Seperti hari raya lain, hari raya Idul Fitri pasti memiliki kue khas yang identik dengan momen tersebut. Kue kering hari raya Idul Fitri memiliki banyak jenis dengan bentuk dan cita rasa yang berbeda-beda juga. Diantara kue kering tersebut, terdapat kue yang dianggap paling hits atau paling mewakili moment Idul Fitri. Nah, kira-kira kue kering favoritmu termasuk nomor berapa nih?

10. Kue Lidah Kucing

kue lidah kucing
sumber : selerasa.com

Kue Lidah Kucing adalah kue kering yang berasal dari Belanda. Kue ini memiliki cita rasa gurih dan manis. Dinamakan “kue lidah kucing” dikarenakan bentuknya yang menyerupai lidah kucing. Kue ini biasa hadir di moment-moment hari raya seperti Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru Imlek. Bahan utama pembuatan kue ini adalah putih telur, essence vanila dan susu bubuk.

9. Kue Sus Kering

Kue Sus Kering
sumber : keeprecipes

Bahan kue sus kering adalah tepung terigu. Tepung terigu yang punya kadar protein cukup ini memang sering dijadikan bahan dasar kue-kue enak. Biar kue sus jadi renyah dan gurih, perlu perhatian khusus di baking powder dan keju yang dipakai.

8. Kue Spekuk

Kue Spekuk
sumber : kukakuki025.blogspot

Kue Spekuk adalah kue kering yang dibuat dengan campuran bumbu spekuk. Bumbu Spekuk adalah bumbu yang berisi campuran kayu manis bubuk, cengkeh bubuk, bunga pala bubuk, dan kapulaga bubuk. Campuran keempat jenis rempah ini menghasilkan aroma harum yang sangat khas.

7. Pastel Isi Abon

Pastel Isi Abon
sumber : beepdo

Pastel menjadi salah satu camilan populer yang digemari banyak orang. Teksturnya renyah dan memiliki isi sayuran atau daging. Pastel Isi Abon adalah kue kering yang mengadaptasi bentuk kue pastel yang lebih besar. Resep Pastel Isi Abon juga tidak terlalu memerlukan banyak alat alat masak seperti kalau kita membuat kue kering lebaran yang lain.

6. Kue Egg Roll

Egg Roll
sumber : tribunnews

Egg roll merupakan kue kering yang berbentuk bulat memanjang seperti sebuah cerutu. Kue ini berasal dari negeri Tiongkok dan biasanya dibuat dengan bahan-bahan seperti terigu, mentega, gula dan telur ayam.

5. Kue Gabus Keju

Kue Gabus Keju
sumber : cookpad

Camilan ini berbahan dasar adonan telur dan tepung sagu atau tapioka. Ketika dimakan, teksturnya renyah mirip dan bercita rasa gurih asin. Banyak yang sudah tahu wujudnya namun tidak tahu bahwa nama makanan ini adalah telur gabus.

Iklan 1

4. Kue Semprit Garut

Kue Semprit Garut

Kue Semprit Garut adalah kue kering yang terbuat dari gula halus, kuning telur, mentega, vanili, santan rebus, tepung garut sangrai dan maizena. Kue ini bernama semprit karena dicetak menggunakan sebuah alat dimana adonan dimasukkan ke dalam sebuah tabung kayu yang memiliki lubang cetakan disalah satu mulutnya.

3. Putri Salju

Kue Putri Salju

Kue Putri Salju adalah kue kering yang ditaburi gula manis diatasnya. Teksturnya yang renyah dan manis membuatnya seringkali menjadi favorit anak-anak. Dinamakan kue putri salju dikarenakan bentuknya yang seperti diselimuti salju.

2. Kastengel

Kastengel

Kastengel adalah kue kering yang terasa gurih dan identik dengan taburan keju diatasnya. Kastengel biasa disajikan berdampingan bersama dengan kue-kue kering lainnya.

1. Nastar

Nastar cookies
Nastar cookies

Ini dia jawara kue kering Hari Raya Idul Fitri! Kue Nastar adalah kue yang berisi selai nanas. Aroma kue nastar yang khas selalu menghiasi rumah-rumah umat muslim ketika hari raya Idul Fitri tiba. Kue ini bertekstur sedikit basah. 

Itu dia tadi kue kering yang hits dan identik dengan hari raya. Nah, kue favoritmu nomor berapa nih?