Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Cara mempersiapkan event, ternyata bukanlah perkara yang mudah. Anda harus dan perlu mempersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari konsep hingga tujuan mengadakan event tersebut. Sebab, event akan berjalan dengan lancar jika Anda mengetahui tujuan dari event tersebut. Inilah beberapa cara mempersiapkan event yang penting untuk diketahui.

1. Menetapkan Tujuan Event

Penting bagi Anda untuk menetapkan tujuan dari event Anda. Apakah tujuan event Anda untuk menjual produk, atau sekadar membangun jaringan? Apapun tujuan event Anda, pastikan Anda sudah menetapkan tujuan tersebut dari awal. Hal ini juga akan memudahkan Anda ketika menarik konsumen untuk memeriahkan event tersebut.

Baca juga : Ingin Event Anda Booming? Lakukan 7 Tips Cetak Flyer Ini!

2. Lakukan Penelitian

cara-mempersiapkan-event-penelitian

Ini merupakan cara mempersiapkan event yang paling pertama dilakukan. Segala sesuatu harus diketahui terlebih dahulu. Mulai dari target pengunjung yang Anda harapkan untuk datang ke event, apakah tema event yang akan diusung dan diminati banyak orang. Hingga apakah bintang tamu yang diundang dapat menarik banyak pengunjung, dan lain sebagainya. Ini sudah menjadi hal utama yang harus dilakukan terlebih dahulu.

3. Mempersiapkan Tim yang Dapat Diandalkan

cara-mempersiapkan-event-mempersiapkan-tim

Tema dan konsep event tidak akan berjalan lancar, jika Anda tidak memiliki tim yang solid dan dapat diandalkan. Untuk itu, sebelum memulai sebuah event yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan tim. Carilah atau rekrutlah seseorang yang dapat diajak kerjasama dengan baik dan diandalkan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan tim yang mumpuni dari segala hal. Sebab event merupakan acara besar yang membutuhkan banyak tenaga dan tim dalam berbagai sesi acara.

4. Pastikan Alat Promosi Menarik dan Komunikatif

cara-mempersiapkan-event-persiapkan-alat-promosi

Alat promosi sebuah event yang menarik dan komunikatif sangatlah penting. Sebab, para calon pengunjung dapat melihat gambaran seberapa menarik dan serunya event yang Anda buat. Anda dapat menggunakan banner, poster, flyer, brosur, dan media promosi lainnya. Pastikan Anda membuat desain alat promosi yang menarik. Selain desain yang perlu diperhatikan adalah susunan acara apa saja. Anda dapat membuat atau mencetak alat promosi secara mudah dan cepat di Uprint.id. Anda hanya perlu memesannya secara online di Uprint.id. Tersedia ragam jenis media promosi yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Baca juga : 4 Tips Sukses Menyelenggarakan Event Corporate

5. Kemas Event dengan Aktivitas yang Menarik

cara-mempersiapkan-event-buat-aktivitas-menarik

Bisa mendatangkan pengunjung ke event Anda merupakan satu hal yang berkesan, namun bisa mempertahankan mereka hingga event selesai merupakan hal yang berbeda. Salah satu tugas Anda adalah, menciptakan kesan tersendiri yang tidak hanya dapat membuat para pengunjung betah di event, namun juga meninggalkan kesan mendalam. Beberapa contoh hal yang dapat mendatangkan kesan bagi pengunjung adalah: bintang tamu dan susunan acara yang menarik, staf yang ramah, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, kreativitas Anda dan tim harus bermain dan berpikir bagaimana caranya agar pengunjung tetap stay di event tersebut. Bahkan Anda dapat membuat pengunjung penasaran dengan siapa lagi atau ada kejutan apalagi setelah ini.

6. Pre event marketing

Konsep event menarik tidak akan berarti jika calon pengunjung tidak mendapatkan informasi yang cukup mengenai event tersebut. Oleh sebab itu, persiapkan dengan matang pola pemasaran dan publikasi jauh sebelum event yang dilaksanakan. Buatlah akun media sosial dan ciptakan tagar khusus agar calon pengunjung dengan mudah dapat “menemukan” acara yang akan berlangsung tersebut. Pastikan Anda membuat konten yang juga menarik pengunjung untuk turut serta menghadiri event yang dilaksanakan.

7. Post Event Marketing

Saat event Anda telah selesai digelar, bukan berarti promosi dan marketing event Anda pun selesai. Melalui post event marketing, Anda dapat memberikan kenang-kenangan kepada orang-orang akan event yang telah digelar. Selain itu dapat membagikan keseruan yang telah terjadi pada event Anda ke masyarakat luas. Pada kesempatan ini pula Anda dapat menginformasikan tentang event selanjutnya yang mungkin akan digelar di kemudian hari.

Itulah beberapa cara mempersiapkan event yang penting untuk diketahui. Selain melakukan promosi secara tidak langsung, Anda juga harus melakukan promosi secara langsung. Misalnya dengan memberikan selebaran berisi informasi event tersebut dan lain sebagainya. Meski cara ini terlihat tradisional, namun masih efektif hingga saat ini.