Bagi Anda yang baru lulus sekolah dan sedang mencari perusahaan untuk bekerja tidaklah mudah, apalagi jika belum memiliki pengalaman. Nah, agar kemampuan Anda tidak diragukan dan dapat dikatakan mampu saat melamar suatu pekerjaan, sebaiknya cobalah sistem magang. Dari magang itu Anda akan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dibidang-bidang tertentu. Lebih bagus lagi jika kantor yang Anda ajukan untuk magang itu sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Magang di perusahan besar memang sulit, namun Anda dapat melakukannya di perusahaan yang sedang merintis atau biasa disebut start-up. Tidak ada salahnya jika mencoba magang di perusahaan yang sedang ‘membangun’, dari sanalah Anda akan mendapatkan banyak pembelajaran. Sangat disarankan untuk magang di perusahaan start-up setelah lulus sekolah, agar Anda dapat memiliki pengalaman sebelum memulai bekerja. Untuk itu, berikut alasan yang tidak boleh disepelekan saat magang di start-up.

1. Memiliki Kesempatan Membuktikan Diri

magang_di_start_up_02

Perusahaan yang baru ‘membangun’ ini sudah pasti memiliki banyak kendala yang tidak dapat diselesaikan sendiri, mereka membutuhkan sebuah tim. Nah, yang mereka inginkan adalah ide-ide dari para anak muda. Tidak heran kebanyakan yang bekerja di perusahaan start-up ini adalah anak-anak muda yang memiliki beragam ide serta kualitas yang berbeda. Nah, saatnya unjuk gigi dengan membuktikan bahwa Anda mampu mengerjakan beberapa hal yang baru. Penilaian diberikan saat Anda melakukan pekerjaan dengan tim, kemudian mengejar deadline, sampai menyampaikan ide akan dinilai nantinya. Untuk itu, cobalah manfaatkan waktu magang sebaik mungkin.

2. Aturan Kerja Lebih Fleksibel

magang_di_start_up_03

Perusahaan start-up biasanya lebih dinamis dan memiliki aturan yang fleksibel. Untuk itu, perusahaan seperti ini notabennya berisi anak-anak muda yang masih ingin terus belajar sesuatu hal, dengan kinerja yang fleksibel tidak dapat diatur-atur namun tetap sesuai aturan kerja tertulis. Perusahaan start-up ini dapat dilihat dari penampilan para karyawannya yang jauh lebih santai dalam menggunakan office code.

Baca juga : Bagaimana Agar Terorganisir Saat Bekerja? Ikuti 7 Cara Ini!

3. Dapat Bertukar Pikiran Dengan yang Lain

magang_di_start_up_04

Perusahaan seperti ini biasanya memberikan kesempatan kepada karyawan untuk bertukar pikiran antara tim yang satu dengan yang lainnya. Bahkan Anda dapat bertukar pikiran juga dengan CEO atau VP dalam menentukan sebuah project, karena konsep yang ditampilkan di perusahaan tersebut adalah modern office. Sehingga semua karyawan dari beragam posisi dapat duduk bersama atau meeting bersama untuk menentukan ide.

4. Dapat Menjadi Bagian dari Sejarah Perusahaan

magang_di_start_up_05

Ketika perusahaan mulai berkembang menjadi besar, Anda akan merasakan bangga karena pernah menjadi bagian dari perusahaan tersebut untuk menggapai yang diinginkan perusahaan. Tentunya itu sangatlah menarik, apalagi untuk Anda yang baru saja lulus sekolah atau kuliah merupakan momen berharga saat magang di sana.

Baca juga : Atasi Rasa Bosan Saat Bekerja Dengan Melakukan 9 Hal Ini!

Itulah alasan tidak boleh menyepelekan magang di perusahaan start-up, dengan begitu Anda dapat belajar apapun dan merasakan lingkungan kerja yang belum pernah dirasakan. Saat Anda magang, galilah ilmu sebanyak mungkin ambilah ilmu yang disampaikan oleh para senior karena suatu saat Anda akan membutuhkannya.