Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Kimchi adalah jenis sayuran yang difermentasi hingga menjadi sebuah acar. Makanan khas negeri gingseng ini, selalu menjadi menu utama untuk dijadikan lauk. Bahkan di setiap drama Korea, kimchi selalu menjadi sajian yang menggiurkan. Jika Anda ingin mencicipi sajian kimchi tidak perlu jauh-jauh ke Korea. Sebab, di Indonesia sudah banyak restoran Korea yang menyajikan menu ini. Namun sebelum Anda mengkonsumsi kimchi, coba simak manfaat kimchi berikut ini.

1. Melancarkan Pencernaan

manfaat-kimchi-03

Siapa sangka, ternyata mengkonsumsi kimchi secara teratur dapat membuat pencernaan semakin membaik. Sebab, sayuran ini memiliki banyak serat yang dapat membantu sistem pencernaan dalam mencerna makanan. Jika Anda sedang mengalami fase sembelit, tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi sayuran atau kimchi seperti ini.

Baca juga : Jenis Makanan di Drama Korea yang Sering Dijumpai. Ada yang Pernah Mencobanya?

2. Menurunkan Kolesterol

manfaat-kimchi-04

Selain melancarkan pencernaan, kimchi juga dapat mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Salah satu bahan dalam olahan kimchi adalah bawang putih yang mengandung allicin dan selenium. Kedua kandungan tersebut dapat mencegah potensi stroke. Oleh sebab itu, mengkonsumsi kimchi dalam kurun waktu yang berulang tidak masalah. Sebab kimchi dapat menyehatkan tubuh, terutama bagi Anda yang mengidap penyakit kolesterol. Cobalah untuk sering-sering mengkonsumsi sayuran seperti kimchi ini. Konsumsilah secara rutin jika ingin mendapatkan khasiatnya.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kimchi mengandung serat yang tinggi dan kalori yang rendah. Oleh karena itu, mengkonsumsi kimchi dalam jumlah banyak tidak akan membuat perut buncit. Kandungan bakteri baik dalam kimchi juga dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Namun jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya tidak hanya terus mengkonsumsi kimchi. Melainkan Anda harus mengimbanginya dengan berolahraga dan menjaga pola makan.

4. Baik untuk Kesehatan Kulit

Karena kimchi terbuat dari sayuran, ini akan berdampak baik bagi kesehatan kulit. Terutama jika Anda sering atau rutin mengkonsumsinya. Oleh sebab itu, tidak jarang orang Korea memiliki kulit yang mulus serta bersih. Sebab mereka tidak pernah lupa untuk mengkonsumsi sayuran kimchi ini. Manfaat kimchi yang satu ini sudah pasti menjadi incaran. Segala sesuatu yang berhubungan dengan kulit, sudah pasti menyita perhatian umum.

Baca juga : 7 Drama Korea Berlatar Sejarah Ini Pernah Booming Di Masanya. Mana Nih Favoritmu?

5. Memberikan Sumber Bakteri Baik bagi Tubuh

Manfaat kimchi lainnya adalah, dapat memberikan bakteri baik bagi tubuh. Hal ini disebabkan oleh hasil fermentasi yang sudah disiapkan untuk beberapa waktu lamanya. Tidak heran jika kimchi mengandung bakteri baik atau probiotik yang tinggi. Probiotik tersebut membantu menjaga tubuh tetap sehat dan melawan berbagai macam infeksi. Tidak hanya itu, kimchi juga mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu memperlancar aliran darah. Bisa juga meningkatkan sistem imun tubuh dan meningkatkan pertumbuhan otot.

Itulah beberapa manfaat kimchi yang perlu diketahui sebelum menolaknya. Rasanya yang segar dan cocok di lidah ini akan menjadi obat nafsu makan bagi yang mengkonsumsinya. Maka tidak heran jika warga negara Korea selalu lahap ketika sedang mengkonsumsi sesuatu. Anda dapat mencobanya untuk menambah nafsu makan.