Mendapat pekerjaan memang hal yang susah-susah gampang. Seperti mereka yang baru saja lulus kuliah atau setelah selesai sekolah. Namun tidak sedikit juga orang yang berhasil mendapatkan pekerjaan impian mereka. Banyak jalan menuju Roma, mungkin ini dapat dijadikan motivasi dalam mencari pekerjaan. Ada banyak cara dapat kerja yang bisa dilakukan. Seperti beberapa cara cepat mendapat pekerjaan berikut ini yang bisa kamu lakukan.

1. Membuat CV dan Portofolio

tips-wawancara-mempersiapkan-dokumen

Cara cepat mendapat pekerjaan yang pertama adalah membuat CV dan portofolio. Dua hal ini sangat penting jika kamu ingin cepat mendapatkan pekerjaan. Tulis pengalaman kamu jika pernah bekerja dan informasi lainnya. Namun, jika belum bekerja, kamu dapat menulis pengalaman selama magang dan lain sebagainya. Tuliskan informasi yang dapat memberikan feedback baik bagi kamu dari pencari kandidat pekerja.

Baca juga : Tidak Perlu Risau Ketika Lulus Kuliah, Jika Mengikuti Beberapa Cara Mendapatkan Pekerjaan Ini

2. Daftarkan Diri di Situs Lowongan Kerja

Saat ini banyak cara mudah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan. Cara cepat mendapat pekerjaan berikutnya adalah, mendaftarkan diri kamu di beberapa situs lowongan kerja online. Ini akan memudahkan kamu mendapat dan memilih ragam lowongan pekerjaan. Kamu hanya perlu mengupload beberapa dokumen yang diminta seperti CV, cover letter, dan portofolio. Selain dokumen, kamu juga harus mengupload foto yang sesuai ukuran. Agar akun kamu sering dicari oleh perekrut, yang harus dilakukan adalah selalu memperbarui data-data. Sebab, para perekrut akan lebih tertarik dengan kandidat yang memiliki profil selalu update.

3. Perbanyak Teman dan Relasi

cara-cepat-mendapatkan-pekerjaan-memperbanyak-teman

Memperluas pergaulan menjadi kewajiban. Tidak hanya menjadi gaya hidup saja, melainkan untuk mendapatkan informasi berupa lowongan pekerjaan. Cara cepat mendapat pekerjaan yang satu ini harus dilakukan. Minimal kamu memiliki hubungan pertemanan yang lebih dari 5 orang. Bagaimana caranya? Misalnya kamu ada interview di beberapa perusahaan dengan banyak kandidat, cobalah untuk mulai berkenalan dengan mereka. Bahkan ada beberapa orang yang menjadikan teman seperjuangan sebagai pintu informasi dan berbagi info lainnya.

4. Datang ke Job Fair

Cara cepat dapat kerja selanjutnya adalah ikut dan datangi job fair di mana saja. Nah, dalam job fair ini kamu harus mempersiapkan dokumen yang akan digunakan selama di sana. Cetak sebanyak-banyaknya dokumen yang penting. Misalnya ijazah, cv, surat lamaran, portofolio, dan beberapa dokumen lain. Jangan lupa untuk menyisipkan foto terbaru sebagai pelengkap data kamu di perusahaan tersebut.

5. Terus Melamar Pekerjaan

cara-cepat-mendapatkan-pekerjaan-terus-melamar-pekerjaan

Meski kamu belum mendapatkan tanda-tanda interview, jangan berkecil hati. Sebab masih ada kesempatan kamu untuk bekerja di perusahaan lain. Hanya saja yang perlu kamu lakukan adalah terus melamar pekerjaan. Pilihlah lowongan pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan atau yang memang kamu kuasai. Sebab, memilih pekerjaan secara acak akan membuat kamu merasa lelah dan perusahaan akan menilai sebagai pencari kerja yang labil.

Baca juga : Etika Mengirim Email yang Disukai HRD. Siap-siap Panggilan Interview Nih!

6. Mengetahui Etika Mengirim Email

Orang yang melamar pekerjaan bukan hanya kamu saja. Untuk itu, saat mengirim email ke HRD perusahaan tertentu kamu harus jelas menuliskannya. Mulai menuliskan subjek email hingga bagian badan surat. Jika selama ini kau hanya menuliskan subjek email dengan kalimat “dokumen melamar pekerjaan” dan mengosongkan badan surat, jangan harap email kamu dibaca HRD. Kenapa? Sebab keterangan pada subjek email tidak informatif. Penulisan yang benar adalah isi subjek email dengan kalimat “Dokumen untuk melamar pekerjaan sebagai Design Graphic” atau yang lain sebagainya.

Kemudian jangan lupa untuk menuliskan surat di badan surat, jadi tidak hanya rentetan dokumen saja. Kamu dapat menuliskan informasi singkat mengenai perihal melamar pekerjaan tersebut. Jangan sungkan juga untuk memberikan informasi mengenai lowongan yang kamu ketahui. Dengan begitu email atau surat itu akan dibaca oleh HRD dan mencocokan dengan lowongan tersebut.

Itulah beberapa cara cepat dapat kerja yang perlu diketahui. Terutama bagi kamu yang baru saja lulus kuliah dan sekolah. Tetap semangat, banyak jalan yang dapat kamu lalui selama menunggu panggilan interview.