Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Lebaran merupakan hari raya seluruh umat muslim di Dunia. Mendengar kalimat lebaran, yang terdapat dalam benak pikiran kita adalah tradisi khas hari raya, yaitu mudik. Kalimat atau kata mudik berasal dari bahasa jawa yaitu “Mulih Udik” atau balik kampung. Tradisi ini semakin marak semenjak sudah mulai adanya para imigran. Terutama orang-orang yang merantau dari desa ke kota. Mendekati lebaran atau hari raya, tidak sedikit orang yang berburu tiket mudik dari jauh-jauh hari. Sebab, semakin dekat dengan hari raya tiba maka akan sulit mendapatkan tiket mudik. Jika Anda ingin lebaran bersama keluarga tercinta, simak cara berburu tiket mudik berikut ini.

1. Ketahui Jadwal Pemesanan Tiket

tiket-mudik-02

Jika Anda sudah memiliki jadwal untuk mudik, ada baiknya ketahui jadwal pemesanan tiket terlebih dahulu. Lihat dan carilah tanggal pembukaan tiket mudik secara online. Penyedia tiket mudik, akan memberikan informasi mengenai jadwal pembukaan pesanan. Biasanya tiket dibuka 4 bulan sebelum hari raya. Saat itulah Anda harus mulai mempersiapkan diri untuk berburu tiket mudik. Dalam hal ini, Anda juga harus teliti ketika memesan tiket secara online. Mengenai jadwal keberangkatan hingga pulang ke kota kembali.

Baca juga : Abadikan Momen Lebaran Dengan Mencetak Photo Print di Uprint.id

2. Searching Penyedia Tiket

cara-berburu-tiket-mudik-02

Sebelum Anda memutuskan untuk mudik, ada baiknya menentukan ingin menggunakan moda transportasi pada saat mudik. Jika Anda ingin menggunakan moda transportasi berupa kereta api, maka cobalah searching tiket di website resmi kereta api. Bahkan Anda juga dapat membeli tiket mudik di beberapa marketplace online seperti tokopedia, dan travell online seperti tiket.com, pegi-pegi.com, hingga travell lainnya.

3. Mempersiapkan Waktu yang Tepat

Jika Anda ingin berburu tiket mudik, sebaiknya mempersiapkan waktu yang tepat. Biasanya waktu yang tepat untuk mencari atau berburu tiket mudik adalah saat dini hari. Sebab, koneksi internet yang cepat, dan tidak banyak orang yang mengakses pada saat itu. Dengan begitu, peluang Anda akan semakin besar mendapatkan tiket mudik.

4. Mempersiapkan Dana

cara-berburu-tiket-mudik-03

Jika sudah ingin berburu tiket mudik, ada baiknya langkah selanjutnya adalah mempersiapkan dana pembelian. Pastikan Anda sudah mempersiapkan dana tambahan untuk membeli tiket mudik. Sebab, biaya membeli tiket mudik tidaklah sedikit. Bahkan terkadang harga tiket melonjak tinggi. Jadi sebaiknya, Anda sudah mempersiapkan atau menyisihkan sebagian gaji Anda untuk membeli tiket mudik. Jangan sampai, saat tiket sudah dibuka keuangan Anda kosong. Sehingga kehabisan tiket untuk pulang ke kampung halaman.

Baca juga : Kegiatan Asyik yang Paling Seru Dilakukan Selama Perjalanan Mudik

5. Mempersiapkan Jadwal Cuti dan Kesehatan

berburu tiket mudik 04

Bagi Anda seorang karyawan, sebaiknya mempersiapkan diri untuk menentukan cuti. Pastikan Anda sudah memutuskan cuti sebulan sebelumnya, dengan begitu Anda dapat langsung menentukan tanggal keberangkatan dan kembali ke ibu kota. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan kesehatan. Jangan sampai, ketika waktu mudik tiba kondisi badan Anda justru menurun dan tidak membaik. Untuk itu Anda harus selalu menjaga kesehatan tubuh dengan tidur teratur, makan makanan sehat, hingga mengkonsumsi vitamin.

Itulah beberapa cara berburu tiket mudik Lebaran yang efektif. Anda dapat mencoba beberapa opsi di atas yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan barang bawaan dan memeriksa kondisi rumah sebelum ditinggal mudik. Melakukan persiapan dengan matang akan membuat mudik semakin nyaman dan aman. Begitu juga untuk selalu mengontrol kondisi rumah sebelum ditinggal selama mudik. Sebab kejadian tidak terduga selalu terjadi disaat rumah dalam kondisi kosong dan ditinggal oleh pemiliknya.