Belajar bisnis tidak harus dimulai dengan modal besar, Anda dapat belajar dengan modal kecil. Seperti yang dilakukan beberapa pebisnis pada umumnya, salah satunya Edward Sumarli. Seorang pebisnis yang belajar perlahan, kemudian memulai bisnis dengan modal sendiri. Untuk Anda yang sedang ingin memulai bisnis, langkah apa saja yang perlu dilakukan, sebelum memiliki modal?

1. Belajar Melalui Buku

tips-belajar-bahasa-inggris-membaca-buku-bahasa-inggris

Pertama-tama, Anda dapat belajar melalui buku bisnis. Pilih jenis buku yang sesuai dengan bisnis yang ingin dipelajari. Ada Berbagai macam buku bisnis yang dapat Anda pelajari, termasuk kiat-kiat berbisnis untuk pemula. Berbagai pebisnis membagikan kisah mereka melalui buku. Anda dapat mengambil beberapa ilmu mereka di dalam buku.

Baca juga : Kenalan Dengan SEM Demi Kelancaran Bisnis

2. Belajar Melalui Podcast

kiat kebahagiaan 11 - mendengarkan musik

Saat ini, sedang ramai diperbincangkan adalah podcast. Suatu platform seperti radio namun, mengandalkan sebuah aplikasi. Tidak sedikit podcast yang menyajikan tayangan bisnis, mulai dari luar negeri atau dalam negeri. Semua dapat didengarkan dan diambil pelajaran. Sehingga pengetahuan tentang bisnis tidak hanya dari satu sumber saja, melainkan dari beberapa sumber.

3. Mengikuti Seminar Bisnis

seminar

Besarnya antusias masyarakat mengenai bisnis, maka ada beberapa kegiatan seminar bisnis untuk mereka. Tidak hanya orang tua dan dewasa saja, melainkan ada beberapa anak muda yang tertarik dengan bisnis. Melihat antusiasme ini, banyak dari pebisnis yang membuka seminar secara offline atau online. Untuk offline, dapat mengunjungi tempat seminar langsung. Sedangkan untuk online, Anda dapat membuka media sosial atau bahkan beberapa media online lainnya.

4. Mencoba dari Modal Kecil

bisnis-04

Langkah selanjutnya adalah belajar dengan modal kecil. Cobalah mengolah tabungan Anda untuk dijadikan sebuah modal bisnis awal. Hal ini juga dapat menjadi salah satu cara belajar bisnis di awal. Cocok untuk mereka yang baru ingin mencoba bisnis. Berawal dari modal kecil kemudian menekuninya, akan ada kualitas bisnis secara perlahan.

Baca juga : Tips Membangun Personal Branding yang Perlu Dipahami

5. Belajar Percaya Diri

bisnis-06

Cobalah untuk belajar percaya diri saat memulai bisnis. Dengan begitu, Anda akan yakin seberapa besar kemampuan berbisnis tersebut. Semua pebisnis sukses dengan kepercayan diri mereka untuk menarik konsumen.

Semakin Anda sering belajar, maka akan membuat pengetahuan tentang bisnis terasah dan terlatih. Selain itu, Anda dapat belajar melalui media online YouTube. Di media online itu, banyak trik dan tips yang dapat Anda gunakan. Bahkan, ada beberapa pebisnis yang hanya belajar dari YouTube dan kemudian mereka aplikasikan di dunia nyata.

Tidak semua berhasil dalam sekejap, Anda harus siap dengan berbagai resiko serta kendala yang akan terjadi. Untuk itu, belajar bisnis adalah solusi yang tepat agar Anda siap menghadapi apapun kesulitan dalam berbisnis. Jangan lupa untuk selalu bertanya kepada ahlinya.