Journal, dapat dikatakan sebagai buku harian, atau buku catatan kegiatan. Di dalam buku ini, Anda dapat menuliskan berbagai kegiatan dan rencana. Seperti kegiatan setiap hari yang telah dilalui, dan rencana untuk hari esok. Buku journal, memiliki banyak manfaat lainnya. Selain untuk mengetahui kegiatan, dapat menuangkan ide untuk mencoba diterapkan. Desain journal saat ini semakin bermacam-macam.

desain-journal-01
instagram.com

Sehingga bagi yang gemar menulis, desain gratitude journal yang cantik akan menambah semangat untuk mereka. Desain journal yang menarik, seperti desain sendiri dan direalisasikan akan menambah kesan tersendiri. Anda akan selalu melihat desain di journal dan merasakan yang berbeda. Sebab, desain itu Anda yang membuat sendiri dan dicetak menjadi nyata. Agar hasil maksimal, dapat mencari percetakan yang memahami konsep desain journal milik Anda.

Baca juga : Manfaat dan Fungsi Buku Agenda untuk Kehidupan Lebih Teratur

desain-journal-03
itsclaudiag.com

Jika tidak memiliki desain, Anda dapat mencarinya di internet dan mengaplikasikannya pada desain buku journal. Masing-masing halaman harus memiliki desain yang berbeda. Seperti pada halaman depan, Anda menyiapkan halaman kalender, kemudian halaman kegiatan, kemudian untuk halaman menulis. Pada halaman menulis, Anda dapat mendeskripsikan segala sesuatu yang menyenangkan.

desain-journal-02
instagram.com

Pada journal, Anda bebas mendeskripsikan apapun di dalamnya. Ekspresikan rasa bahagia bahkan sedih dan menceritakannya di buku. Menuliskan semua hal dalam buku, ternyata dapat menjadi solusi dan terhindar dari rasa stress. Ada beberapa orang yang menulis journal menjadi terapi untuk mereka. Sebab, mereka merasa menulis di buku menjadi hal yang menyenangkan tanpa harus malu untuk menceritakan.

desain-journal-06
pinterest.com

Anda dapat mencetak buku harian dengan foto pribadi. Pilih foto yang bagus untuk dijadikan sampul atau background buku harian. Bisa menjadikan foto sebagai pembatas antara halaman satu dengan yang lainnya. foto yang tepat seperti pemandangan, landscape, atau beberapa foto tanaman.

Anda dapat menjadikan buku journal atau agenda menjadi hadiah. Di Uprint.id tersedia agenda gift set untuk dijadikan hadiah. Anda dapat memberikannya sebagai souvenir untuk klien, atau kerabat dan sahabat.

Baca juga : 6 Alasan Pentingnya Mencatat Tujuan-Tujuan yang Ingin Kamu Capai

desain-journal-05
instagram.com

Memilih kertas yang digunakan juga harus dilakukan. Ada beberapa jenis kertas yang bagus untuk digunakan. Jenis kertas yang biasa dipakai berupa HVS, book paper, dan karton BW. Agar hasil maksimal, Anda dapat berdiskusi dengan pihak percetakan. Seperti di Uprint.id yang memberikan kebebasan kepada konsumen untuk diskusi tentang jenis bahan sebelum digunakan. Anda dapat bertanya lebih lanjut dengan customer service di Uprint.id. Di sana, Anda dapat mencetak buku agenda atau gratitude journal dengan personalisasi. Misalnya menambahkan nama pada bagian cover buku. Sehingga buku menjadi lebih berbeda.