Siapa bilang lebaran itu momen yang tepat untuk menghabiskan uang? Jika mau kreatif, lebaran justru bisa menjadi ajang yang paling pas untuk mencari pendapatan tambahan. Terbukti banyak peluang usaha lebaran musiman yang hanya bisa ditemukan di momen-momen lebaran. Mau tahu jenis usaha apa saja yang bisa Anda kembangkan di saat lebaran tiba? Yuk, intip rekomendasi dari tim Uprint.id berikut ini.

Baca juga: Peluang Usaha Ini Mampu Untuk Menambah Penghasilan

1. Rental Mobil

peluang usaha lebaran rental mobil

Bisa dipastikan saat lebaran tiba, banyak orang yang merencanakan liburan ke rumah saudara atau pun tempat-tempat wisata. Kebutuhan akan persewaan mobil semakin meningkat. Sayangnya justru banyak persewaan mobil atau pun jasa taksi online yang juga libur karena mudik ke luar kota. Jika Anda termasuk tim yang tidak mudik, membuka rental mobil saat lebaran bisa jadi peluang besar untuk mendulang emas.

2. Jualan Kue Kering

peluang usaha lebaran kue kering

Rasa-rasanya lebaran tanpa kue kering itu sama saja seperti makan opor ayam tanpa ketupat. Kalau Anda punya ketrampilan memasak dan membuat kue, wajib banget untuk menyamber peluang usaha lebaran ini segera. Selain harga bisa naik berkali lipat, hampir semua orang butuh kue lebaran sementara yang bisa membuat pun hanya terbatas dan sebagian kecil saja. Apalagi jika kue lebaran yang Anda buat rasanya nikmat, lebaran tahun depan bisa dapat orderan lagi.

Baca Ini Yuk: 6 Tips Mendirikan Usaha Cake & Bakery untuk Pemula

3. Buka Katering Lebaran

peluang usaha lebaran katering

Tidak semua orang mau repot memasak opor saat lebaran. Selain ribet, tidak semua orang bisa memasak. Nah, buat Anda yang jago masak, ambil peluang bisnis ini. Segera buat flyer bahwa Anda membuka katering khusus menu lebaran; opor ayam, sambal goreng, ketupat dan menu-menu lainnya. Dijamin laris manis. Jika butuh tempat cetak flyer yang berkualitas, Uprint.id siap membantu!

4. Buka Pesanan Parcel Lebaran

peluang usaha lebaran parcelPunya kemampuan menata dan mendesain parcel? Tak ada salahnya untuk menerima pesanan parcel lebaran. Ada banyak orang yang membutuhkan jasa tersebut. Jika hasil parcel Anda bagus, tahun depan pasti akan ada lebih banyak yang memesan.

Baca Ini: 7 Tips yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Usaha Katering

5. Buka Laundry atau Jasa Bersih-bersih Rumah

peluang usaha lebaran laundry

Lebaran itu juga identik dengan momen-momen bingung bin rempong tanpa asisten rumah tangga (ART). Sebagian besar ART mudik ke kampung halaman. Saat seperti ini, cucian di rumah-rumah pasti menumpuk. Tidak sempat dikerjakan karena sibuk silaturahmi ke rumah saudara. Belum lagi rumah yang tak tersentuh sapu dan lap pel hingga berdebu. Sementara jasa laundry pun banyak yang tutup. Jika Anda punya waktu luang cukup banyak, ambil kesempatan ini dengan membuka jasa laundry atau jasa bersih-bersih rumah spesial hari lebaran. Pasti banyak yang membutuhkan!

Lima peluang usaha lebaran musiman di atas bisa Anda coba jika memang ingin menghasilkan pendapatan tambahan. Saat yang lain asyik menghamburkan uang, Anda justru meraup banyak keuntungan. Mau?