Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Timun suri, selalu menjadi bahan utama dalam membuat minuman segar di saat bulan ramadan tiba. Tidak sedikit orang yang yang memanfaatkan timun suri sebagai topping dalam pembuatan es campur atau bahkan es buah. Bahkan ada sebagian orang yang membuat es hanya menggunakan buah timun suri saja. Rasanya yang segar dan adem membuat buah ini sangat cocok dijadikan pereda dahaga setelah seharian berpuasa.

Tidak banyak orang yang mengetahui manfaat timun suri bagi kesehatan tubuh. Terutama saat ramadan tiba, timun suri dapat membantu menyegarkan dan menjaga suhu tubuh. Seperti berikut ini manfaat timun suri si primadona saat ramadan tiba.

1. Menjaga Kesehatan Mata

Siapa sangka, si primadona ramadan ini bisa menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang terdapat dalam timun suri dapat membuat mata lebih sehat dan segar. Selain itu, kandungan asam askorbat dan asam caffeic berperan penting untuk menurunkan tingkat retensi air dan dapat mengurangi pembengkakan mata. Mengkonsumsi buah timun suri ini sangat cocok ketika Anda mengalami penglihatan buram atau bahkan saat iritasi dapat mencoba buah ini. Anda dapat membuatnya seperti jus, atau bahkan sebagai campuran minuman lainnya.

Baca juga : Tradisi Unik Menyambut Ramadan dari Berbagai Kota di Indonesia

2. Baik Bagi Penderita Diabetes

manfaat-timun-suri-baik-bagi-penderita-diabetes

Seperti yang diketahui, bahwa penderita diabetes tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kadar gula tinggi. Bahkan ada beberapa buah yang boleh dikonsumsi penderita diabetes. Salah satu buah itu adalah timun suri. Jenis buah yang satu ini sangat baik bagi penderita diabetes. Kandungan karbohidrat yang kompleks berfungsi menaikkan gula darah secara perlahan. Sehingga, lonjakan gula darah bisa dihindari, terutama pada penderita diabetes yang sedang berpuasa. Untuk itu, bagi Anda penderita diabetes jangan khawatir ketika ingin mengkonsumsi buah timun suri. Selain rasanya yang segar, ternyata memiliki ragam manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

3. Memperlancar Pencernaan

manfaat-timun-suri-menjaga-pencernaan

Selama berpuasa pada bulan ramadan, pencernaan suda pasti akan mengalami gangguan. Terutama pada bagian sistem pencernaan yang kurang baik, hingga mengakibatkan konstipasi atau sembelit. Untuk itu dianjurkan selama berpuasa, Anda mengkonsumsi banyak sayuran atau buah. Seperti buah timun suri yang satu ini. Sangat baik untuk pencernaan karena mengandung air dan serat yang baik untuk sistem pencernaan.

4. Mengontrol Kolesterol

Manfaat timun suri berikutnya adalah kemampuannya menjaga tingkat kolesterol di dalam tubuh. Sementara itu, kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan ketika berbuka puasa bisa memicu penumpukan kolesterol di dalam tubuh. Timun suri dapat mengontrol kolesterol karena memiliki kandungan potasium, saponin, dan magnesium dalam timun suri bisa mengontrol kolesterol dalam tubuh Anda.

Baca juga : 5 Makanan Sunnah Lain di Bulan Ramadan yang Harus Dicoba Selain Kurma

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Saat Anda menjalani puasa selama bulan ramadan, kulit lebih cenderung cepat kering. Selain Anda memberikan perlindungan dari luar dengan menggunakan lotion, yang harus dilakukan adalah mengkonsumsi buah-buahan seperti timun suri ini. Buah timun suri ternyata dapat menjaga kesehatan kulit sehingga, menghasilkan tekstur kulit lembab dan pencegah penuaan dini. Selain itu, zat antioksidannya juga mampu melawan radikal bebas yang merusak sel-sel di dalam tubuh.

Itulah manfaat timun suri yang menjadi primadona saat ramadan tiba. Banyak hidangan yang dapat Anda kreasikan dengan timun suri. Seperti es timun suri, hingga hidangan lain semacam puding dan lain sebagainya. Anda dapat memanfaatkan timun suri sebagai topping makanan lainnya. Selain segar, timun suri ini memiliki ragam manfaat yang baik untuk tubuh. Terutama saat bulan puasa tiba.