Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Hidangan Natal selalu memiliki kesan tersendiri bagi mereka yang merayakannya. Sama halnya saat merayakan hari raya Idul Fitri, makanan yang disajikan juga spesial. Seperti berikut ini ada hidangan Natal khas Indonesia yang selalu disajikan.

1. Ayam Rica-rica

hidangan-natal-01-ayam-rica-rica

Makanan ini adalah hidangan Natal khas Indonesia yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Kata ‘rica’ sendiri berasal dari bahasa Manado yang artinya pedas atau cabai. Ayam rica-rica biasanya disajikan dengan nasi yang ditaburi bawang goreng dan juga sudah dilengkapi dengan mentimun. Makanan yang sudah tersebar ke seluruh Indonesia ini memang  pas untuk hidangan Natal. Rasanya yang pedas membuat makanan ini yang selalu dinanti saat Natal.

Baca juga : 8 Makanan Natal Lezat dari Berbagai Belahan Dunia

2. Ayam Budu-budu

hidangan-natal-02-ayam-budu

Tidak hanya Manado aja yang memiliki hidangan Natal khas Indonesia, tapi Makasar juga memiliki hidangan spesial Natal. Ayam budu-budu merupakan jenis masakan khas Makasar yang biasanya disajikan saat Natal. Masakan Natal ini terdiri dari potongan ayam, air jeruk nipis, air asam Jawa, jahe, dan daun bawang. Makanan ini sangat nikmat jika disantap dengan nasi hangat. Hidangan yang diolah dengan rempah-rempah ini, menimbulkan aroma yang menggugah selera makan.

3. Ikan Kuah Kuning

hidangan-natal-03-ikan-kuah-kuning

Jika dua daerah itu memiliki hidangan Natal berbahan baku ayam, lain halnya dengan daerah Ambon. Hidangan Natal khas Indonesia yang berasal dari Ambon ini adalah ikan kuah kuning. Ikan yang dimasak bersama bumbu rempah-rempah Indonesia ini biasanya disajikan pedas dan disantap dengan papeda. Ikan yang dimasak biasanya ikan tuna atau ikan muba dengan campuran kunyit dan kapur. Kuahnya yang penuh dengan aneka rempah akan menimbulkan rasa segar namun tetap hangat di tengah acara berkumpul dengan keluarga.

4. Roast Chicken

Jenis hidangan Natal yang satu ini selalu menjadi makanan khas di penjuru dunia. Bahkan ada beberapa negara yang memasaknya dengan tambahan buah-buahan atau sekedar saos sebagai penyedap. Ayam ini memiliki tekstur yang lembut sebab, di dalamnya terdapat aneka rempah-rempah yang akan meningkatkan cita rasa dari masakan tersebut. Biasanya saat Natal tiba, mereka menyantapnya dengan didampingi kentang sebagai pengganti nasi, atau hanya di santap langsung.

5. Beef Roast

hidangan-natal-05-roast-beef

Ternyata beef roast bisa dibuat dari bagian lain. Anda dapat membuatnya dengan daging yang agak miring harganya dibandingkan dengan prime rib dari daging sapi. Seperti top blade roast, sirloin tip roast, termasuk beef brisket atau bagian punggung. Jenis hidangan ini menjadi populer saat Natal tiba. Anda dapat membalurkan daging dengan beragam jenis rempah-rempah untuk menambah rasa saat menyantapnya. Jika menginginkan tekstur daging yang lebih lembut dan empuk, Anda dapat menggunakan pengempuk daging secara alami. Seperti membungkusnya dengan daun pepaya selama 5 menit atau 10 menit lamanya. Setelah itu, panggang daging hingga mengeluarkan minyak yang harum dan dapat dijadikan campuran hidangan lainnya.

Baca juga : Indahnya Natal Jika Melakukan Beberapa Kegiatan Berikut Ini

6. Doro Wat

hidangan-natal-06-doro-wat

Doro wat adalah potongan daging ayam dan roti yang disajikan dalam mangkuk besar. Biasanya dikonsumsi oleh warga Ethiopia ketika Natal secara bersama-sama menggunakan tangan.

Itulah beberapa hidangan Natal yang selalu disajikan di meja makan. Bahkan, beberapa menu di atas juga disajikan di Indonesia. Bahan-bahan yang digunakan cenderung lebih mudah ditemukan di Indonesia. Sebentar lagi Natal tiba, sudahkah Anda mempersiapkan segala sesuatunya?