Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Mendengar bulan Agustus, yang teringat adalah ragam perlombaan menarik lainnya. Memang pada tanggal 17 Agustus diperingati sebagai hari kemerdekaan. Nah untuk memeriahkannya, di beberapa daerah  merayakan dengan ragam perlombaan. Ada yang masih ingat dengan beberapa lomba? Seperti berikut ini.

1. Balap Karung

lomba-17-agustus-balap-karung

Lomba 17 agustus yang menjadi ciri khas pertama adalah balap karung. Perlombaan ini, dilakukan oleh semua usia yaitu anak-anak hingga orang dewasa. Cara melakukan lomba ini adalah, melompat dengan menggunakan karung secara bersamaan. Rute yang digunakan juga tidak terlalu panjang, namun durasi yang dilakukan sekitar dua kali bolak-balik. Tidak sedikit perlombaan ini menjadi hiburan para penonton.

Baca juga : Film Terbaru 2019 yang Wajib Ditonton

2. Panjat Pinang

lomba-17-agustus-panjat-pinang

Perlombaan yang menjadi ciri khas lainnya adalah panjat pinang. Sebuah aktivitas lomba yang menggunakan batang pohon pinang ini, memberikan filosofi tersendiri. Gotong royong menjadi filosofi dari panjat pinang ini. Sebab, tenaga semua peserta dikerahkan untuk mencapai satu tujuan. Ada ragam pilihan hadiah yang ditawarkan, mulai dari barang-barang elektronik hingga uang tunai. Semua hadiah diletakan pada puncak batang pinang, tentunya hanya sebagai simbolis. Jadi jangan khawatir jika barang-barang tersebut jatuh.

3. Menusuk Balon

Lomba 17 agustus yang menghibur lainnya adalah memecahkan balon dengan mata tertutup. Permainan ini melatih kepekaan setiap benda di sekeliling peserta. Agar balon menjadi lebih berat, biasanya akan diisi dengan tepung atau air. Biasanya lomba ini diikuti oleh kelompok anak-anak.

4. Memasukan Paku Dalam Botol

lomba-17-agustus-memasukan-paku-ke-dalam-botol

Lomba ini membutuhkan konsentrasi, tidak banyak yang dapat memasukan paku dengan cepat ke dalam botol. Cara mengikuti lomba ini adalah para peserta menggunakan ikat pinggang terbuat dari tali beserta paku yang sudah menggantung. Untuk memasukan paku ke dalam botol, peserta harus setengah berdiri atau jongkok. Namun tidak semudah itu, para peserta harus berlari menghampiri botol yang ada garis finish.

5. Makan Kerupuk

lomba-17-agustus-makan-kerupuk

Lomba berikutnya adalah, makan kerupuk. Caranya adalah dengan menggantung kerupuk dengan tali yang disesuaikan ukuran tinggi badan peserta. Setelah itu, tangan peserta harus berada di belakang punggung, dan makan kerupuk hanya memanfaatkan mulut saja.

6. Tarik Tambang

lomba-17-agustus-tarik-tambang

Hingga saat ini tarik tambang masih dilakukan. Sebab tidak terlalu membahayakan, berbeda dengan panjat pinang. Biasanya tarik tambang ini dilakukan di tanah yang memiliki rumput tebal atau di tanah yang gembur. Sehingga pada saat jatuh tidak ada yang terluka.

Baca juga : Membuat dan Mencetak Id Card Panitia Secara Online

7. Membawa Kelereng dengan Sendok

lomba-17-agustus-membawa-kelereng

Lomba 17 agustus yang menjadi favorit adalah, membawa kelereng dengan sendok. Perlombaan yang satu ini sangat digemari dan salah satu ciri khas setiap tanggal 17 agustus. Biasanya peserta lomba adalah anak-anak kecil. Peserta harus menggigit gagang ujung sendok dan diberikan kelereng di atas sendok tersebut. Namun tidak hanya membawa kelereng saja, melainkan harus berjalan sesuai dengan rute yang sudah ditentukan.

Itulah beberapa lomba 17 agustus yang selalu mengingatkan masa kecil. Masih ingat gak lomba yang Anda ikuti saat itu?