Tinggal menghitung hari, seluruh umat muslim akan menghadapi bulan ramadhan. Pada saat ramadhan tiba, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Banyak manfaat yang didapat ketika Anda mengikuti puasa selama sebulan untuk kesehatan. Seperti, membantu pencernaan kembali sehat, mengembalikan stabilitas kondisi tubuh, dan lain sebagainya. Tidak hanya menarik dari sudut kesehatannya saja, melainkan ragam makanan dan minuman khas ramadhan yang mudah ditemui saat bulan puasa tiba. Seperti berikut ini beberapa makanan dan minuman yang mudah ditemui saat bulan puasa tiba.

1. Es Blewah

makanan-dan-minuman-khas-ramadhan-es-blewah

Siapa yang tidak tahu dengan es blewah? Ya, es dengan campuran buah blewah ini selalu menjadi minuman yang selalu dicari dan disajikan saat bulan puasa tiba. Biasanya es ini juga dicampur dengan sirup sebagai tambahan rasa dan pewarna pada minuman. Akan menambah nikmatnya es jika dicampur dengan ragam topping lainnya misalnya biji selasih, agar-agar, buah leci, serta perasan air jeruk nipis atau lemon. Rasa asam manis akan menjadi perpaduan yang menyegarkan.

Baca juga : Meriahkan Hari Raya Lebaran dengan Kartu Ucapan Lebaran. Cetak Sekarang!

2. Kolak

Makanan dan minuman khas ramadhan lainnya adalah kudapan manis yang biasa disebut kolak. Jenis makanan ini biasanya disajikan dalam keadaan hangat, sehingga saat berbuka puasa tubuh dapat menyesuaikan suhu makanan. Kolak ini memiliki isian seperti pisang rebus, kolang kaling, ubi, atau bahkan singkong. Makanan disajikan dengan kuah santan sehingga menghasilkan rasa gurih dan manis dalam satu sajian. Makanan yang satu ini selalu hadir menemani berbuka puasa.

3. Es Campur

makanan-dan-minuman-khas-ramadhan-es-campur

Jenis minuman yang satu ini, memang identik dengan suasana berbuka saat bulan ramadhan tiba. Segarnya es dengan campuran buah-buahan serta topping lainnya, akan dapat menambah kesegaran setelah seharian berpuasa. Buah akan menambah stamina sehingga, tubuh yang kekurangan asupan selama seharian akan kembali pulih setelah mengkonsumsi buah-buahan dalam es campur.

4. Kue Kering

makanan-dan-minuman-khas-ramadhan-kue-kering

Tidak dipungkiri lagi, mencari kue kering di luar bulan puasa cenderung lebih sulit daripada saat bulan puasa tiba. Sebab, makanan ini hanya tersedia pada saat bulan puasa. Meski di luar bulan ramadhan, ada juga yang menjualnya namun sensasinya berbeda. Makanan yang tersedia pada saat bulan ramadhan cenderung memiliki rasa tersendiri.

5. Es Temulawak atau Kunyit Asam

makanan-dan-minuman-khas-ramadhan-es-kunyit-asam

Sebagian orang di daerah mungkin tidak asing dengan minuman segar yang satu ini. Biasa orang menyebutnya sinom. Es dengan bahan dasar kunyit asam dan campuran kayu manis ini memiliki rasa yang segar. Sangat cocok jika diminum saat berbuka puasa. Biasanya dikonsumsi dalam keadaan dingin atau hangat.

Baca juga : Agar Tidak Lemas Selama Berpuasa, Jangan Lakukan Hal Ini

6. Kurma

Jenis makanan atau kudapan berbuka yang satu ini juga semakin mudah ditemukan. Buah dengan kandungan yang baik bagi tubuh ini sangat cocok dijadikan kudapan teman berbuka. Biasanya, dikonsumsi dengan teh hangat agar lebih menambah nikmatnya berbuka. Tidak sedikit orang yang mengkonsumsi kurma karena memiliki khasiat baik dan menambah stamina.

Itulah beberapa makanan dan minuman khas ramadhan yang sangat mudah ditemui pada saat bulan puasa tiba. Anda juga dapat mencari jajanan lain yang sulit ditemui di pedagang kaki lima pada saat bulan puasa tiba.