UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan salah satu jenis usaha yang sudah banyak dijalani. Terutama para ibu rumah tangga atau anak muda yang ingin memperkenalkan produk hasil sendiri. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan jika Anda ingin meningkatkan penghasilan untuk usaha. Seperti beberapa penjelasan berikut ini.

1.      Pemilihan Produk

Menentukan sebuah produk sangatlah penting bagi pelaku UMKM. Semakin banyak pelaku UMKM maka akan semakin ketat persaingannya. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk melakukan research mengenai produk terlebih dahulu. Perhatikan jenis produk apa yang kira-kira belum ramai atau bahkan belum ada yang mencobanya. Jenis makanan sudah pasti akan banyak peminatnya.

Namun tidak ada salahnya jika Anda ingin membangun usaha dalam bidang lain, seperti pakaian atau kerajinan lainnya. Jenis usaha dibidang kerajinan Anda perlu memfokuskan bahan baku yang digunakan, agar lebih spesifik. Misalnya Anda menggunakan bahan kayu jati, maka konsisten untuk selalu menggunakan kayu jati sebagai bahan baku pembuatannya. Hal ini untuk menjaga kualitas produk agar tetap selalu sama, meski produk yang dihasilkan berbeda-beda.

2.      Melakukan Reset Target Pasar

Apapun usahanya baik besar atau setara dengan UMKM, menentukan target pasar sudah harus selalu dilakukan. Ini sudah menjadi kunci awal Anda untuk membangun sebuah bisnis. Tentukan target untuk usia berapa dan dari kalangan mana produk Anda ingin difokuskan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan hasil yang tepat sasaran. Sebab selama ini ada beberapa pelaku usaha UMKM yang kurang melakukan untuk menentukan target. Sehingga usaha yang mereka lakukan belum berkembang, seperti keinginan di awal.

Baca juga : Kemasan Ekonomis Untuk UMKM

3.      Menentukan Logo dan Nama

Langkah selanjutnya adalah menentukan logo dan nama untuk usaha. Cari logo dan nama yang mudah diingat oleh konsumen. Hindari penggunaan kalimat yang berlebihan, seperti “makanan sehat dan paling enak” padahal nyatanya tidak semua orang bereaksi seperti yang dikatakan pada kemasan. Sebaiknya untuk tidak menggunakan kalimat yang berlebihan dalam sebuah produk. Cukup dengan slogan, nama, dan logo yang mudah dipahami oleh konsumen. Sehingga mereka akan selalu mengingatnya jika memang produk yang Anda berikan tepat bagi konsumen. Pemilihan desain logo juga harus diperhatikan. Pilih desain yang mudah diingat dan tidak terlalu ribet, Anda hanya perlu menonjolkan bagian mana dari logo yang ingin ditunjukan kepada konsumen. Misalnya menggunakan inisial nama produk, atau dengan nama dari bisnis yang Anda dirikan.

4.      Menentukan Harga

Dalam membangun usaha, harga sudah pasti harus ditentukan dengan berbagai syarat. Anda dapat juga menentukan harga dengan melihat target pasar. Pilih harga yang tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah, tapi harga yang terjangkau akan jauh lebih dipilih konsumen. Konsumen akan lebih memilih sebuah produk dengan harga terjangkau dna tetap memiliki fungsi yang tepat, daripada harga mahal namun tidak memiliki fungsi sesungguhnya. Hal seperti ini berlaku untuk para pelaku UMKM yang bergerak dalam bidang produk fungsional, misalnya produk rumah tangga.

5.      Konsisten Melakukan Optimasi

Sebagai pelaku usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM melakukan optimasi merupakan jalan yang tepat. Terutama jika Anda bergerak dalam bidang online shop. Melakukan optimasi untuk toko online sangat dianjurkan. Hal ini untuk menarik konsumen baru yang memang tertarik dengan produk tersebut. Ada beberapa komunitas yang selalu melakukan optimasi untuk usaha mereka. Misalnya mereka akan selalu mengadakan optimasi seminggu 3 kali, itu merupakan waktu yang ideal untuk meningkatkan penghasilan bagi UMKM.

Baca juga : Membuat Packaging yang Membedakan Brand Anda dari Kompetitor

Selain itu, Anda dapat melakukan sebuah trik umum yang paling sering dilakukan UMKM yaitu memberikan hadiah dengan syarat. Salah satu yang paling sering dilakukan adalah membuka giveaway dengan hadiah berupa produk dari usaha Anda. Dari memberikan hadiah ini, akan ada banyak orang yang ingin tahu tentang produk dan akan berkunjung ke toko online Anda. Tidak heran jika banyak jenis usaha yang sudah memiliki nama, masih tetap meningkatkan penghasilan dengan konsisten melakukan optimasi.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan penghasilan bagi UMKM yang seharusnya dilakukan. Jangan lupa untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumen. Seperti membalas chat mereka, dan melayani dengan ramah. Namun sebagai pembeli Anda juga harus tetap memahami posisi yang sebenarnya. Sebagai pelaku UMKM ada baiknya untuk memberikan kemasan yang menarik bagi konsumen. Anda dapat mencetak kemasan atau bahkan keperluan bisnis secara online di Uprint.id. Tersedia berbagai macam perlengkapan usaha yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Seperti kemasan, stiker, label tag, atau bahkan keperluan lainnya yang masih berhubungan dengan usaha.