Akhir pekan selalu menjadi hari yang diistimewakan. Sebab, akhir pekan memiliki banyak waktu untuk melakukan aktivitas yang sebelumnya belum bisa dilakukan. Misalnya olahraga, bermain dan berkumpul dengan keluarga, serta kegiatan lainnya. Bahkan, Anda juga bisa merasakan dan mengunjungi museum kekinian seperti berikut ini.

1. Haluu World

museum-kekinian-haluu-world

museum-kekinian-haluu-world-01

Di zaman serba update Instagram seperti sekarang ini, rasanya sangat disayangkan jika ada objek wisata selfie yang terlewat. Baru-baru ini, explore Instagram siapa yang penuh dengan pose-pose kece di spot foto yang instagramable banget? Salah satu lokasi foto keren yang sering muncul di Instagram adalah di Haluu World. Punya objek serta spot foto yang unik dan lucu, Anda yang gemar berfoto wajib main ke sini. Haluu World memiliki 13 spot foto yang artsy dan kekinian. Haluu World ini berlokasi di Plaza Indonesia, Jakarta lantai 5, buka dari pukul 10.00 hingga 20.30 WIB. Tapi Haluu World ini hanya dibuka sementara, yaitu hingga tanggal 3 Maret 2019. Jika Anda saat ini bingung ingin memanfaatkan akhir pekan dengan kegiatan seperti apa. Maka jangan ragu untuk mengunjungi haluu world tersebut.

Baca juga : Serunya Menghabiskan Weekend ke Museum Berlibur Sambil Belajar

2. Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara)

museum-kekinian-museum-macan-02

museum-kekinian-museum-macan-03

Didatangi oleh lebih dari 350.000 pengunjung sejak November tahun lalu, Museum MACAN telah membuat banyak program eksibisi yang menarik pengunjung. Apalagi dengan kehadiran Yayoi Kusama yang beberapa waktu lalu menggelar pameran karya seni beliau di Museum MACAN, antusias pengunjung yang datang ke museum kekinian ini semakin tinggi. Tidak ada salahnya jika Anda manfaatkan akhir pekan dengan berkunjung ke museum MACAN, yang akan menyuguhkan banyak karya seni mengagumkan. Bagi Anda yang suka berfoto atau mengambil gambar, maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi museum ini.

3. MoJA Museum

museum-kekinian-moja-museum-04

museum-kekinian-moja-museum

Bagi para millenials yang suka foto-foto dan upload di instagram, ada sebuah spot instagramable baru di kawasan Pondok Indah, bernama MoJa Museum. Hanya berjarak 600 meter dari Pondok Indah Mall 2, MoJa Museum adalah ruang seni atraktif yang mengajak Anda mengeksplorasi ruang demi ruang. MoJa merupakan singkatan dari Museum of Jakarta. Menempati rumah klasik di kawasan Pondok Indah, MoJa Museum mentransformasi lantai 2 menjadi selayaknya labirin. Desainnya pun dibuat dengan tren terkini dan terdiri dari beberapa ruangan dengan tema yang berbeda-beda. MoJa Museum dirancang oleh enam anak muda bertalenta dengan latar belakang yang bermacam-macam, seperti art history dan bisnis. Tidak hanya itu saja, MoJA juga mendeskripsikan mengenai Jakarta, seperti adanya ikon Monas hingga kuliner berupa es cendol.

Baca juga : 7 Negara yang Nyaman dan Aman untuk Solo Traveling. Terutama bagi Perempuan!

4. Biasa Artspace

museum-kekinian-biasa-artspace-02

museum-kekinian-biasa-artspace

Awalnya, galeri bernama Biasa Artspace yang didirikan pada 2005, ini ada untuk mempertemukan para seniman Jawa dan Bali, Sobat. Tapi seiring berjalannya waktu, para seniman di sana saling berinteraksi dan berkolaborasi satu sama lain, hingga dengan pemerintah dan mancanegara. Dalam perkembangannya, BIASA Artspace berkembang menjadi wadah bagi seniman untuk melakukan dialog dan interaksi dengan publik. Pameran yang dilakukan di sini merupakan hasil kolaborasi seniman dalam dan luar negeri, serta institusi pemerintahan secara berkala. Pengunjung yang datang biasanya akan langsung merasakan hal-hal unik dan pengalaman yang berbeda. Di Biasa Artspace Anda juga bisa mengunjungi butik yang berada dalam satu atap.

Itulah beberapa galeri dan museum kekinian yang dapat dijadikan tempat berlibur untuk manfaatkan akhir pekan bersama keluarga. Tidak ada salahnya untuk memperkenalkan karya seni kepada anak-anak. Dengan begitu, Anda akan mengetahui seberapa besar minat mereka terhadap seni dan budaya. Bahkan, Anda dapat mendukung karya seni yang telah dipamerkan di galeri atau museum tersebut.