Memang benar bahwa makanan sering menyembuhkan lebih daripada yang dilakukan para dokter. Saat kamu merasa paling buruk, makanan-makanan tertentu sungguh-sungguh dapat membantumu pulih. Apa makanan atau minuman terbaik untuk dikonsumsi saat kamu merasa lelah, mengalami sembelit, stres, sakit kepala, pusing karena mabuk, demam atau mual? Lihat jawabannya di bawah ini:

1. Saat kamu benar-benar letih

salmon

Ada banyak faktor penyebab keletihan, jadi kemungkinan ada lebih dari satu jenis makanan sebagai obatmu. Namun yang pasti adalah saat kamu lelah kamu membutuhkan sesuatu untuk memberikan kembali tenagamu. Apa makanan terbaik untuk meningkatkan energi? Salmon, karena ikan ini kaya akan mineral, vitamin dan omega 3. Kamu bisa menambahkan sayuran potong di atas salmon panggangmu. Selain itu jangan lupa untuk minum air karena dehidrasi itu tidak baik untuk tubuh.

Baca juga : 15 Gambar Makanan Khas Indonesia

2. Saat sembelit

oatmeal

Sembelit biasanya disebabkan oleh kurangnya serat di dalam tubuh. Makanlah sesuatu yang kaya serat, misalnya oatmeal dengan buah-buahan berserat tinggi untuk dimakan bersama dengan oatmealnya. Kamu juga bisa minum air lemon panas untuk membantu memecahkan masalah sembelit.

3. Saat kamu stres

chamomile tea

Teh kamomil dan teh herbal mint adalah dua minuman terbaik untuk mengurangi stres. Saat kamu merasa kalau minum satu cangkir saja tidaklah cukup, minum lagi sampai sistem sarafmu tenang. Jangan minum atau makan sesuatu yang tinggi gula atau lemak.

4. Saat sakit kepala

lentil soup moroccan

Sup miju-miju, yang dari Maroko, adalah makanan terbaik yang bisa kamu konsumsi saat sedang sakit kepala. Tambahkan rempah-rempah seperti sinamon dan kunyit ke dalam sup. Hal terbaik tentang mengkonsumsi semangkuk sup saat sedang sakit kepala adalah kamu bisa langsung menelannya tanpa perlu mengunyah apapun.

5. Saat kamu pusing sehabis mabuk

coconut water

Penyembuhan terbaik untuk pusing yang kamu rasakan setelah mabuk adalah sesuatu lebih dari sekedar air putih. Air kelapa adalah yang terbaik, tapi kamu juga bisa minum minuman olahraga untuk membantu mengembalikan level dehidrasimu.

6. Saat demam

chicken soup

Saat kamu sedang demam, tubuhmu membakar lebih banyak kalori dari biasanya. Itulah mengapa kamu perlu makan makanan yang bernutrisi agar dapat pulih dengan cepat. Cara terbaik untuk mengalahkan demam adalah dengan mengkonsumsi banyak cairan. Sup ayam atau kaldu daging adalah makanan terbaik untuk dimakan saat sedang demam. Sebagai tambahan, kamu juga bisa minum air, teh panas atau jus buah 100%.

7. Saat kamu mual

ginger tea

Lancarkan sistem pencernaanmu dengan teh jahe dan dengan segera rasa mualmu akan hilang. Selain teh jahe, kamu juga bisa mengkonsumsi nasi merah kukus atau pisang, mereka bagus untuk pencernaanmu.