youth-active-jump-happy-40815

Harga diri merupakan senjata ampuh yang harus dimiliki oleh setiap wanita, karena di antara semua penilaian yang dibuat dalam hidup, tidak ada penilaian yang lebih penting daripada penilaian yang dibuat terhadap diri sendiri.

Banyak wanita yang berkata mereka memiliki harga diri tinggi, namun pada kenyataannya mereka takut akan apa yang orang lain pikirkan tentang mereka dan mudah terpengaruh oleh pendapat orang lain daripada apa yang mereka yakini akan diri mereka sendiri.

Hanya dengan menghargai diri sendiri dan memiliki kepercayaan diri, seorang wanita akan merasakan kebahagiaan. Apa saja karakteristik dari wanita dengan harga diri dan rasa percaya diri tinggi?

1. Mereka baik dan penuh kasih

pexels-photo (4)

Wanita yang menghargai dirinya sendiri baik dan penuh kasih. Mengapa? Karena mereka sudah memiliki citra diri dari dalam yang positif. Mereka sadar bahwa hubungan yang tidak baik atau beracun tidak akan berdampak baik bagi kehidupan mereka.

Mereka tidak akan bisa menjadi otentik menjalin hubungan yang buruk seperti itu. Hubungan yang baik dan sehat adalah hubungan yang saling mendukung satu sama lain, jika ada kritik pun, kritik tersebut adalah kritik yang membangun sehingga si wanita dan orang lain yang terlibat dalam hubungan tersebut bisa menjadi pribadi yang semakin baik lagi.


2. Mereka yakin akan kemampuan diri mereka sendiri

nature-person-red-woman

Karakteristik kedua dari wanita dengan harga diri dan rasa percaya diri tinggi adalah mereka memiliki keyakinan besar akan kemampuan yang mereka miliki. Mereka berbicara untuk diri mereka sendiri. Mereka berpegang teguh pada prinsip-prinsip yang mereka anggap benar, dan dapat dengan lantang menyuarakan pendapatnya tanpa takut terintimidasi.

“Tak ada yang bisa membuatmu merasa rendah tanpa persetujuanmu” – Eleanor Roosevelt

Namun pada saat yang sama, mereka terbuka terhadap pendapat dan pandangan orang lain. Mereka tidak merasa sebagai orang paling hebat sehingga berhak memaksakan kehendak dan memutuskan secara satu pihak.


3. Mereka menghormati diri sendiri dan juga orang lain

pexels-photo (5)

Tindakan menghormati merupakan salah satu bentuk menghargai. Oleh karenanya, wanita yang menghormati dirinya sendiri serta orang lain adalah wanita yang memiliki harga diri tinggi.

Mereka sadar bahwa untuk mendapatkan rasa hormat dan segan dari orang lain, mereka perlu menghormati orang lain terlebih dahulu.

Baca juga: Jadilah Wanita Kuat dan Mandiri Dengan Melakukan 8 Hal Ini


4. Mereka tahu jelas apa yang mereka inginkan dan butuhkan

sea-sunny-person-beach

Pada umumnya wanita dengan harga diri tinggi memiliki ide-ide yang jelas mengenai apa yang mereka inginkan dan butuhkan, dan dengan mudahnya mereka dapat memberitahukan kepada orang lain. Mereka sadar diri mereka berharga dan apa yang penting bagi mereka.

Mereka tidak membutuhkan persetujuan orang lain akan tindakan dan pilihan yang mereka ambil, mereka tahu apa yang terbaik untuk diri sendiri. Jika nantinya pilihan tersebut terbukti bukan merupakan pilihan terbaik, mereka bersedia menanggung konsekuensinya dan tidak menyalahkan situasi.

Tak hanya itu, mereka tidak memaksa orang lain untuk mengubah prinsip walaupun prinsip tersebut bertentangan dengan prinsip mereka.


5. Mereka berambisi besar dan memiliki tujuan dalam hidupnya

pexels-photo-101063

Wanita dengan harga diri tinggi cenderung memiliki ambisi lebih besar daripada wanita pada umumnya. Ekspektasi mereka lebih tinggi. Tujuan hidup mereka jelas, dan mereka akan berusaha keras untuk menggapai mimpi mereka.

“Faktor terkuat yang menjadi penentu keberhasilan seseorang adalah bagaimana orang tersebut menghargai dirinya sendiri dan memiliki rasa percaya diri tinggi”

Mereka memiliki tekad kuat seperti baja dan tak mudah menyerah saat kegagalan menghampiri. Mereka tidak takut akan tantangan dan akan menemukan cara mengatasi tantangan tersebut.

Artikel lain: Benar Kamu Mau Menikah Hanya Karena Sudah ‘Tua’? Lebih Baik Pikirkan Lagi Daripada Menyesal


6. Mereka adalah komunikator handal

women-on-wallstreet

Merupakan hal yang lumrah jika wanita dengan harga diri dan rasa percaya diri tinggi adalah komunikator yang handal. Pikiran mereka terbuka dan mereka bersedia mendengarkan pendapat orang lain. Mereka lebih banyak mendengarkan daripada berbicara. Mereka juga menghargai komunikasi dengan orang lain.

Saat mereka membutuhkan nasihat dan saran orang lain, mereka dapat dengan mudah menyampaikannya. Mereka lebih memilih menjadi efektif daripada menjadi benar. Selain itu, karena harga diri mereka tinggi, mereka tahu dengan pasti bagaimana menyampaikan apa yang mereka pikirkan dengan mudah dan lugas.


7. Mereka merawat diri mereka sendiri, baik secara fisik, emosional, mental dan spiritual

pexels-photo-110470

Mencintai diri sendiri merupakan salah satu tanda wanita yang menghargai dirinya sendiri, dan merawat diri dari segi fisik, emosional, mental dan spiritual menjadi salah satu cara yang paling nyata untuk mencintai diri sendiri.

Merawat diri sendiri secara fisik bisa dengan menjaga pola makan serta kebugaran tubuh dengan olahraga teratur. Merawat diri dari segi emosional, misalnya saja, dengan membuang jauh-jauh sesuatu yang sifatnya negatif. Secara mental, wanita dapat merawat diri dengan mempelajari hal-hal baru. Sementara secara spiritual, mereka biasanya bermeditasi, berdoa atau melakukan kegiatan lain yang menenangkan batin dan jiwa.