang bisa dihubungi kurir dan juga alamat jelas. Dengan begitu, kamu dapat meminimalisir kesalahan pengiriman. Sticker label juga hadir dengan berbagai template cantik  sehingga membuat tampilan paket kamu lebih menarik. Tidak lupa, kami juga menyisipkan logo Fragile kecil pada salah satu sisi sticker label, gunanya agar kurir menjaga paket kamu dan tidak membanting paket kamu saat proses penyortiran. Tertarik pesan? Klik banner sekarang!

  1. Pahami Barangmu Termasuk Fragile atau Tidak

Keamanan paket adalah yang utama. Kamu pasti pernah mendengar cerita seorang customer yang memiliki pengalaman barang rusak karena dibanting. Bayangkan bila hal itu terjadi pada customer kamu. Selain kecewa dan marah, customer kamu pasti akan kapok berbelanja di tempat kamu. Padahal, seringkali kesalahan bukan ada pada kamu, melainkan beberapa faktor tak terduga dari kurir pengiriman. Menggunakan Sticker Fragile adalah salah satu upaya yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi hal ini.

Sticker fragile adalah sticker yang bisa langsung kamu gunakan dengan cara menempelkannya pada paket. Sticker fragile tersedia dalam berbagai ukuran dan dibedakan menjadi dua jenis yaitu dua jenis yaitu sticker fragile untuk barang dan untuk makanan. Klik bannernya untuk spesifikasi produk dan pemesanan!

Yap, itulah tadi lima tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat paketmu lebih aman. Jika kamu tertarik dengan salah satu produk di atas, langsung saja klik banner yang tertera ya. Sukseskan bisnismu bersama Uprint.id!