Menikah dan memiliki keluarga adalah impian semua orang. Membangun keluarga yang sempurna tidaklah mudah, ada beberapa tahap yang perlu dipelajari calon pasangan pengantin. Terutama belajar ilmu parenting yang ternyata penting untuk diketahui para calon pengantin. Tidak hanya pengantin wanita saja, melainkan pengantin pria juga harus menyempatkan diri belajar ilmu parenting. Seperti berikut ini alasan penting belajar ilmu parenting sebelum menikah.

1. Dapat Mempersiapkan Diri

Menjadi seorang istri dan seorang ibu bukanlah hal yang mudah. Akan banyak hal yang berubah selama Anda menikah. Terutama bagi seorang wanita yang sudah menikah. Tidak hanya dari jadwal kegiatan saja yang berubah, bahkan semuanya akan berubah. Hal ini juga terjadi jika Anda sudah memiliki keturunan. Ilmu parenting ini, dapat membantu Anda mempersiapkan diri ketika sudah memiliki anak. Anda akan mengetahui, apa saja yang harus dilakukan ketika mengalami masa-masa kehamilan hingga melahirkan. Bahkan Anda juga dapat belajar mengatasi emosi anak dengan benar. Meski teori merupakan hal yang mudah, namun setidaknya Anda dapat sedikit-sedikit membayangkan kejadian tersebut. Sehingga, ketika menghadapi hal serupa, Anda dan pasangan tahu cara mengatasinya.

Baca juga : Jangan Ciptakan Fatherless Children di Rumah Kita, Kenali 6 Dampak Psikologisnya!

2. Mempersiapkan Mental

Selain dapat mempersiapkan diri, mengikuti kelas ilmu parenting dapat membuat Anda dan pasangan lebih mempersiapkan mental. Sebab kehidupan rumah tangga itu tidak selalu berjalan dengan mulus. Dengan belajar ilmu parenting, Anda dituntut untuk mempersiapkan mental dengan apa yang akan terjadi di keesokan harinya. Kehidupan pernikahan, tidak seperti masa-masa Anda dan pasangan menjalin hubungan pacaran. Semua hal harus dipersiapkan semaksimal mungkin demi kelancaran dan keharmonisan keluarga.itulah kenapa, ilmu parenting sangat penting dipelajari sebelum memutuskan untuk menikah. Sebab kesiapan mental seseorang tidak selalu sama dalam menyikapi semua masalah. Jika Anda sudah siap mental untuk menikah, maka segala masalah akan mudah dilalui.

3. Menjadi Pendidik Pertama

Ibu adalah sekolah pertama bagi anak, begitu pula dengan figur ayah. Keduanya memiliki peran penting dalam membangun pendidikan anak di usia emasnya. Bahkan hal ini terus terjadi hingga anak-anak Anda akan memasuki jenjang pernikahan hingga menjadi orang tua. Pentingnya belajar ilmu parenting adalah, Anda akan mengetahui cara mengasuh anak dengan baik dan benar. Cara menggunakan kata-kata yang tepat untuk anak usia dini, hingga belajar mengatasi tantrumnya si kecil.

Semua akan tersaji secara lengkap ketika Anda mengikuti kelas parenting. Mungkin dalam hal ini peran ibu yang cenderung lebih banyak, namun figur ayah juga tetap memiliki peran penting dalam mendidik seorang anak. Seperti pepatah yang mengatakan “buah tidak jatuh jauh dari pohonnya”. Ungkapan tersebut mencerminkan, bahwa sifat atau karakter seorang anak tidak jauh berbeda dari orang tuanya. Hal ini juga berpengaruh dari pendidikan orang tua kepada anak. Untuk itu, ilmu parenting akan sangat membantu dalam hal ini.

4. Keterbatasan Waktu Setelah Menikah

ilmu-parenting-keterbatasan-waktu

Inilah alasannya mengapa lebih baik mengikuti kelas parenting sebelum Anda dan pasangan menikah. Sebab, pada saat sebelum menikah Anda memiliki waktu yang banyak, berbeda dengan setelah menikah. Anda akan lebih memiliki banyak waktu sibuk mengurus rumah dan pasangan. Terutama jika Anda sudah memiliki anak, akan lebih sulit untuk mengatur waktu mengikuti kelas parenting. Namun jangan sedih, sekarang sudah banyak kelas parenting online yang memudahkan Anda mempelajari banyak hal. Bahkan ada juga beberapa podcast yang menyajikan ilmu parenting secara jelas dan terperinci. Dengan begitu akses Anda mempelajari ilmu parenting akan lebih mudah.

Baca juga : Tips Mengatur Keuangan Setelah Menikah, Cocok untuk Pasangan Baru Nih

5. Sebagai Pengatur Keuangan

Siapa bilang ilmu parenting hanya ilmu mengenai keluarga seperti mengasuh anak, hingga mempersiapkan hal terbaik untuk pasangan? Bukan hanya itu saja, ilmu parenting juga mengajarkan Anda bagaimana cara mengatur keuangan yang baik dan tepat, agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Sebab Anda selain menjadi pasangan, dan orang tua, Anda dituntut untuk menjadi seorang yang memegang peran penting terhadap keuangan keluarga. Dalam ilmu parenting, hal ini juga turut serta disinggung dan menjadi topik pembahasan yang paling ditunggu. Untuk itu, ilmu parenting sangatlah penting dipelajari sebelum memutuskan untuk menikah.

Itulah alasan penting belajar ilmu parenting, yang selama ini mungkin sedikit dipahami kebanyakan orang. Terutama mereka yang menikah di usia belia. Orang yang memiliki bekal ilmu parenting akan jauh lebih siap menghadapi banyak hal. Lain dengan mereka yang kurang memahami ilmu parenting.