Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Analisis SWOT merupakan upaya yang dilakukan untuk menetapkan strategi dalam membangun bisnis. Cara analisis tersebut dapat dijadikan pertimbangan suatu perusahaan untuk mengambil keputusan dan pengembangan bisnis yang dijalani. Tidak hanya itu, analisis SWOT juga berfungsi sebagai instrumen yang tepat dan bermanfaat dalam melaksanakan aktivitas analisis strategis. Manfaat lain yang didapat saat menggunakan analisis SWOT adalah perusahaan dapat meminimalisir dampak kelemahan atau dampak ancaman yang harus dihadapi.

Agar Anda lebih jelas memahami mengenai analisis SWOT, sebaiknya pelajari contoh analisis SWOT bisnis laundry berikut penjelasannya yang dapat membantu Anda untuk memahami.

1. Kekuatan (Strengths)

analisis swot 02

Strength yaitu kemampuan yang dijadikan modal awal dalam membangun bisnis, untuk contoh berikut adalah bisnis laundry. Beberapa hal inilah yang dijadikan modal awal dalam membangun bisnis laundry.

  • Kualitas. Hal penting ketika ingin menjadikan kekuatan bisnis adalah kualitas pelayanan yang cepat, ramah, serta pengerjaan yang rapi dan tepat waktu. Hal ini akan menjadi point plus bagi Anda yang membangun bisnis seperti ini. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kebersihan saat mencuci.
  • Tempat laundry. Sebelum membangun bisnis yang harus dilakukan adalah mencari lokasi laundry. Pilihlah tempat yang strategis dan dekat dengan lingkungan warga.
  • Mesin Cuci. Alat ini menjadi modal terpenting dalam membangun sebuah bisnis laundry. Sediakan sekitar dua hingga tiga mesin cuci agar pekerjaan selesai dengan maksimal. Semakin cepat waktu yang diberikan kepada klien, maka semakin cepat juga perkembangan bisnis Anda. Sebab, orang lebih senang dengan laundry yang pekerjaannya cepat, rapi dan bersih.
  • Harga yang Ditawarkan. Saat ini, banyak laundry yang bermain dengan harga. Misalnya IDR 6K per-kg pakaian. Anda dapat mencobanya dengan mematok harga yang sama dengan beberapa tambahan lainnya. Permainan harga ini dapat dijadikan ajang promosi.

Baca juga : Inilah Rahasia Dari UMKM yang Sukses, Hanya Dengan Satu Cara

2. Kelemahan (weaknesses)

analisis swot 03

Semua bisnis memiliki kelemahan masing-masing. Seperti bisnis laundry ini, walau terlihat menguntungkan ketika membangun bisnis, tapi di balik semua itu ada kelemahan dalam bisnis semacam ini. Misalnya banyaknya limbah plastik dan busa sabun, jika tidak dibuang atau diolah dengan benar akan berdampak pada lingkungan. Terutama busa sabun yang berlimpah, akan merusak lingkungan sekitar jika tidak dibuang dengan benar. Selain limbah, kelemahannya adalah membengkaknya tagian listrik. Sebab, mesin yang digunakan memakan banyak aliran listrik. Terutama mesin cuci yang digunakan.

3. Peluang (opportunitie)

Peluang yang dimaksudkan di sini adalah, dalam berbisnis Anda harus dapat melihat peluang dengan cepat. Seperti pangsa pasar yang memang membutuhkan sesuatu. Misalnya contoh pada bisnis laundry ini, Anda harus dapat melihat lingkungan sekitar dan ketertarikan masyarakat kepada bisnis tersebut. Jika Anda memilih membuka bisnis di lingkungan mahasiswa, maka peluang yang didapat akan besar. Namun jika Anda ingin mendapatkan peluang yang lebih dari sebelumnya, maka cobalah membuka bisnis di daerah yang mayoritas kos-kosan karyawan. Dengan lingkungan yang mendukung, bisnis akan mudah berkembang dan tumbuh.

4. Ancaman (Threats)

analisis swot 05

Siapa bilang setiap membangun sebuah bisnis tidak ada yang namanya ancaman? Semua bisnis memiliki ancaman masing-masing, termasuk saat Anda membangun bisnis laundry. Ancaman yang dimaksud di sini mulai dari pesaing hingga konsumen, semua dapat terjadi kapanpun. Seperti adanya laundry yang baru, kemudian konsumen pindah ke pesaing, dan lain sebagainya. Solusi yang harus diambil adalah, membuat teknik baru dengan meberikan promo atau menawarkan jasa laundry antar jemput dari rumah ke rumah. Upaya seperti ini, dapat menjadi daya tarik bagi konsumen dan mengantisipasi ancaman.

Namun jika Anda membangun bisnis dengan menggunakan analisis SWOT maka tidak akan khawatir dengan beberapa hal yang mengancam. Sebab, Anda sudah mempersiapkannya terlebih dahulu.

Baca juga : Pelajari Beberapa Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis dan Menjadi Pebisnis

Itulah pengertian dan penjelasan mengenai analisis SWOT yang harus diketahui. Jika Anda ingin membangun sebuah bisnis, sebaiknya gunakanlah analisis SWOT seperti contoh penjelasan bisnis laundry di atas. Menggunakan analisis seperti ini sangat penting dilakukan. Dapat dikatakan membuat persiapan sebelum membangun atau memulai bisnis. Tidak hanya untuk laundry saja, melainkan untuk semua jenis bisnis Anda harus memiliki persiapan dengan matang. Anda akan merasakan banyak manfaat saat mempersiapkan membangun bisnis dengan analisis SWOT ini.