Bulan suci Ramadhan telah tiba, saatnya umat Muslim kembali menunaikan ibadah puasa. Kurma pun dapat kita jumpai di mana-mana. Mengapa? Karena kurma memang identik dengan bulan puasa. Kurma merupakan buah yang dianjurkan sebagai salah satu makanan untuk disantap saat berbuka puasa. Alasannya? Karena rasanya yang manis tentu kurma akan menjadi pengganti sumber tenaga yang berkurang setelah menjalani puasa seharian. Selain sebagai sumber tenaga, buah yang masih belum diketahui dari mana asal usul pastinya ini juga memiliki rasa yang begitu lezat sehingga sangatlah pantas jika kurma menjadi salah satu makanan favorit untuk berbuka puasa. Lebih lanjut, bila menyantap kurma saat berbuka, perut akan menjadi lebih cepat kenyang sehingga porsi makanan yang masuk ke dalam tubuh akan menjadi lebih sedikit.

kurma 1

Namun apakah Anda tahu bahwa selain rasanya yang nikmat dan manis, kurma ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia? Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Kurma merupakan buah yang kaya akan serat dan mudah untuk dicerna sehingga menyantap buah kurma akan bermanfaat baik untuk pencernaan.

Kurma juga dapat membantu menyeimbangkan tingkat keasaman darah. Saat berbuka puasa, tingkat keasaman darah memiliki kecenderungan untuk meningkat. Hal ini disebabkan oleh konsumsi karbohidrat dan daging sebagai menu utama berbuka. Akan lebih baik apabila Anda menyantap kurma terlebih dahulu saat berbuka.

Jika dikonsumsi secara teratur, kurma dapat meminimalisir risiko terkena penyakit jantung, kanker dan stroke.

Mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa dan secara teratur dalam kehidupan sehari-hari memang memiliki manfaat-manfaat positif bagi tubuh. Namun, janganlah menyantap kurma secara berlebihan karena bagaimanapun juga sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik.

cetak kartu lebaran