“Karunia terbesar dalam hidup harus diingat.” – Ken Venturi. Belajar dari ungkapan itu maka sangat penting bagi Anda yang sedang membangun bisnis untuk membuat orang mengingat brand Anda. Setelah Anda membuat orang tahu bahwa merek Anda ada, Anda perlu meningkatkan permainan Anda ke tingkat berikutnya, yang membuat mereka mengingat keberadaan merek Anda. Dengan menggunakan strategi yang tepat, orang akan mengingat merek Anda untuk waktu yang lama untuk mendapatkan kualitasnya.

Baca juga: Tunjukkan Personal Brandingmu dengan Kartu Nama

Berikut adalah kiat tentang cara membuat orang lebih mudah mengingat brand Anda:

1. Berada di mana-mana

mengingat brand di mana-mana

Maksud kami persis apa yang kami tulis – secara harfiah; muncullah di mana-mana. Berada di TV, papan iklan, surat kabar, Twitter, Facebook, YouTube, radio, supermarket, mal – tempat apa pun yang memungkinkan orang-orang melihat merek Anda dengan jelas. Tujuannya adalah untuk membantu orang menghafal identitas perusahaan dari merek Anda tanpa mereka menyadarinya. Jadi pada dasarnya, memasarkan merek Anda dan produknya di mana-mana.

Jika Anda memiliki anggaran terbatas, Anda dapat mencoba berada di mana saja secara digital. Jangan salah – hanya karena lebih murah bukan berarti hal ini kurang efektif. Lebih dari 3 miliar orang di seluruh dunia menjelajah internet setiap hari, itu artinya Anda dapat memasarkan merek Anda ke jutaan orang secara online dengan efektif.

Baca juga: 4 Keunggulan Postcard sebagai Media untuk Branding

2. Slogan dan jingle yang menarik

mengingat brand dengan jingle

Coba tebak merek dengan slogan ini: ‘Just Do It!’ ‘Connecting People’. Apakah Anda dapat menebak merek tersebut dalam hitungan detik? Ya, begitulah sebuah slogan yang baik bekerja efektif untuk membuat orang mengingat sebuah merek. Namun, ingatlah bahwa orang-orang juga dapat merasa terganggu jika Anda terlalu sering menampilkan jingle dan slogan merek Anda secara berlebihan, sehingga malah membuat mereka benar-benar tidak menyukai merek Anda.

Yang perlu Anda lakukan, adalah membuat jingle merek Anda muncul hanya sesekali. Hal ini membantu orang-orang tanpa sadar menghafal jingle dan slogan merek Anda tanpa harus membuat mereka tidak nyaman dengan jingle Anda.

Baca juga: Bagaimana Membuat Desain Stiker Branding yang Berkualitas?

3. Produk berkualitas

mengingat brand dengan produk berkualitas

Yang satu ini jelas tidak terbantahkan; untuk membuat orang mengingat merek Anda, Anda harus membuat produk yang luar biasa. Produk-produk hebat dicintai oleh semua orang. Bahkan jika kualitas produk Anda sangat memuaskan, orang-orang tidak hanya akan membeli produk tersebut, namun mereka juga akan ‘memasarkan’ merek tersebut tanpa diminta. Power of mouth to mouth or sering dikatakan orang jaman now sebagai testimony adalah cara pelanggan kita membantu Anda mempromosikan merek Anda bahwasanya produk Anda cukup layak untuk digunakan.

Baca juga: 4 Tips Efektif Memanfaatkan  Stiker sebagai Media Promosi Anda

4. Kontroversi

mengingat brand dengan kontroversi

Tentu saja, dengan cara keempat ini merek Anda akan mudah diingat oleh orang-orang. Namun, itu akan diingat bukan karena kualitasnya, tetapi untuk kontroversi yang dibuatnya. Itulah mengapa kami sangat menyarankan Anda untuk tidak menggunakan yang ini. Kontroversi yang Anda buat justru akan membuat masyarakat mengingat merk Anda sebagai hal yang negatif; kampungan, tidak toleran, tidak berkelas, dan sebagainya.

Baca juga: 5 Tips Membuat Portofolio Desain Grafis yang Memukau

Meskipun beberapa merek ada yang benar-benar menggunakan strategi terakhir dalam upaya membuat masyarakat mengingat brand mereka, tetapi hasilnya jelas dapat diprediksi; merek yang menggunakan strategi ini tidak bertahan lama. Jika Anda ingin menggunakannya untuk merek Anda, Anda harus siap untuk hasilnya.