Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Peduli kesehatan harus disadari sejak dini, termasuk kesehatan jantung. Saat ini, tidak sedikit orang yang mengidap penyakit jantung. Bahkan penyakit ini dapat dialami oleh anak-anak muda, dan ini sangatlah disayangkan. Sebab, masa-masa muda haruslah menjadi generasi yang memiliki banyak manfaat, ide, serta gagasan untuk kemajuan generasi selanjutnya. Untuk itu, sebaiknya Anda mulai menyadari akan kesehatan jantung dengan memulai pola makan sehat. Seperti beberapa makanan penunjang kesehatan jantung berikut ini.

1. Ikan Salmon

manfaat-ikan-salmon-sumber-vitamin-dan-mineral

Jenis ikan yang satu ini memiliki banyak vitamin yang berguna bagi tubuh. Diantaranya adanya kandungan vitamin B12, asam lemak omega 3, kalium, dan beberapa kandungan nutrisi penting lainnya. Kandungan asam lemak omega 3 yang digabungkan dengan kalium, memiliki peran penting pada kesehatan jantung. Adanya beberapa kandungan yang terdapat dalam ikan salmon, akan mengurangi peradangan arteri, menurunkan kadar kolesterol jahat, hingga menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi ikan salmon secara rutin, dapat menurunkan kondisi medis yang berhubungan dengan kesehatan jantung. Penyakit tersebut seperti aritmia, stroke, dan tekanan darah tinggi.

2. Tomat

kesehatan-jantung-tomat

Kandungan lycopene yang terdapat dalam tomat, ternyata dapat meningkatkan kondisi kesehatan jantung. Sebab, makanan yang mengandung lycopene tinggi akan meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Bahkan mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung lycopene tinggi, dapat menurunkan resiko penyakit stroke dan jantung.

3. Kacang Kenari

kesehatan-jantung-kacang-kenari

Jika selama ini penderita jantung tidak diperbolehkan mengkonsumsi kacang karena kadar lemak yang tinggi. Berbeda dengan kacang kenari yang justru baik untuk kesehatan jantung. Kacang kenari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sebanyak 16% dan dapat menurunkan tekanan darah hingga 2-3 mm Hg. Jika Anda rutin mengkonsumsi kacang kenari, maka kesehatan jantung akan semakin terjaga. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda menjadikan kacang kenari sebagai cemilan sehat yang menyehatkan jantung.

4. Sayuran Hijau

kesehatan-jantung-sayuran-hijau

Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa sayuran hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, sayuran hijau juga baik untuk kesehatan jantung. Anda dapat mengkonsumsi sayuran hijau yang memiliki ragam vitamin, mineral, antioksidan, dan sumber vitamin K yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan tubuh. Jenis sayuran hijau yang memiliki ragam manfaat untuk kesehatan jantung antara lain, bayam, sawi, dan kangkung. Akan lebih baik lagi, jika Anda mengkonsumsi sayuran tersebut dengan dijadikan sebagai minuman. Anda dapat mengolah sayuran menjadi jus yang dapat dikonsumsi setiap hari. Selain bagus dan baik untuk kesehatan jantung, minum jus sayur dapat mengurangi kekusaman pada kulit, dan mengembalikan peremajaan kulit.

 5. Beras Merah

Dibandingkan dengan beras biasa atau beras putih, Anda akan mendapatkan kesehatan lebih jika mengkonsumsi beras merah. Kandungan nutrisi, mineral, dan serat yang baik untuk kesehatan jantung dan tubuh. Selain itu, kandungan anthocyanin pada beras merah terbukti dapat mencegah penyakit jantung dan memiliki sifat anti inflamasi (peradangan). Seseorang yang menderita penyakit jantung, obesitas dan diabetes, disarankan untuk mengganti beras putih dengan beras merah sebagai makanan utamanya, karena beras merah aman untuk dikonsumsi oleh penderita tiga penyakit tersebut.

6. Alpukat

Buah yang satu ini ternyata dapat menunjang kesehatan jantung. Sebab, alpukat memiliki kandungan lemak tidak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Alpukat, juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang merupakan penyebab utama penyakit jantung.

Itulah makanan penunjang kesehatan jantung yang perlu diketahui dan dikonsumsi demi kesehatan. Bahkan, Anda dapat juga mengkonsumsi minuman sehat yang berasal dari sayuran hijau. Selain untuk jantung, hal ini akan lebih baik bagi kesehatan kulit. Terutama kulit wajah yang dapat Anda rasakan perbedaan setelah rutin mengkonsumsi jus sayur secara rutin.