Usaha kue memang menguntungkan bagi mereka yang memiliki keahlian tersebut. Namun jangan khawatir jika kamu tidak memiliki keahlian itu, dapat belajar melalui internet. Adanya semangat dalam belajar akan menumbuhkan motivasi tersendiri. Karena menjalan bisnis yang disuka merupakan salah satu motivasi dalam membangun bisnis apapun termasuk usaha kue.

Bagi pemula tentu saja masih bingung mengenai peralatan apa saja yang diperlukan, hingga mulai dari mana untuk membuka atau membangun usaha kue. Agar tidak bingung, kami akan memberikan sedikit info tentang cara membangun bisnis kue untuk kamu yang masih belajar.

1.      Pembelian Alat dan Bahan Baku

Sebagai pemula, sudah pasti kamu belum memiliki beberapa peralatan yang dibutuhkan dalam membuka bisnis kue. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membeli peralatan dan bahan baku pembuatan kue. Pergi ke toko kue, maka kamu akan menemukan beberapa alat serta bahan baku yang diperlukan. Bahkan ada beberapa toko kue yang menyediakan buku resep untuk dijadikan panduan dalam membuat kue atau masakan lainnya. ada sebuah tips yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan bahan baku murah meriah yaitu membeli di supplier tangan pertama. Kamu juga dapat belanja di pasar besar jika ingin mendapatkan harga murah dengan banyak pilihan.

2.      Menentukan Jenis Kue

Sangat utama sebelum membangun usaha kue, kamu sudah harus menentukan jenis kue apa yang akan dipasarkan. Misalnya toko kue ulang tahun, kamu dapat memberikan berbagai macam kue ulang tahun dan mempersiapkan segala keperluan pesta lainnya. namun, akan lebih mudah jika kamu membangun usaha kue beraneka jenis. Karena banyak pilihan konsumen akan lebih memiliki varian untuk mereka. Misalnya kue tradisional, atau bahkan kue rumahan lainnya. Sehingga di dalam satu toko terdapat banyak kue pilihan.

Baca juga : Bisnis Kue dengan Hampers Lebaran

3.      Menentukan Konsep Usaha yang Berbeda

Dalam membuka usaha apapun termasuk usaha kue, yang perlu diperhatikan adalah dengan menentukan konsep usaha. Pilih jenis konsep dan research yang sudah umum konsep seperti apa, kemudian kamu dapat menambahkan beberapa lainnya agar lebih terlihat berbeda. Konsep yang menarik, akan menarik konsumen juga untuk berkunjung dan menikmati kue buatan kamu secara langsung.

4.      Menentukan Harga Jual

Selain menentukan konsep, akmu juga harus menentukan harga jual yang tepat. Kisaran harag sudah menjadi suatu hal yang umum dilakukan. Pilih harga yang relatif murah namun tidak terlalu merugi. Misalnya harga kue bolu gulung satu box biasanya dibanderol harga Rp 25.000 per kotak. Kamu dapat menggunakan harga pasaran yang telah ada, atau bahkan dapat membedakan sedikit dari harga kompetitor. Kamu haru dapat menghitung dari bahan, hingga tenaga yang digunakan. Jangan sampai kamu merugi di awal, sebab harga yang sudah ditentukan di awal kan menjadi patokan konsumen seterusnya. Jadi, pertimbangkan harga itu sangat penting dilakukan.

5.      Membuat Tester Produk

Kamu perlu membuat tester produk sebelum produk itu launching di pasaran. Karen aini merupakan strategi bisnis makanan. Jika tidak memiliki tester, maka konsumen akan merasa ragu dengan produk yang kamu pasarkan itu. Sebab rasa enak dari makanan, harus dinilai dari orang lain. Sebagai penjual sudah pasti produk kita akan selalu terasa enak, namun belum tentu orang lain juga akan merasakan hal serupa. Itulah pentingnya memberikan tester kepada konsumen agar mereka dapat mencoba, dan kamu dapat menambahkan kekurangan dari penilaian konsumen tersebut.

Baca juga : Desain Cake Tag untuk Bisnis Kue yang Perlu Diketahui

6.      Menentukan Lokasi

Jangan lupa untuk menentukan lokasi kamu berjualan atau membuka toko kue. Pilih lokasi yang strategis dan mudah dijangkau konsumen. Misalnya memilih toko di pinggir jalan besar, ini dapat menjadi salah satu solusi awal yang baik. Karena toko kamu akan lebih terlihat konsumen, walau dari jarak yang jauh. Memasang banner atau plang untuk memberikan informasi bahwa ini adalah toko kue. Memberikan petunjuk seperti itu, juga sangatlah penting.

7. Menentukan Kemasan

Tidak kalah penting dari semuanya, kemasan harus menjadi topik paling awal sebelum membuat bisnis. Seperti menggunakan dus kupu-kupu untuk kemasan kue. Jenis kemasan ini paling sering digunakan karena mudah ditemukan dan tersedia berbagai ukuran yang dapat digunakan. Kamu dapat memesan dus kupu-kupu secara online di sini.

Itulah beberapa cara membangun bisnis kue bagi pemula yang perlu kamu pahami. Belajar dan carilah resep kue yang cocok di lidah kamu. Pilih jenis kue yang tidak sulit dalam pembuatannya. Selain itu, gunakan bahan-bahan yang sangat mudah ditemukan. Buatlah kue dengan kemasan yang menarik, ini akan sangat membantu mengalihkan daya tarik konsumen. Meski kamu membangun usaha kue biasa, namun ada satu momen yang membuat kue kamu berbeda.