Mendengar kalimat investasi, yang terbesit dari dalam pikiran adalah sebuah tabungan jangka panjang dan menguntungkan. Sudah pasti berkaitan dengan materi atau uang. Namun ternyata, tidak hanya itu saja investasi yang menguntungkan. Kamu bisa berinvestasi dengan keuntungan yang membuat bahagia. Jenis investasi apa itu? Seperti beberapa jenis investasi berikut ini yang bisa kamu coba, meski non materi.

1. Lingkungan yang Positif

investasi-non-materi-lingkungan-positif

Suasana lingkungan yang positif akan sangat menjadi investasi non materi paling berharga. Sebab, di situasi dan kondisi saat ini sangat sulit mendapatkan lingkungan yang positif. Setelah kamu menemukan dan mendapatkan situasi lingkungan yang positif, akan membuat diri lebih bahagia.

Baca juga : Jenis Investasi Bagi Pemula yang Perlu Dicoba dan Dilakukan

2. Memiliki Role Model

investasi-non-materi-role-model

Investasi non materi yang satu ini sangat jarang dimiliki. Ikuti kehidupan role model kamu yang memiliki sisi positif. Jika role model memiliki gaya hidup positif, akan memiliki dampak positif juga. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mengikuti beberapa kegiatan mereka. Disaat kamu stuck tapi mereka dapat melakukan, masa kamu tidak? Saat itulah jiwa semangat kamu kembali muncul.

3. Kesehatan Tubuh dan Mental yang Baik

investasi-non-materi-kesehatan-tubuh-dan-mental

Kesehatan tubuh dan mental yang sehat termasuk jenis investasi non materi paling berharga. Di saat kondisi cuaca yang kurang membaik, kesehatan paling penting untuk ditingkatkan. Kamu bisa mengkonsumsi vitamin, atau bahkan melakukan olahraga kecil di pagi hari. Setidaknya kamu menggerakan tubuh dan mencari vitamin dari matahari pagi.

4. Ilmu

investasi-non-materi-ilmu

Investasi non materi yang berharga lainnya adalah ilmu. Terutama ilmu pengetahuan, yang dapat kamu bagi kepada teman-teman atau bahkan orang lain. Bahkan kamu bisa mendapatkan pembelajaran dengan ilmu yang menarik lainnya. Bahkan, dari ilmu tersebut kamu akan mendapatkan ide, gagasan baru yang belum pernah diketahui.

Baca juga : 5 Manfaat Berinvestasi Sejak Dini yang Perlu Diketahui

5. Menjalani Hobi

investasi-non-materi-menjalani-hobi

Selain pekerjaan yang dijalani demi menunjang kebutuhan hidup, kamu sebaiknya memiliki hobi yang jika dijalankan dengan sepenuh hati maka akan menimbulkan kebahagiaan. Tak jarang, hobi tersebut malahan bisa menghasilkan materi.

Untuk itu jika saat ini kamu merasa belum mengerti hobi atau hal yang kamu sukai, maka tanyakan pada dirimu sendiri. Jangan sampai hidupmu terasa datar alias kamu hanya menjalankan apa yang diharuskan oleh lingkunganmu.

Nah investasi non materi tersebut setidaknya sudah kamu miliki mulai dari sekarang. Sebab kamu akan mendapatkan banyak keuntungan dari investasi tersebut. Pastikan, semua investasi dapat menguntungkan bagi diri kamu.