Memasuki era teknologi seperti sekarang seakan mewajibkan kita untuk beradaptasi dengan perangkat-perangkat canggih. Keberadaan teknologi seperti ini membuat kita benar-benar terbantu saat melakukan beragam aktivitas. Salah satu perangkat yang benar-benar membantu adalah smartphone. Penggunaan smartphone ternyata dapat meningkatkan produktivitas kerja, apalagi bila didukung dengan aplikasi-aplikasi fungsional yang dapat membantu setiap aktivitas seseorang. Lalu, aplikasi apa saja yang bisa Anda gunakan untuk menjadi smart worker?

1. Membuat catatan: Evernote

smart-worker-4

Tak hanya sekedar membuat catatan untuk kebutuhan brainstorming, Evernote juga mampu menyimpan snippets dari berbagai laman situs. Keuntungan lain dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk bisa diakses dari berbagai perangkat sehingga penggunanya bisa mengakses pekerjaan dari mana saja dan kapan saja. Aplikasi ini juga dapat mengumpulkan berbagai dokumen yang saling berkaitan dalam satu tempat sehingga mudah dicari. Para smart worker harus terbiasa menggunakan hal ini.

2. Manajemen tugas: OmniFocus

smart-worker-1
Pekerja saat ini seringkali dituntut untuk dapat melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Hal ini tentu membuat orang sulit untuk fokus dan akhirnya pekerjaan tersebut terbengkalai. Di sinilah peran OmniFocus membantu pekerja menentukan pekerjaan mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Ada fitur yang bernama ‘Perspective’ yang membantu pengguna untuk menganalisis pekerjaan yang ada agar dapat diselesaikan tepat waktu. Selain itu, fitur ini juga akan membantu penggunanya dengan memberikan informasi yang paling relevan dan wajib diketahui agar dapat menyelesaikan tugas secara efisien. Dengan begitu, pengguna akan memiliki kehidupan yang lebih seimbang dan tetap fokus dengan pekerjaan yang dimiliki.

3. Pengontrol desktop jarak jauh: LogMeIn

smart-worker-2
Sekarang, membawa PC kemana pun Anda pergi bisa dilakukan dengan mudah. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi LogMeIn yang dipasang di perangkat smartphone atau tablet. Aplikasi ini akan membantu penggunanya untuk mengakses serta mengontrol PC dimana pun Anda berada selama masih dalam jangkauan internet. Keunggulan lain yang bisa dilakukan aplikasi ini adalah kemampuannya untuk mengatur dan mengunduh file yang ada di PC langsung ke perangkat mobile yang digunakan. Anda juga bisa melakukan transfer file ke pengguna lain dengan salah satu fitur aplikasi ini.

4. Penyimpanan data: Google Drive

smart-worker-5
Google Drive adalah perangkat penyimpan data yang berbasis online cloud. Aplikasi ini mampu menyimpan berbagai macam data yang bisa diakses melalui perangkat apapun. Pengguna hanya perlu log in, kemudian data bisa diakses dengan mudah. Pengguna bahkan bisa membuka file yang diinginkan langsung dengan bantuan perangkat editor Google, mulai dari Docs, Table hingga Presentation. Yang menarik, perangkat ini juga memudahkan para penggunanya untuk berkomentar satu sama lain dalam satu file. Sekali mendaftar, Anda akan langsung dihadiahi kuota penyimpanan sebesar 15 GB yang lebih dari cukup untuk menyimpan segala jenis file.

5. Pengedit dokumen: CloudOn

smart-worker-3
Pada dasarnya, CloudOn merupakan aplikasi yang mirip dengan Microsoft Office dimana penggunanya dapat mengedit berbagai macam dokumen. Bedanya, akses file dari aplikasi ini bisa langsung dari cloud atau bahkan email yang diterima oleh penggunanya. Hingga saat ini, sudah ada 8 juta pengguna CloudOn di seluruh dunia.

Itulah beberapa aplikasi yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan produktivitas kerja sebagai smart worker. Dengan menggunakan perangkat ini, sebagai karyawan Anda dapat melakukan setiap pekerjaan seefisien mungkin dan bisa tetap fokus dengan apa yang harus dilakukan. Kehidupan pribadi dan kantor jadi seimbang dan tetap berjalan beriringan.