Sebentar lagi bulan ramadhan akan datang, itu artinya kita akan segera menjalankan ibadah puasa. Untuk menghindari dehidrasi yang berlebihan, Anda harus memperhatikan menu sahur yang Anda makan. Semakin berkualitas menu santap sahurnya, semakin berkualitas pula puasa yang Anda jalankan. Berikut ini merupakan jenis-jenis makanan yang harus ada saat santap sahur.

1. Beras Merah

menu sahur beras merah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tubuh membutuhkan karbohidrat, apalagi saat puasa kita akan berhenti makan selama kurang lebih 12 jam. Oleh karenanya kita perlu karbohidrat yang nilai gizinya lebih tinggi, sering disebut sebagai karbohidrat kompleks. Apa bedanya karbohidrat kompleks dengan karbohidrat biasa? Karbohidrat jenis ini memiliki struktur kimia yang rumit, sehingga waktu penyerapannya lebih lama dibanding karbohidrat yang ada pada beras putih. Nah, jika saat sahur Anda mengonsumsi beras merah, Anda jauh lebih kenyang seharian.

2. Sayur dan Buah

menu sahur sayur dan buah

 

 

 

 

 

 

 

 

Sayur dan buah adalah jenis makanan yang kaya akan serat. Jenis makanan ini penting sekali dikonsumsi saat puasa, selain baik untuk pencernaan, sayur dan buah juga mengandung mineral yang baik untuk mencegah tubuh kekurangan cairan selama berpuasa. Pastikan untuk menghidangkan jenis-jenis sayuran dan buah yang kaya akan air, seperti brokoli, bayam, stroberi, dan semangka.

Baca juga: Ramadhan Tinggal Menghitung Hari, Simak 7 Tips Ini Agar Tetap Semangat dan Fit Saat…

Jika Anda kurang suka mengonsumsi sayur dan buah secara langsung, boleh lo jika disajikan dalam bentuk jus. Jangan lupa untuk makan setidaknya tiga buah kurma saat sahur. Selain merupakan sunah nabi, kurma mengandung kadar gula yang tinggi sehingga baik untuk mencegah Anda merasa lemas selama puasa.

3. Daging
menu sahur daging

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain karbohidrat, vitamin dan mineral, tubuh juga membutuhkan protein tinggi dalam proses metabolisme tubuh untuk bisa menghasilkan energi. Beberapa jenis makanan yang mengandung protein tinggi antaranya adalah ikan dan daging, baik itu daging ayam maupun sapi. Maka jangan heran ya kalau menu sahur Anda tidak mengandung salah satu bahan makanan ini, Anda merasa lemas dan tak bertenaga.

4. Telur

menu sahur telur

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daging mahal? Jangan khawatir, masih ada telur yang juga mengandung protein tinggi. Selain protein, telur juga mengandung vitamin. Jadi yang merasa keberatan menghadirkan daging di saat santap sahur, gantikan saja dengan telur ya.

Jangan lewatkan: 6 Cara Ampuh Tahan Lapar dan Haus Saat Puasa

5. Air Putih

menu sahur air

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kekurangan cairan selama puasa bisa membuat kepala berkunang-kunang, bibir kering, tenggorokan terasa seperti mau radang dan tubuh pun lemas. Oleh karenanya saat santap sahur, setidaknya minum air putih minimal dua gelas agar tubuh terhindar dari dehidrasi.

Selama ini banyak di antara kita yang menyepelekan menu sahur. Sehingga akhirnya banyak yang fisiknya tumbang saat puasa. Hal ini bisa membuat terjadinya kesalahan asumsi bahwa puasa itu membuat sakit. Padahal justru puasa itu menyehatkan tubuh, asal kita melakukannya secara benar. Salah satunya dengan memperhatikan makanan dan minuman yang disantap saat sahur harus terdiri dari komposisi gizi seimbang. Sudah siap berpuasa?