Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Selama ini bagaimana kamu membuktikan kamu mencintai kekasihmu? Apakah kamu melakukan kelima hal di bawah ini? Benarkah kelima hal tersebut merupakan bukti cinta yang besar terhadap kekasih?

1. Mengandalkan dirinya setiap saat

couple-hug

Tidak benar. Apabila kamu berpikir bahwa dengan mengandalkan dirinya setiap saat, maka kamu menunjukkan betapa kamu mencintai dan membutuhkan dirinya, maka kamu sebaiknya segera mengubah pola pikir tersebut.

Dirimu harus selalu menjadi orang pertama yang kamu andalkan. Jika kamu selalu berpikir kamu dapat mengandalkan dirinya, maka kamu tak akan memikirkan masa depan lagi karena merasa dia sudah ada untuk memenuhi segala kebutuhanmu.

Tapi bagaimana jadinya jika suatu saat dia memutuskan hubungan, sementara kamu selama ini tidak pernah berusaha dan bekerja keras menata masa depanmu? Dia sudah tak lagi bisa kamu andalkan. Hindari bergantung kepada orang lain untuk mendapatkan kebahagiaan.

2. Hanya ingin menghabiskan waktu bersamanya saja

couple-hugging

Tidak benar. Bila kamu hanya ingin menghabiskan waktu bersamanya saja, jika tanpa dirinya kamu merasa cemas dan tak aman, maka itu bukan cinta, tetapi ketergantungan. Cinta bukan berarti menjalani setiap saat berdua, tidak ada orang lain selain sang pacar yang membawa keceriaan ke dalam kehidupanmu. Bisakah kamu hidup hanya berdua dengan sang kekasih?

3. Membiarkan kekasih memutuskan yang terbaik untukmu

02-20-things-happy-couples-do-laugh

Tidak benar. Membiarkan kekasih memutuskan yang terbaik untukmu bukanlah sebuah bukti cinta. Kamu diberikan kehidupan oleh Tuhan, dan kamu lah yang seharusnya bertanggung jawab atas hidupmu sendiri. Jika kamu selalu minta saran dari kekasihmu, jika dia merasa yang kamu ingin lakukan tidak baik, maka kamu tidak melakukannya. Apakah benar itu sebuah bukti nyata cinta?

Jika kamu tanyakan pada diri sendiri lalu jawab dengan jujur, jika kekasihmu melarangmu melakukan sesuatu yang kamu selama ini suka, bukankah kamu akan merasa tidak bahagia?

Lalu bagaimana jika pacar membuat keputusan yang salah untukmu? Akankah dia bertanggung jawab atas keputusan yang telah dia buat untuk hidupmu? Bukankah tetap kamu yang harus menanggung akibatnya?

Baca juga: Setiap Anak Pasti Ingin Membahagiakan Orang Tuanya, Tapi Bagaimana Caranya?

4. Dia sumber kebahagiaanmu, tanpa dirinya hidupmu tidaklah berarti

Couple buying a house

Tidak benar. Kamu merasa sedih jika dia sedang tidak di sampingmu, seolah-olah kamu tidak bisa menjalani hidup ini tanpa dirinya. Jika tak bersamanya, hidupmu kehilangan makna. Jika dia kamu jadikan satu-satunya sumber kebahagiaanmu, itu namanya bukan cinta, tetapi bahaya.

5. Selalu menjadi orang yang mengalah, yang penting pasangan bahagia

2ad4e5b6de37004e8b79caad95f99b9565e9e09dd3aba805ddpimgpsh_fullsize_distr
Buku Tulis, Buku Sketsa – Produk Uprint.id

Tidak benar. Pengorbanan dalam bentuk mengalah terhadap pasangan memang terkadang harus kamu lakukan, tapi bukan berarti selalu kamu yang menjadi orang yang mengalah. Selalu mengalah bukan merupakan bukti cintamu terhadapnya, tetapi sudah menjadi sebuah pengorbanan yang tak masuk akal.

Selain itu, jika pasanganmu membiarkanmu mengalah terus demi dirinya dan mengutamakan kebahagiaan dirinya sendiri, itu menandakan dia tidak benar-benar mencintaimu. Dia hanya memanfaatkan kebaikan hatimu yang melampaui batas.

Artikel lain: Walau Bukan yang Pertama, Aku Berharap Menjadi yang Terakhir dan Selamanya Bagimu

cetak-undangan-pernikahan