Berada di ujung utara pulau Sumatera, Aceh menjadi salah satu kota di Indonesia yang kaya akan kuliner tradisionalnya. Kuliner di Serambi Mekah ini banyak dipengaruhi cita rasa Melayu yang sangat akrab di lidah orang Indonesia. Jika Anda sedang berencana untuk berlibur ke Aceh jangan lupa untuk mencicipi ragam kuliner di sana. Seperti berikut ini kuliner khas Aceh yang harus dicicipi selama berada di sana.

1. Mie Aceh

kuliner-khas-aceh-01

Jangan lupa untuk kuliner khas Aceh yang harus dicoba pertama kali, yaitu mie Aceh. Rasanya yang unik dan menyegarkan membuat kuliner ini selalu diburu oleh rasa penasaran pemburu kuliner.

Baca juga : Wajib Dicoba Kuliner Khas Belitung Kebanggaan Para Laskar Pelangi Ini

2. Asoe Kaya

kuliner-khas-aceh-08

Tidak ada yang dapat menolak kelezatan Asoe Kaya yang terbuat dari putih telur, gula, dan daun pandan ini. Kuliner khas Aceh yang satu ini juga jangan pernah terlewatkan. Rasanya yang nikmat, akan membuat Anda ketagihan dan tidak cukup untuk mencicipinya hanya sekali.

3. Halwa

kuliner-khas-aceh-03

Makanan yang satu ini hampir menyerupai dodol, baik dari segi rasa maupun warnanya. Namun memiliki tekstur yang kasar karena terbuat dari beras ketan yang ditumbuk kasar. Sensasi unik dari makanan khas Aceh ini justru didapat dari butiran-butiran kasar dalam halwa. Tidak hanya itu saja, tekstur kasar yang terdapat dalam halwa dikarenakan adanya parutan kelapa yang semakin menambah rasa dalam halwa.

4. Leumpeng

kuliner-khas-aceh-04

Jajanan pasar ini lumer di mulut deh. Parutan kelapa dan gula menyatu jadi komposisi yang pas. Kudapan berbahan tepung beras ketan ini serupa timphan, bedanya leumpeng berbentuk sedikit tipis. Adonan leumpeng dibalut dengan daun pisang setelah diisi kelapa parut campur gula kemudian dipanggang. Rasanya kenyal manis dengan aroma wangi khas daun pisang. Makanan khas Aceh yang satu ini jangan pernah terlewatkan. Rasanya yang manis semakin menambah cita rasa kudapan ini.

5. Lapek Sage

kuliner-khas-aceh-07

Jika dilihat sekilas, makanan khas Aceh ini sama seperti kue pisang yang terbuat dari beras ketan dan dalamnya diisi dengan pisang. Makanan ini termasuk jenis kudapan yang selalu menjadi pelengkap untuk cemilan di pagi atau sore hari. Terutama saat berkumpul bersama di teras sekitar rumah. Rasanya yang manis selalu disukai oleh anak-anak.

6. Lembai Bungong Putek

kuliner-khas-aceh-05

Kalau daerah lainnya ini sering disebut sebagai sambal bunga pepaya. Meski rasanya agak pahit, tapi kaya akan nutrisi. Makanan khas Aceh yang satu ini biasanya dikonsumsi bersamaan dengan nasi panas. Sehingga sambal bunga pepaya ini lebih terasa nikmat meski rasanya pahit.

Baca juga : 10 Tempat Kuliner Enak dan Murah di Jakarta. Perlu Dicoba Nih!

7. Ayam Pramugari

kuliner-khas-aceh-06

Kenikmatan ayam kampung yang telah dibumbui, kemudian digoreng dengan daun temurui dan daun pandan ini memang tidak terbantahkan. Biasanya makanan khas Aceh ini disantap dengan nasi panas yang ditambah dengan beberapa menu lainnya sehingga, menambah kenikmatan tersendiri.

Itulah beberapa makanan khas Aceh yang dapat Anda cicipi selama berada di sana. Ada banyak jenis makanan lagi yang sayang untuk dilewatkan. Terutama jika makanan ini tidak pernah ada atau hanya ada di saat tertentu saja.