Bagi sebagian orang yang memutuskan untuk hijrah ke negara lain akan merasakan hal banyak hal yang baru. Terkadang, hal tersebut sangat mengganggu seperti waktu tidur yang tidak nyaman, kemudian tiba-tiba ingin menangis, dan masih banyak hal lainnya. Hal yang bikin kangen mudik sudah terangkum sebagai berikut ini.

1. Keterbatasan Mushola

hal yang bikin kangen mudik 1

Hal ini sangat dirasakan oleh umat muslim yang menjalankan ibadah puasa di negara yang minirotas penduduk muslim. Oleh sebab itu, hal yang bikin kangen mudik ini menjadi pencetus awal rasa rindu yang mendalam kepada negeri halaman. Semua fasilitas ibadah mudah ditemukan, lain dengan di negara lain.

Baca juga : Tips Menghemat Uang Jajan Selama Bulan Puasa

2. Rasa Toleransi yang Tinggi

hal yang bikin kangen mudik 2

Berbeda dengan di negeri sendiri, mayoritas rasa toleransi orang di luar negeri cenderung lebih tinggi. Seperti saat para muslim menjalani ibadah puasa, mereka yang non muslim menghargai dengan tidak makan dan minum di depan orang yang sedang berpuasa. Kemudian selain itu, mereka yang cenderung non muslim akan lebih intens untuk mengingatkan saat berbuka puasa telah tiba. Ini juga yang kadang menjadi hal yang bikin kangen mudik ke negara sendiri. Suasana puasa yang semuanya menjalani ibadah puasa.

3. Menu Makanan yang Tidak Cocok di Lidah

rahasia berbuka puasa 2

Banyak warga muslim yang merasa tidak cocok dengan jenis makanan dan masakan di negara tersebut. Terutama orang yang berasal dari Asia, mereka akan merasakan masakan tersebut aneh-aneh di lidah. Sebab orang Asia cenderung makanan yang memiliki kadar rempah-rempah tinggi.

Baca juga : Liburan Saat Puasa, Kenapa Tidak? Perhatikan Saja 7 Hal Berikut Ini

4. Suara Azan

hal yang bikin kangen mudik 4

Mendengar azan di negara yang minoritas muslim merupakan hal yang luar biasa. Sebab, bagi sebagian orang di negara yang minoritas muslim sangat jarang dapat mendengarkan suara azan. Meskipun terdengar, namun jarak antara rumah dengan sumber azan agak jauh. Itu juga merupakan hal yang bikin kangen mudik, ingin rasanya mendengarkan azan setiap saat memasuki waktu salat.

5. Kumandang Takbir

hal yang bikin kangen mudik 3

Saat hari raya tiba, takbir merupakan tanda bahwa akan segera datang hari raya idul fitri. Hal tersebut akan Anda dengar di negara yang mayoritas muslim, namun jika di negara yang minoritas muslim sangat sulit untuk mendengar takbir. Oleh sebab itu, hal yang bikin kangen mudik adalah saat mendengarkan takbir berkumandang. Anda dapat menggunakan pemutar musik untuk memutar kumandang takbir. Sehingga akan membuat puasa Anda lebih terasa, meski sedih tidak dapat berkumpul dengan keluarga.

Itulah beberapa hal yang bikin kangen mudik ketika homsick melanda di negara orang. Memang hal seperti ini tidak dapat dihindarkan, apalagi jika Anda sudah lama tidak mudik. Suasana kebersamaan dengan keluarga menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu.