Saatnya Cetak Kalender 2020 untuk Pemasaran Usaha Anda ke Level Terbaik

Cetak kalender – Kalender adalah salah satu alat pemasaran yang paling kuat. Kalender mampu menempatkan merek usaha Anda di depan pelanggan selama 365 hari dalam setahun. Hal hebat lainnya yang tidak bisa Anda lupakan tentang kalender yaitu nilainya! Sadarkah Anda bahwa pelanggan menggunakann kalender setiap hari? Maka jangan pernah ragu melakukan investasi awal untuk pencetakan kalender setiap tahunnya.

Faktanya, investasi yang Anda keluarkan untuk mencetak kalender jauh lebih murah dengan apa yang Anda dapatkan setelahnya. Bahkan bisa dibilang, kalender adalah alat pemasaran termurah dan tertarget jelas! Yang perlu Anda lakukan hanya memikirkan bagaimana desain kalender yang akan selalu membuat pelanggan jatuh hati setiap harinya. Mumpung akhir tahun telah tiba, saatnya untuk memanfaatkan kekuatan penuh dalam proses cetak kalender untuk langkah pemasaran usaha Anda ke level yang lebih tinggi.

Baca juga: Cetak Kalender 2019 dengan Inspirasi Desain Berikut Ini!

Berikut adalah 3 hal penting sebelum mencetak kalender

Sebelum Anda memulai proses cetak kalender, ada tiga hal yang perlu diketahui dan dicatat. Proses cetak kalender tidak seperti Anda mencetak dokumen kantor, perlu pertimbangan dan konsep yang matang untuk menghasilkan kalender dengan desain dan hasil cetak yang memuaskan. Apalagi kalender tersebut akan digunakan sebagai alat pemasaran usaha Anda, jangan pernah main-main untuk hal semacam ini.

1. tentukan waktu tepat untuk memulai strategi pemasaran kalender Anda

cetak kalender

Trimester terakhir atau tiga bulan terakhir setiap tahunnya adalah saat yang tepat untuk mulai merencanakan strategi pemasaran kalender Anda. Memulai lebih awal akan memberi Anda cukup waktu untuk mencetak kalender berkualitas tinggi. Pastikan kalender yang Anda cetak menampilkan tema yang relevan sesuai bisnis dan pelanggan Anda. Merencanakan timeline juga memberi Anda cukup waktu untuk mendistribusikan kalender Anda ke pelanggan yang ditargetkan, sehingga bisa meningkatkan laba atas investasi yang Anda keluarkan untuk mencetak kalender.

Baca juga: 10 Desain Kalender Unik dan Inspiratif yang Menambah Suasana Baru Lebih Seru

2. pertanyaan penting sebelum mencetak kalender

cetak kalender 2019 pilihan kalender meja

Berikut ini daftar pertanyaan penting yang perlu Anda jawab sekarang untuk memastikan strategi pemasaran menggunakan kalender akan berjalan sukses.

  • Tema apa yang akan ditampilkan dalam fitur kalender Anda? Kalender Anda harus menggunakan gambar atau ilustrasi yang akan membuat pelanggan Anda jatuh cinta setiap hari saat menatapnya. Tentu saja gambar tersebut juga harus relevan dengan bisnis Anda.
  • Di mana Anda akan mendapatkan foto? Anda dapat menggunakan gambar stok atau mengambil foto sendiri. Jika ingin mendapatkan hasil foto yang lebih profesional, menyewa seorang fotografer, ilustrator, atau desainer grafis adalah pilihan terbaik. Cara paling sederhana, Anda bisa menggunakan fasilitas template kalender yang disediakan oleh percetakan untuk menghemat biaya dan waktu.
  • Bagaimana Anda akan melakukan branding melalui kalender? Apakah Anda akan memasang logo Anda di setiap foto yang tercetak pada kalender? Atau Anda akan menyertakan tips bermanfaat di kolom khusus pada setiap lembar bulan?
  • Apakah Anda akan menambahkan promosi bulanan?Anda dapat mengubah kalender menjadi alat penjualan langsung dengan menambahkan kode kupon khusus untuk produk dan layanan tertentu setiap bulan. Hal ini merupakan cara sempurna bagi Anda yang memiliki usaha perdagangan untuk meraih untung dalam penjualan produk musiman.

cetak kalender meja

  • Bagaimana Anda akan mendistribusikan kalender Anda? Ada banyak pilihan cara menyangkut hal ini. Anda bisa langsung menyerahkan kalender kepada pelanggan yang datang ke toko, atau Anda juga bisa menempatkan kalender pada titik-titik tertentu di pusat kota dan membiarkan calon pelanggan tertarget bebas mengambilnya. Cara lain Anda bisa mengirimkan pemberitahuan lewat email, sosial media atau pesan broadcast di layanan perpesanan kepada pelanggan tertarget bahwa mereka mendapat souvenir cantik atas kesetiaan mereka terhadap bisnis Anda. Bahkan Anda bisa membuat pelanggan merasa diistimewakan dengan mengirimkan kalender ke alamat rumah mereka!
  • Kepada siapa Anda akan memberikan kalender? Setiap bisnis pasti memiliki pasar tertentu. Maka agar kalender Anda sesuai dengan tujuan, pastikan memberikan kalender pada pelanggan tertarget. Misal, usaha yang Anda geluti cocok untuk para ibu muda, maka pastikan kalender sampai pada para ibu muda, bukan ke tangan anak-anak SMA.
  • Di mana Anda akan mencetak kalender Anda dan opsi pencetakan apa yang Anda butuhkan? Percetakan adalah perpanjangan tangan untuk setiap ide pemasaran Anda, maka memilih percetakan terbaik adalah suatu keharusan. Setelahnya, pikirkan pula tentang ukuran kalender, jenis kertas, kualitas cetak, dan jenis kalender yang cocok; apakah kalender dinding, kalender meja atau kalender poster.
  • Berapa anggaran Anda? Berapa banyak yang akan Anda investasikan dalam pencetakan kalender dan seluruh strategi pemasaran Anda? Semakin banyak Anda mencetak, semakin besar jangkauan Anda – tetapi Anda tentunya harus memastikan jangkauan itu. Itulah kenapa pentingnya Anda perlu menargetkan pelanggan sehingga kalender yang Anda cetak dengan sebaik-baiknya tidak terbuang percuma.

Baca juga: Rahasia di Balik Desain Kalender yang Selalu Digunakan

3. Kapan Membagikan Kalender Anda

cetak kalender poster

Biasanya bulan November adalah bulan yang paling pas untuk membagikan kalender, tetapi Anda dapat membagikannya hingga Januari. Sebaiknya sebelum kompetitor Anda membagi-bagikan kalender, Anda sudah lebih dulu siap dengan amunisi terbaik. Dengan cara itu pelanggan Anda dapat menggantung kalender lebih awal dan Anda dapat segera mulai menyadari manfaatnya. Pikirkan tentang mendistribusikan kalender Anda tepat di sekitar Hari Belanja Online Nasional  untuk memaksimalkan jangkauan, keterpaparan, dan ROI Anda.

Baca juga: 5 Keuntungan Promosi Menggunakan Kalender

Siap untuk melakukan proses cetak kalender 2020 dan mulai merencanakan kampanye pemasaran kalender Anda? Pastikan hanya Uprint.id yang bisa membantu mencetak kalender yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

uprint percetakan online indonesia

Share post:

Popular

Artikel Lainnya
Serupa

7 Hadiah Korporat yang Banyak Disukai Pelanggan

Cetak Souvenir - Siapa yang tidak senang jika diberi...

Cara Mengungkapkan Isi Hati dengan menggunakan Photo Notecards

Photo notecards tidak jauh berbeda dengan postcard. Yaitu sebuah...

Tanda-tanda Ini Akan Dirasakan Jika Sudah Terlalu Stress Dengan Pekerjaan

Terkadang banyaknya pekerjaan dan aktivitas kantor membuat Anda merasakan...

8 Makanan Jepang yang Harus Kamu Coba Saat Wisata ke Jepang

Bagi kamu yang belum pernah mengunjungi Jepang, negeri Sakura...