Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Berkomunikasi merupakan interaksi yang selalu dilakukan oleh semua orang dan menjadi kunci kelancaran aktivitas dalam bekerja. Bahkan sudah menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam lingkungan pekerjaan. Untuk itu, cobalah berkomunikasi dengan cara yang benar. Sebab terkadang ada lawan bicara yang dapat membaca kondisi seseorang, seperti pikiran yang sedang dipikirkan atau bahkan ada sesuatu yang ingin disampaikan.

Baca juga : 5 Alasan Pentingnya Amplop dan Kop Surat Pada Business Kit

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga komunikasi antar atasan, atau bahkan antar klien. Seperti berikut ini cara berkomunikasi agar tidak mempermalukan diri sendiri. Anda dapat mencobanya dalam kehidupan sehari-hari atau bahkan saat bertemu dengan klien.

1. Tidak Menyela Perdebatan atau Pembicaran

cara berkomunikasi 02

Kebiasaan bagi sebagian orang untuk menyela pembicaraan yang sedang berlangsung, perihal ada sesuatu yang tidak sependapat atau hanya sekedar ingin menambahkan. Ternyata hal semacam itu merupaan hal yang harusnya dihindari. Sebab cara berkomunikasi seperti itu akan membuat Anda terlihat menyebalkan, sehingga tidak ada yang respect dengan tindakan seperti itu. Jangan sampai hanya karena satu hal ini Anda menjadi di jauhkan oleh teman-teman sekantor ya.

2. Jangan Menanggapi Pembicaraan yang Tidak Nyaman

cara berkomunikasi 03

Sebaiknya Anda juga jangan menanggapi semua pembicaraan yang hanya membuat Anda emosi. Sebaiknya gunakanlah cara berkomunikasi dengan lebih anggun seperti mengabaikan pembicaraan yang tidak nyaman. Sehinga Anda hanya memerlukan beberapa pembicaraan yang memang bermanfaat. Jangan sampai waktu Anda terbuang sia-sia hanya untuk mendengarkan pembicaran yang membuat Anda emosi. Sehingga dapat mengganggu kinerja di kantor atau bahkan di depan klien.

3. Mencoba Berdamai Jika Pendapat atau Ide Anda Tidak Diterima

Dalam dunia kerja perbedaan pendapat dan ide itu bukanlah hal yang aneh. Bahkan ada juga yang ide serta pendapatnya tidak didengar. Sebaiknya Anda jangan berkecil hati, cobalah cara berkomunikasi dengan yang lebih elegan. Seperti saat Anda menyanggah sebuah pernyataan yang tidak tepat dengan santai tanpa menggunakan emosi. Jika sudah seperti itu, Anda tidak harus menahan rasa malu ketika ide dan pendapat tidak diterima.

4. Cobalah Mengetahui Kondisi dan Situasi Sebelum Berbicara

Sebaiknya Anda mengetahui kapan harus berbicara dan memulai pembicaaran. Sebab jika Anda tiba-tiba berbicara tapi tidak tahu apa yang sedang dibicarakan, akan membuat Anda malu. Untuk itu, pandailah membaca situasi dan kondisi sebelum memutuskan berbicara. Ini merupakan cara berkomunikasi yang benar dan tepat. Sehingga Anda juga tidak perlu merasa malu bahkan minder dengan yang telah dilakukan.

Baca juga : Berikan Souvenir yang Memiliki Banyak Manfaat, Salah Satunya Sangat Berguna

5. Meningkatkan Ilmu Pengetahuan

Seseorang yang pandai membaca gerak-gerik lawan bicara akan dengan mudah mengetahui apakah orang tersebut berbicara dengan fakta atau hanya berbicara tanpa fakta. Untuk itu, agar menghindari hal yang mempermalukan diri sendiri, cobalah membaca untuk menambah cara berkomunikasi agar lebih berbobot atau berisi. Sehingga tidak akan mempermalukan Anda di hadapan klien maupun saat presentasi bersama atasan.

Itulah beberapa cara berkomunikasi yang harus dilakukan jika tidak ingin mempermalukan diri sendiri. Bahkan beberapa hal yang membuat diri malu sering sekali dilakukan. Untuk itu, cobalah tidak mengulangi hal-hal yang mempermalukan diri Anda sendiri. Bahkan dengan berkomunikasi Anda akan dengan mudah membuat seseorang respect dan mendengarkan semua yang dibicarakan. Jika Anda berbicara dengan klien sebaiknya siapkan beberapa hal sebelum melanjutkan pembicaran. Seperti menyiapkan business kit yang terdiri dari beragam modul penting untuk Anda dan klien pelajari. Dengan begitu pembicaraan akan lebih mudah lancar dan tujuan dari pertemuan atau pembicaraan tersebut dapat sesuai. Jika Anda ingin membuat business kit yang lebih profesional, silakan mencetaknya secara online di Uprint.id. Bahkan Anda dapat memesannya secara custom agar lebih terlihat profesional.