Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Meski telah semakin banyak platform sosial media lainnya, Twitter masih menjadi sarana bagus untuk perkembangan bisnis Anda. Sayangnya meningkatkan engagement Twitter bukanlah tugas yang mudah. Daripada hanya menyiarkan berita dan detail lain tentang perusahaan Anda, Anda perlu melibatkan pengikut Anda dan memberi mereka alasan untuk membaca setiap posting yang Anda tweet.

Meningkatkan engagement Twitter membutuhkan cara-cara yang konstan dan perhatian besar terhadap setiap detail. Dari informasi bio Anda hingga jenis konten yang harus Anda tweet setiap hari. Cara untuk melibatkan orang adalah dengan terus membuat dan berbagi konten yang relevan, menarik, dan menggembirakan sehingga ramai dikomentari dan dibagikan oleh orang-orang.

Baca juga: Entrepeneur, Pastikan Anda Telah Mengetahui 5 Rahasia Media Sosial Berikut Ini!

Untuk meningkatkan faktor keterlibatan perusahaan Anda di Twitter, ikuti lima langkah penting berikut:

1. Hentikan penjualan.

meningkatkan engagement twitter stop jualan

Pernahkah Anda ke pesta dan bertemu dengan satu orang yang senang sekali berbicara tentang dirinya berulang kali? Lihatlah, pasti tidak ada yang ingin berada di sekitar orang tersebut. Maka, jangan pernah menjadi orang itu. Jadilah merek yang nyaman untuk diajak ngobrol dan berinteraksi oleh banyak orang. Jadilah akun Twitter yang membuat orang lain senang berinteraksi dengan Anda.

Tidak ada yang akan menyebut Anda jika semua yang Anda lakukan adalah berbicara tentang diri Anda sepanjang waktu. Cara itu sudah kuno, bro!

Baca juga: Bagaimana Pemasaran Melalui Media Sosial Bermanfaat Bagi Bisnismu?

2. Dapat di-retweet.

Karena Twitter adalah semua tentang viralitas, buatlah tweets yang harus bisa di-retweet oleh orang lain. Tulis tweet Anda dengan cara yang memaksa pengguna untuk berinteraksi dengannya. Misalnya, cuitan Raditya Dika berikut ini.

meningkatkan engagement twitter raditya dika

Banyak yang menyukainya, mengomentari dan bahkan memposting ulang. Coba buat cuitan untuk akun perusahaan Anda yang bisa membuat orang untuk datang dang membagikannya.

Baca juga: Tips Kerja Sampingan Agar Sukses Menjadi Social Media Buzzer

3. Jadilah inspirasi.

meningkatkan engagement twitter inspirasi

Media sosial adalah semua tentang pencarian inspirasi dan membangun koneksi dengan orang-orang yang memiliki minat sama dengan Anda. Karena alasan tersebut mengapa pemerintah sekarang ini memanfaatkan Twitter dan media sosial lainnya dengan baik. Selain memberikan informasi terkini tentang kinerja pemerintahan, akun pemerintahan juga menarik masyarakat untuk berbagi pengalaman positif yang mereka dapatkan dari pelayanan pemerintah sekarang. Maka nggak heran kalau Presiden Jokowi punya banyak follower kan?

Bahkan jika Anda bukan bagian dari pemerintahan, Anda tetap bisa membuat pengikut Anda untuk selalu mendukung kesuksesan dan pencapaian Anda. Ajak pengikut Anda untuk ikut mempromosikan pengalaman mereka bersama produk Anda atau sekedar menceritakan kisah-kisah positif bersama produk atau perusahaan Anda.

Baca juga: Emak-emak Jaman Now Butuh Lakukan 3 Bisnis Online Ini Agar Tetap Waras

4. Jadilah layak diberitakan.

meningkatkan engagement twitter berita

Meskipun menurut TwitterCounter mayoritas dari 100 akun teratas di Twitter adalah selebriti, bukan berarti akun Twitter perusahaan Anda tidak bisa ambil bagian dari akun teratas tersebut. Karena Twitter sangat bergantung pada penyediaan informasi terkini, banyak orang memanfaatkan Twitter sebagai cara untuk mendapatkan berita paling relevan pada peristiwa terkini dan dalam industri mereka.

Maka buat akun Twitter Anda melakukan hal yang sama. Caranya selalu buat konten-konten yang berfokus pada penyediaan informasi yang akurat dan cepat. Jangan lupa sertakan hashtag dan URL bagi pengguna yang ingin mengetahui informasi tersebut lebih lanjut.

Baca juga: 7 Tips Sukses Bisnismu Agar Dikenal Masyarakat

5. Bersikap interaktif.

meningkatkan engagement twitter interaktif

Aspek terpenting dari pertumbuhan keterlibatan di Twitter adalah menjadi akun yang interaktif dengan pengikut Anda. Inilah sebabnya mengapa mayoritas dari 100 akun Twitter teratas adalah selebriti seperti Justin Bieber dan Lady Gaga. Salah satu alasan mengapa Twitter begitu populer dengan berbagai kelompok usia adalah karena Twitter memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan selebritas favorit mereka. Mereka tidak hanya memiliki kesempatan untuk mendapatkan tanggapan tweets dari selebriti yang sebenarnya, namun pengguna juga bisa mengintip ke kehidupan pribadi para selebriti tersebut. Akun Twitter yang populer pasti akan mendapatkan banyak komentar dan retweet.

Dari akun para bintang tersebut, Anda bisa belajar bagaimana mengembangkan akun Twitter perusahaan Anda dengan cara yang sama. Caranya yaitu dengan selalu berinteraksi dengan pengikut Anda; menjawab dan menanggapi tweet orang lain, serta juga membagikan artikel dan informasi menarik yang berkaitan dengan perusahaan Anda sendiri.

Baca juga: Bisnis-bisnis yang Dicibir Tapi Menghasilkan Banyak Uang

Siapa pun kiblat Anda dalam mengembangkan twitter, kunci untuk meningkatkan engagement twitter agar lebih tinggi yaitu interaksi yang lebih baik, konten bijaksana yang membuat pengguna merasa terhubung, dan menjadi sumber informasi hingga berita terkini di industri yang Anda geluti. Selamat mencoba!