Setelah menyelesaikan pendidikan tinggi, yang harus dilakukan adalah melanjutkan kehidupan dengan mencari pekerjaan. Menjadi seorang pekerja yang baru tentu akan sangat menantang, terutama bagi mereka yang baru mulai mengenal dunia kerja. Selain mendapatkan teman baru, ketika Anda menjadi karyawan baru maka akan memiliki pembelajaran baru juga seperti, mengelola gaji, menghadapi atasan, bertemu dengan klien, bersosialisasi di lingkungan kerja, dan lain sebagainya. Maka tidak heran jika saat pertama kerja Anda masih belum dapat membedakan suasana saat sebelum bekerja dengan sudah bekerja. Seperti berikut ini sifat buruk yang harus dihindari oleh karyawan baru.

1. Tidak Berani Berinisiatif

Sifat seperti ini sering terjadi di kalangan karyawan baru. Terutama bagi mereka yang baru mengenal dunia pekerjaan. Rasa takut akan melakukan kesalahan kerap kali menghantui karyawan baru. Misalnya saat mereka ingin melakukan sesuatu kerap kali takut untuk melakukannya. Sifat seperti ini, sebaiknya harus Anda hindari jika tidak ingin membatasi diri dalam lingkungan kerja.

Baca juga : Beginilah Suasana Kantor yang Diinginkan Generasi Z dan Ternyata Baik untuk Kinerja Karyawan

2. Terlalu Sering Mengobrol

karyawan-baru-02

Tidak jarang seorang karyawan yang mengistirahatkan diri dengan saling mengobrol. Namun ini akan menjadi sifat buruk ketika Anda sebagai karyawan baru terlalu sering berbicara dengan teman lainnya. Untuk itu, Anda harus menghindari sifat buruk ini agar penilaian teman-teman serta atasan terhadap kinerja pekerjaan.

3. Boros di Awal Bulan

karyawan-baru-03

Berhasil menghasilkan uang sendiri seringkali menjadikan diri ini ingin membeli banyak hal. Mulai dari sesuatu yang penting hingga tidak penting. Terutama bagi karyawan baru yang baru saja merasakan gaji pertama mereka. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan alangkah baiknya Anda sebagai karyawan baru untuk menghindari hal seperti ini. Selain dapat mengacaukan keuangan, jika dilakukan secara berkelanjutan akan membuat Anda merasakan kerugian dalam banyak hal.

4. Main Ponsel Terlalu Lama

Sebagai seorang karyawan tugas utama yang harus dilakukan adalah menyelesaikan pekerjaan. Anda boleh bermain ponsel hanya saja harus menyesuaikan dengan waktu. Misalnya Anda harus membuka ponsel selama beberapa menit saja, kemudian kembali bekerja. Jika Anda berlama-lama dalam menatap ponsel akan banyak waktu yang terbuang dan tidak menghasilkan apapun. Hal ini juga termasuk ketika Anda hendak mencari ide pekerjaan. Buatlah waktu sesingkat mungkin untuk sekedar bersantai mencari ide.

Baca juga : Persiapan Bagi Fresh Graduate yang Harus Disiapkan Saat Mulai Bekerja

5. Belum Bisa Membedakan Pakaian Formal dan Non Formal

karyawan-baru-05

Masing-masing perusahaan memiliki etika dalam berpakaian. Tidak jarang ada beberapa perusahaan yang menentukan cara berpakaian secara non formal seperti kaos berkerah serta celana jeans. Ada juga perusahaan yang mengharuskan karyawannya menggunakan pakaian formal berupa kemeja dan celana bahan. Biasanya ini dilakukan oleh perusahaan besar dan selalu berinteraksi dengan klien.

Itulah beberapa sifat buruk yang harus dihindari oleh karyawan baru. Pastikan Anda tidak memiliki ciri-ciri seperti berikut ini, agar dapat dinilai baik oleh atasan dan teman-teman. Termasuk demi kenyamanan diri Anda sendiri di perusahaan.