Cara Menjaga Lingkungan Ketika Sedang Travelling

Date:

Menjaga lingkungan, adalah hal yang sudah diberlakukan sejak dini. Terutama saat membuang sampah di tempatnya. Sejak kecil membuang sampah pada tempatnya sudah diberlakukan. Hanya saja ini hilang begitu saja, masih banyak orang yang tidak memperdulikan kesehatan serta keindahan lingkungan. Hal ini berlaku juga saat Anda sedang melakukan travelling. Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Seperti cara menjaga lingkungan ketika sedang travelling berikut ini.

1. Tidak Merusak Tempat Wisata

menjaga-lingkungan-tidak-merusak-tempat-wisata

Menjaga lingkungan sekitar harus dimulai dari diri sendiri. Contoh kecil, tidak merusak tempat wisata. Tidak sedikit pengunjung yang melakukan hal seperti ini. Misalnya mencoret-coret tempat wisata, ini sudah tentu sangat dilarang dan menjadi sebuah pelanggaran. Tidak hanya mencoret-coret tempat wisata, ketika Anda sedang melakukan travelling dan melakukan aktivitas snorkeling, sebaiknya tidak menyentuh terumbu karang dan biota laut lainnya. Sebab ketika terumbu karang tersentuh oleh tangan, ia kan mudah mati. Sedangkan pertumbuhan terumbu karang sangatlah lama. Oleh sebab itu, sangat disayangkan ketika ada tangan-tangan jahil yang merusak tempat wisata.

Baca juga : Tips Liburan Nyaman yang Perlu Diketahui Agar Travelling Semakin Menyenangkan

2. Mengurangi Penggunaan Plastik

menjaga-lingkungan-mengurangi-penggunaan-plastik

Saat ini kampanye menjaga lingkungan semakin gencar di kalangan masyarakat yang sadar akan lingkungan. Tidak sedikit dari mereka yang sudah mulai mengurangi atau membatasi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Anda juga dapat memulai dari diri sendiri. Cobalah membawa botol minum sendiri ketika hendak melakukan perjalanan travelling. Bahkan Anda juga dapat membawa tas belanjaan sendiri untuk mengurangi penggunaan plastik secara perlahan. Saat ini sudah ada banyak daerah yang mulai mengurangi penggunaan plastik, seperti di Bali. Masyarakat di sana, sudah mulai melakukan kegiatan untuk mengurangi penggunaan plastik.

3. Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Seperti yang diketahui, buanglah sampah pada tempatnya. Ini adalah peringatan paling dasar yang sudah diajarkan sejak kecil. Namun tidak semua yang mengikuti peringatan seperti ini. Padahal jika Anda melakukannya, maka akan banyak perubahan besar yang akan dirasakan. Gantilah membuang sampah sembarangan dengan menanam pohon secara bebas. Anda tidak boleh membuang sampah sembarangan, namun dipersilakan untuk menanam pohon sebanyak-banyaknya. Ini akan dapat menjaga lingkungan.

4. Mengurangi Penggunaan Kertas

Saat travelling, ada baiknya Anda mengurangi penggunaan kertas. Bahan dasar pembuatan kertas adalah serat kayu dari beberapa pohon. Bayangkan jika Anda selalu menggunakan kertas, sudah berapa banyak pohon yang ditebang untuk membuat kertas. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus mengurangi penggunaan tissue. Mulailah untuk mencoba menggunakan sapu tangan sebagai pengganti tissue.

Baca juga : Solo Traveling Akan Aman Jika Melakukan Hal-hal Penting Seperti Ini. Terutama untuk Wanita!

5. Menghemat Penggunaan Air dan Listrik

Saat Anda melakukan travelling dan menginap di sebuah hotel, cara terbaik untuk tetap menjaga lingkungan adalah dengan menghemat penggunaan air dan listrik. Caranya adalah, gunakan air secukupnya saat mandi, dan gunakan listrik seperlunya. Menyalakan lampu yang Anda butuhkan saja. Jika tidak dibutuhkan ada baiknya untuk mematikannya.

Itulah beberapa cara untuk menjaga lingkungan ketika sedang travelling. Semua hal harus dimulai dari diri sendiri. Jika Anda ingin mengupayakan perubahan besar, maka tidak ada salahnya untuk memulai dari hal kecil yang berdampak besar. Meski sedang asyik berlibur jangan lupa juga untuk tetap menjaga lingkungan demi masa depan generasi selanjutnya.

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Now Is the Time to Think About Your Small-Business Success

Find people with high expectations and a low tolerance...

Bingkisan: Menghadirkan Kebaikan dalam Setiap Bungkus

Bingkisan adalah simbol kebaikan, cinta, dan perhatian yang telah...

Ganti Background Foto: Merubah Citra dengan Sentuhan Ajaib

Ganti background foto menjadi salah satu pengalaman visual kita...

Custom Paper Bag: Solusi Ramah Lingkungan yang Kreatif dan Berdaya Saing

Custom paper bag telah menjadi salah satu solusi yang...