Momen Idul Fitri memang kerap dijadikan momen untuk saling bermaaf-maafan dan mempererat hubungan dengan sanak saudara ataupun kerabat. Namun, silaturahmi ternyata memiliki banyak manfaat lain selain manfaat yang disebutkan diatas. Apa sajakah itu?

1. Menjaga Kesehatan Mental

idul-fitri-silahturami-1

Seringkali seseorang akan berpikiran negatif akan suatu hal, tidak terkecuali perspektifnya kepada orang-orang disekitar. Padahal, berpikiran negatif membawa dampak buruk kepada diri sendiri. Tahukah anda, menurut penelitian, semakin seseorang berpikiran negatif, maka dapat menyebabkan masalah memori, pikiran buruk dan depresi. Selain itu, berpikir negatif terus-menerus juga dapat mengubah jaringan saraf otak, sehingga memudahkan kita untuk memikirkan lebih banyak pikiran negatif. Dengan bersilaturahmi, kita memiliki kesempatan untuk mengakrabkan diri dengan keluarga dan kerabat sehingga hubungan menjadi semakin erat dan menjauhkan kita dari pikiran-pikiran negatif.

2. Memperbaiki Komunikasi

idul-fitri-silahturami-3

Selama satu tahun, komunikasi yang dilakukan seseorang biasanya akan berubah dari waktu ke waktu. Seseorang dapat berubah menjadi lebih berkomunikasi dengan orang-orang tertentu dan disatu sisi akan lebih jarang berkomunikasi dengan yang lainnya. Momentum Idul Fitri yang terjadi setahun sekali akan menjadi kesempatan bagi kita untuk kembali menjalin komunikasi yang terputus. 

Iklan 1

3. Quality Time dengan Keluarga

idul-fitri-silahturami-2

Berapa lama anda menghabiskan waktu untuk bekerja? Seberapa sering anda menghabiskan waktu dengan keluarga anda? Seringkali, dalam setahun, kita tidak memiliki waktu untuk keluarga. Akhir pekan pun terisi dengan tidur siang dan belanja dengan teman. Padahal, di dalam keluarga, seringkali tanpa sadar kita meninggalkan orang tua kita untuk menghabiskan waktu sendirian dirumah. Atau, tanpa kita sadari, kakek nenek kita di kampung seringkali memikirkan anak cucu di kota. Jadikan idul fitri jadi moment quality time kamu dengan keluarga. Kamu dapat melakukannya sambil refreshing dari kehidupan kota sambil mengukir kenangan dengan keluarga. 

4. Menjaga Kerukunan

idul-fitri-silahturami-4

Pernahkan kamu kehilangan hubungan baik dengan seseorang dikarenakan kesalah pahaman? Atau, pernahkah kamu melihat seseorang yang dulunya memiliki hubungan yang baik dengan salah seorang teman, namun akhirnya hubungan tersebut rusak akibat suatu masalah? Di momentum idul fitri, kamu dapat menjaga kerukunan tersebut dengan cara bersilaturahmi. Kamu dapat mengirimkan ucapan hangat seperti menanyakan kabar, mengirimkan doa-doa harapan yang positif dan meminta maaf. Bila kamu merasa terlalu sulit untuk meminta maaf, kamu dapat mencobanya dengan mengirimkan kartu ucapan idul fitri sebagai pembuka. Memang, mengalah ataupun mengakui kesalahan kita adalah hal yang berat untuk dilakukan, namun mencoba lebih baik daripada tidak sama sekali bukan?

Iklan 2