Kenaikan penjualan Internet yang konsisten dan opsi pemasaran elektronik telah menyebabkan beberapa orang mempertanyakan apakah materi cetak masih berguna dalam kampanye pemasaran sebuah produk. Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa meskipun pemasaran pasti berubah, tetapi saluran pemasaran tradisional masih sangat berguna seperti pentingnya materi cetak pada kampanye pemasaran.
Kunci untuk memaksimalkan pilihan yang tersedia adalah melalui penggunaan pendekatan ‘multichannel’, yaitu dengan cara menggunakan campuran saluran tradisional dan online. Tentu saja hal ini perlu direncanakan dan dipertimbangkan sehingga saluran yang berbeda memberikan informasi yang tidak berulang, namun tetap konsisten dengan pesan gabungan. Anda perlu menghindari teknik ‘salin-tempel’ dari selebaran ke Facebook tetapi sekaligus Anda tidak ingin pelanggan menyatukan informasi dari setiap saluran seperti sebuah puzzle!
Baca juga: 5 Keuntungan Promosi Menggunakan Kalender
“Saat ini, bahan cetak tradisional seperti buku, brosur dan majalah sering mengarahkan pembaca ke media digital lain untuk melengkapi pengalaman mereka dengan suara atau gambar bergerak atau untuk membawa mereka ke platform ritel Internet,” ungkap Duncan MacOwen dari FESPA.
Melakukan kolaborasi antara materi cetak dan digital adalah pendekatan hebat dan menambah kedalaman pesan pemasaran Anda. Anda dapat selektif dengan informasi di materi cetak, membuatnya lebih visual, menarik perhatian pembaca. Lalu dari materi cetak itu kemudian dapat mengarahkan para calon klien potensial ke situs web Anda untuk rincian yang lebih mendetail, di mana mereka juga memiliki panggilan untuk bertindak untuk melakukan pemesanan atau menghubungi tim penjualan Anda untuk penawaran yang dipesan lebih dahulu.
Teknik Kolaborasi Materi Cetak pada Kampanye Pemasaran
Ronald Busse, Dosen di Sekolah Bisnis Fresenius University of Applied Science, membahas riset terbaru tentang pemasaran multichannel. Dia menunjukkan bahwa pelanggan sekarang beralih dari satu saluran saja menuju ke multi saluran. Bisa dengan cara membuat kunjungan awal di sebuah toko tetapi membeli online atau sebaliknya. Untuk alasan ini, menggunakan pendekatan multisaluran sangat penting.
1. Kolaborasikan Brosur dan Twitter
ParentHub baru-baru ini memesan beberapa brosur A5 yang memperkenalkan aplikasi seluler baru mereka. Brosur ini ditujukan untuk para guru dan menguraikan manfaat yang dibawa oleh aplikasi ke sekolah-sekolah. Brosur kemudian menampilkan informasi kontak di belakang, termasuk kontak twitter.
Halaman Twitter dari ParentHub memiliki video animasi, menambahkan konten tambahan dari saluran YouTube mereka. Video ini lebih ditujukan untuk orang tua, yang membantu ParentHub menarik minat dari pengguna akhir serta pelanggan (aplikasi gratis untuk orang tua tetapi sekolah harus berlangganan agar layanan menjadi aktif).
Baca juga: Mengenali Perbedaan Antara Katalog, Booklet dan Newsletter
2. Label Produk dengan QR
Perusahaan benang rajut, Baa Ram Ewe, memiliki label benang mereka yang dicetak dengan kode QR di bagian dalam. Teks ke samping menawarkan tautan pola gratis dan penawaran khusus bagi mereka yang mendaftar di situs web. Hal ini memungkinkan terukurnya dampak materi cetak, peningkatan basis data pelanggan dan mengarahkan pelanggan ke titik pembelian tambahan sekaligus.
3. Majalah sebagai Edisi Khusus Sebuah Situs
Anda pasti tahu CNET kan? Sebagai salah satu situs teknologi nomor wahid di dunia, mereka masih percaya bahwa materi cetak tetap berpengaruh dalam ujung tombak pemasaran produk. Memahami pentingnya sebuah materi cetak, CNET kemudian meluncurkan majalah cetak triwulanannya dengan nama yang sama pada tahun 2014. Majalah ini secara teratur terbit untuk menyertakan konten eksklusif yang tidak akan ditampilkan dalam publikasi digitalnya hingga tanggal yang telah ditentukan.
Baca juga: 4 Langkah Mudah Menciptakan Packaging yang Efektif
Materi Cetak pada Kampanye Pemasaran; Single Channel atau Multi Channel?
Tentu saja, ada bukti yang menunjukkan perbedaan dalam seberapa cocok beberapa saluran pemasaran bergantung pada kategori produk. Produk dan layanan jatuh pada spektrum atribut dan ini bervariasi tergantung pada kebutuhan masing-masing konsumen. Ketika mencari mobil baru misalnya, sebagian orang akan lebih mementingkan konsumsi bahan bakar daripada material body mobilnya. Menurut Profesor Pemasaran Yale, Dhar & Wertenbroch, konsumen memetakan fitur-fitur ini dan memisahkan produk berdasarkan sifat utilitarian atau kebutuhan hedonis mereka.
Kushwaha & Shankar, Profesor Pemasaran di Universitas North Carolina dan Pajak A & M University masing-masing, menggunakan penelitian kuantitatif ekstensif untuk mengeksplorasi pemasaran produk utilitarian dan hedonis. Mereka menemukan bahwa produk utilitarian seperti alat berkebun, lebih sesuai menggunakan materi cetak pada kampanye pemasaran produknya, seperti brosur dan selebaran cetak. Produk hedonistik, barang mewah seperti mainan, mobil sport atau produk kecantikan, lebih cocok untuk menggunakan pendekatan multi channel karena orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk mempertimbangkan dan menyelidiki opsi.
Baca juga: Tahukah Anda Bahwa 7 Strategi Pemasaran Offline Berikut Masih Efektif Hingga Saat Ini
Kedua kategori baik utilitarian maupun hedonistik tetap membutuhkan materi cetak sebagai bagian dari kampanye pemasaran tetapi cara ini dirancang secara berbeda mengingat penempatan mereka dengan saluran pemasaran lain yang digunakan. Ox-on menggunakan brosur produk A5 ini untuk melengkapi display di dalam toko dengan rincian fitur dan manfaat melalui berbagai sarung tangan berkebun.
Jika Anda pengecer hedonistik, Anda dapat menggunakan VIP Card dalam ukuran A7 di samping poster promosi di toko untuk mendorong bisnis berulang atau pendaftaran online. Ini juga bisa dimasukkan dalam kemasan untuk penjualan online untuk meningkatkan suka pada platform media sosial atau pendaftaran pada situs resmi.
Kampanye pemasaran akan selalu menjadi unik untuk sebuah organisasi ketika direncanakan secara menyeluruh. Spesifikasi produk atau layanan, target audiens dan positioning merek akan sangat memengaruhi saluran yang dipilih setiap brand untuk promosi. Penelitian menunjukkan bahwa materi cetak pada kampanye pemasaran meningkatkan citra merek karena saluran digital sering diabaikan ketika digunakan dalam isolasi.
Baca juga: Apa Bedanya Teknik Cetak Offset (Offset Printing) dan Digital Offset (Digital Printing)?
Salah satu hal terbesar tentang pemasaran cetak adalah sangat hemat biaya. Pemilik bisnis apapun pasti sangat tertarik dan bahagia jika bisa menghabiskan lebih sedikit uang untuk mendapatkan lebih banyak ROI. Tapi, seperti kata pepatah, “Kadang-kadang Anda harus mengeluarkan uang untuk menghasilkan uang.”
Dengan kata lain, ketika datang untuk merancang dan mencetak agunan Anda – jangan berhemat! Jika anggaran Anda memungkinkan, gunakan keterampilan seorang desainer profesional daripada membuat selebaran sendiri menggunakan aplikasi desktop. Seorang desainer akan dapat memilih tata letak yang tepat dan memilih gambar yang paling efektif sehingga bisa meningkatkan pesan Anda.
Juga, ketika tiba saatnya untuk benar-benar mencetak kartu pos dan selebaran tersebut, pastikan Anda menggunakan layanan pencetakan profesional yang menawarkan berbagai pilihan kertas dan tinta. Ingat, Anda akan dinilai berdasarkan kualitas materi yang Anda pilih, sekali lagi, jangan berhemat.
Baca juga: 3 Alasan Mengapa Era Digital Tetap Membutuhkan Materi Cetak
Materi cetak dan digital bagaikan cokelat dan selai kacang, mereka saling mendukung satu sama lain dengan indah. Jika Anda belum mengintegrasikan kampanye, Anda akan bisa kehilangan potensi jangkauan yang ditingkatkan. Anda harus mengiklankan potongan cetak Anda di halaman media sosial Anda, termasuk logo dan alamat media sosial pada materi pemasaran cetak Anda. Pastikan saja merek Anda memiliki tampilan dan pesan inti yang sama di semua saluran.
Seperti yang telah kita bahas di atas, ada berbagai cara untuk mempromosikan barang dan jasa Anda. Mengintegrasikan materi cetak pada kampanye pemasaran yang berhasil bisa bekerja bersama dengan opsi digital seperti kampanye email atau iklan online merupakan cara terbaik untuk memaksimalkan saluran yang tersedia. Hal ini akan memastikan Anda menghadirkan brand Anda secara profesional dan memperkuat identitas merek Anda.