Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Annual report adalah ringkasan keuangan perusahaan selama setahun beroperasi. Bahkan di dalam annual report ini juga tercantum analisis manajemen tentang kondisi keuangan dan rencana masa depan perusahaan. Annual report ini disiapkan pada akhir tahun untuk para pengguna eksternal perusahaan. Fungsi annual report ini adalah agar pengguna eksternal perusahaan mendapatkan informasi keuangan tentang aktivitas dari internal perusahaan. Selain itu, dapat mengetahui rencana manajemen ke depan perusahaan tersebut.

Baca juga : Apa Perbedaan Antara Financial Report dan Annual Report?

fungsi-annual-report
sumber gambar : google

Perlu diketahui sebelumnya, pengguna eksternal dari perusahaan merupakan, orang-orang di luar perusahaan dan tidak berpengaruh secara langsung terhadap perusahaan. Biasanya pengguna eksternal ini seperti para investor. Dengan tujuan, agar para investor atau orang yang menjadi target investasi di perusahaan mengetahui rekam jejak keuangan di perusahaan tersebut. Ada bagian-bagian yang harus dicantumkan dalam annual report. Seperti bagian-bagian berikut ini.

  1. Surat kepada pemegang saham.
  2. Laporan keuangan terbaru dan kondisi keuangan perusahaan dari tahun ke tahun.
  3. Adanya lembar analisis dan pembahasan manajemen.
  4. Catatan manajemen dalam laporan keuangan dan kontrol internal.
  5. Pernyataan tim audit terhadap laporan keuangan tersebut.

Selama ini masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan dari annual report dan laporan keuangan. Jika Anda belum mengetahui perbedaan tersebut, berikut ini penjelasan perbedaan annual report dan laporan keuangan. Annual report lebih lengkap dan mudah juga untuk menceritakan secara lengkap mengenai kondisi keuangan yang ada di perusahaan tersebut. Sehingga para investor merasa lebih mudah memahami kondisi perusahaan tersebut. Selain itu, menggunakan annual report dapat dengan mudah dideskripsikan. Misalnya Anda dapat menampilkan annual report dengan grafik, foto, ilustrasi, dan diagram. Sedangkan laporan keuangan hanya berisi lembaran halaman kertas yang berisi aneka penjelasan. Dengan kata lain, fungsi annual report agar lebih mudah digunakan untuk mendeskripsikan kepada investor.

Baca juga : Pentingnya Menyajikan Annual Report. Cetak Sekarang Juga!

fungsi-annual-report-01
sumber gambar : google

Selain memudahkan, annual report juga memiliki manfaat lain, yaitu dapat dijadikan alat pemasaran. Hal ini bertujuan untuk menunjukan kepada publik bahwa perusahaan memiliki citra yang baik serta rencana-rencana yang menjanjikan. Di dalam annual report juga terdapat informasi mengenai rasio keuangan perusahaan berdasarkan aktivitas operasional selama satu tahun. Melalui annual report inilah rasio keuangan perusahaan dirangkum secara lengkap dan sistematis.

Jika Anda ingin mempresentasikan tentang keuangan dan rencana perusahaan, cobalah mencetak annual report dengan desain yang sesuai dengan profil perusahaan. Bahkan Anda dapat menambahkan logo dan nama perusahaan dalam annual report tersebut. Kini saatnya Anda cetak annual report dengan mudah secara online di Uprint.id. Tersedia ragam desain template yang dapat Anda gunakan sesuai keinginan. Bahkan Anda dapat mencetaknya secara custom di Uprint.id.