Menabung memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Khususnya untuk para remaja, dimana penghasilan biasanya hanya dari uang saku yang diberikan orang tua saja. Tapi meski sulit, bukan berarti kamu tidak bisa sama sekali untuk menabung ya. Kamu masih tetap bisa menabung di usia muda dengan tips-tips berikut ini.

1. Sisihkan uang jajan

Berapapun uang jajan yang diberikan, sebisa mungkin sisihkan sebagian. Kamu bisa menyisihkan 20% hingga 30% dari uang jajanmu. Sisihkan 30% uang tersebut dari awal kamu diberikan uang. Istilahnya “save before you spent”.  Sisa 70%-nya bisa bebas kamu gunakan untuk membeli apapun yang kamu inginkan. Memang cara ini terlihat sulit, tapi kalau kamu sudah terbiasa melakukannya, pasti akan mudah dilakukan dan tentunya cara ini akan berbuah manis karena kamu berhasil menabung.

2. Buat catatan pengeluaran

Biasanya uang jajan cepat habis dan kamu tidak tahu uang itu kamu habiskan untuk apa saja. Kamu bisa mengakalinya dengan membuat catatan pengeluaran. Dengan membuat catatan pengeluaran, kamu bisa tahu uang jajanmu habis untuk apa saja. Kalau sudah tahu, kamu bisa mulai melakukan penghematan dan mengendalikan pengeluaranmu tersebut.

3. Berhemat

Salah satu cara ampuh agar kamu bisa menabung adalah dengan berhemat. Kamu bisa berhemat uang jajan dengan membawa bekal sendiri dari rumah sehingga pengeluaran uang jajan bisa ditekan. Selain itu, perhatikan juga gaya hidupmu. Tidak perlu membeli barang-barang yang mahal kalau kamu bisa menemukan barang yang harganya jauh lebih murah dengan fungsi yang sama. Jika kamu terdorong perasaan ingin berbelanja sesuatu, pikirkanlah apakah kamu membutuhkan barang tersebut atau hanya keinginan semata. Jika kamu memang tidak benar-benar membutuhkannya, sebaiknya jangan dibeli dan simpan uangmu.

4. Manfaatkan fasilitas gratis

Jaman sekarang tidak perlu bingung untuk mencari yang gratis. Ada banyak fasilitas gratis yang diberikan yang bisa dinikmati oleh para remaja seperti kamu. Salah satunya adalah fasilitas wifi gratis. Daripada kamu harus mengeluarkan uang untuk membeli paket internet atau sewa warnet, kamu bisa memanfaatkan fasilitas gratis ini untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah atau sekedar untuk browsing di internet.

5. Jadi kreatif

Manfaatkan waktu yang kamu punya untuk mengerjakan hal-hal positif. Daripada kamu melakukan hal-hal yang tidak perlu seperti nongkrong dan membuka sosial media, ada baiknya kalau kamu bisa menghasilkan sesuatu. Carilah kegiatan yang kreatif seperti membuat kerajinan tangan atau jika kamu mempunyai hobi menulis, kamu bisa menjadi penulis. Selain bisa mengasah kemampuanmu. Kegiatan tersebut juga bisa menghasilkan penghasilan tambahan lho. Dan uang tambahan ini bisa buat menabung di usia muda.

6, Ingat niat menabung dan tujuan awal menabung

Jika di tengah perjalananmu untuk menabung tiba-tiba kamu merasa putus asa dan tidak asnggup lagi untuk menyisihkan uang sakumu, ingatlah niat dan tujuan awalmu menabung. Dengan mengingat niat dan tujuanmu, diharapkan kamu akan kembali semangat dan tidak putus asa lagi.

Menabung memang bukan perkara mudah untuk dilakukan. Tapi jika kamu mau berusaha dan mengikuti tips-tips di atas, dijamin usahamu menabung di usia muda pasti akan berhasil. Semangat!

uprint percetakan online indonesia