Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Apakah Anda saat ini sedang merasa seperti tertinggal di dalam sebuah kompetisi? Biasanya para pemilik bisnis kecil terlalu mudah untuk merasa seperti ini. Lagi pula, Anda bukan perusahaan besar yang mampu mempekerjakan tentara pemasar digital untuk mengikuti semua kiat pemasaran digital terbaru. Tapi, bukan berarti Anda tidak bisa menjadi salah satu tentara untuk memenangkan kompetisi ini. Senjata Anda adalah pengetahuan Anda. Setelah Anda membaca artikel ini, Anda akan dapat mengambil senjata dan mengalahkan pesaing Anda!

Ada banyak senjata berbeda dalam kiat pemasaran digital yang dapat membawa Anda menuju kesuksesan. Tetapi sebagian besar pesaing Anda tidak tahu cara menggunakannya. Artikel ini akan fokus pada kiat pemasaran digital paling populer. Mereka populer karena telah terbukti bisa menghasilkan secara maksimal.Tetapi hanya jika Anda tahu mengapa, bagaimana, dan kapan menggunakannya.

Rahasia Pemasaran Digital Wajib Tahu

Tetapi pertama-tama, mari kita membahas cara berpikir yang dimiliki banyak pemilik bisnis pemula berikut ini.

1. Telur Dalam Terlalu Banyak Keranjang

pemasaran digital tidak fokus

Ini adalah kesalahan umum yang banyak dilakukan oleh pemilik bisnis pemula; mencoba melakukan semuanya sekaligus dengan sedikit pengalaman sebelumnya. Misalnya Anda mengatur 10 akun media sosial. Di waktu yang sama Anda juga mengatur kampanye PPC. Anda juga menyiapkan jadwal pembuatan blog yang ketat tentang topik yang belum diteliti dengan benar. Dan yang terburuk adalah Anda bahkan tidak pernah menggunakan lebih dari setengah platform media sosial di masa lalu! Merasa akrab dengan kondisi ini?

Jika demikian, maka berhenti. Kesalahan terbesar yang dapat dilakukan pemilik bisnis baru adalah mencoba mengelola terlalu banyak akun media sosial baru sekaligus. Kami akan menunjukkan bagaimana memperbaiki kesalahan itu di bagian selanjutnya. Tetapi untuk sekarang, pelajaran yang perlu Anda pahami bahwa ketika Anda baru memulai, fokus dan konsistensi harus menjadi tujuan utama Anda.

Baca juga: Cari Ide untuk Memasarkan Usaha Kecil Anda? 7 Hal Ini Mungkin Membantu!

Kenapa Anda perlu fokus? Karena jika Anda mencoba meluncurkan beberapa kampanye sekaligus, Anda tidak hanya akan kewalahan sepenuhnya, tetapi Anda juga akan kesulitan menentukan kampanye pemasaran mana yang lebih berhasil.

Sedangkan konsistensi diperlukan karena akan menjadi akar yang kuat untuk membangun bisnis Anda. Menjadi konsisten di media sosial akan membangun basis pengikut setia.

Menjadi konsisten dalam blog Anda akan membangun basis pelanggan setia Anda dan mengubah prospek baru menjadi pembeli baru. Menjadi konsisten dalam SEO berarti Anda akan menghemat uang dalam jangka panjang daripada terlalu mengandalkan iklan berbayar.

Maka mulai sekarang Anda harus berhentil mencoba melakukan semuanya sekaligus dan fokus dulu pada satu hal. Jika sudah menampakkan hasil yang cukup baik, baru berpindah ke hal berikutnya.

2. Temukan Tempat Anda di Media Sosial

pemasaran digital sosial media

Sebagian besar pemilik usaha kecil tahu bahwa mereka perlu berada di media sosial. Lagipula, media sosial tidak akan kemana-mana. Pada 2017, 81% orang di dunia telah memiliki profil media sosial! Tetapi ketika kita menyentuh pada bagian terakhir, terlalu banyak pemula yang mengambil pesan itu terlalu banyak ke hati dan mencoba berubah dari tidak terlihat sama sekali hingga kemudian menjadi berada di mana-mana sekaligus. Untuk sebagian besar merek, ini justru resep menuju bencana.

Sebagai pemilik bisnis kecil baru, tujuan Anda adalah menemukan tempat Anda di media sosial. Ini berarti bahwa pada awalnya Anda harus fokus hanya pada satu atau beberapa platform media sosial yang Anda merasa nyaman di dalamnya. Sekarang, setelah Anda memasarkan produk di sebuah platform setelah sementara waktu, perhatikan berapa banyak interaksi yang Anda dapatkan. Misalnya, jika Instagram tidak memberi Anda keterlibatan apa pun, maka saatnya lanjutkan dan fokus pada platform media sosial lain yang memiliki banyak keterlibatan!

Baca juga: Bagaimana Pemasaran Melalu Media Sosial Bermanfaat Bagi Bisnismu?

Tujuannya di sini adalah untuk menemukan platform media sosial yang memberi Anda tingkat interaksi tertinggi (suka, berbagi, dan komentar). Dan pelajarannya di sini adalah: jangan repot-repot membuang-buang waktu Anda pada platform yang tidak memberikan Anda audiens yang potensial. Cari tahu di mana sebagian besar audiens Anda berada dan poskan di platform tersebut secara konsisten untuk membangun pengikut media sosial yang setia.

3. Pemasaran Influencer

pemasaran digital influencer

Pemasaran influencer relatif baru di bidang kiat pemasaran digital. Bahkan, sebagian besar pesaing Anda mungkin belum pernah mendengarnya! Dan bagi mereka yang memilikinya, mereka mungkin melakukannya dengan cara yang salah. Tetapi pemasaran influencer memang dapat menjadi alat yang sangat kuat ketika digunakan dengan benar.

Jadi apa sebenarnya pemasaran influencer? Sederhananya, itu berarti bahwa alih-alih memasarkan kepada audiens target Anda secara langsung, Anda membayar atau mengilhami orang-orang berpengaruh di niche Anda untuk menyampaikan berita tentang Anda. Ketika datang ke pengguna media sosial, influencer pada dasarnya adalah referensi terkuat yang dapat diperoleh bisnis Anda. Misalnya, survei oleh Collective Bias menunjukkan bahwa 30% konsumen lebih cenderung membeli produk yang direkomendasikan oleh blogger non-selebriti.

Pemasaran influencer sangat efektif pada generasi millennial, karena 70% dari millennial konsumen dipengaruhi oleh rekomendasi dari rekan-rekan mereka dalam membuat keputusan pembelian. Jadi, Anda harus mencari tahu siapakah influencer yang cocok dengan niche Anda. Anda perlu  terlibat dengan mereka sehingga Anda dapat membangun visibilitas merek Anda.

4. Jangan Meremehkan Daftar Email

pemasaran digital emailDaftar email mungkin adalah salah satu aset paling berharga dan responsif yang dapat Anda miliki. Berharga karena masih banyak pelanggan yang membeli produk melalui email.

Responsif, karena menurut QuickSprout, pelanggan email 3x lebih mungkin untuk berbagi konten di media sosial! Dan tidak seperti pengikut dan penggemar media sosial Anda, Anda memiliki daftar pemasaran email Anda.

Baca juga: 3 Alasan Mengapa Era Digital Tetap Membutuhkan Materi Cetak

Percaya atau tidak, banyak pesaing Anda bahkan tidak berpikir tentang memiliki daftar email. Sebaliknya mereka sering membuat kesalahan dengan berpikir bahwa mereka akan cukup berhasil hanya dengan membangun media sosial. Tentu saja memiliki pengikut media sosial yang kuat sangat penting! Tetapi ketika datang untuk mengubah prospek menjadi pelanggan yang melakukan pembelian, pemasaran email adalah salah satu cara terbaik untuk melakukannya.

5. Aturan 80-20 untuk Konten

pemasaran digital konten

Aturan 80-20 berarti 80% kesuksesan Anda akan datang dari 20% upaya Anda. Aturan ini berlaku untuk segala hal, termasuk konten Anda. Konten Anda dapat dibuat dalam berbagai media berbeda. Misalnya: video, webinar, posting blog, infografis, dll.

Lalu bagaimana aturan 80-20 berlaku? Cukup sederhana, 80% konten Anda harus mengkomunikasikan VALUE, dan 20% dari itu harus difokuskan pada promosi. Konten yang berharga berarti konten yang unik, segar, tepat waktu, relevan, dan memecahkan masalah nyata untuk audiens target Anda. Keberhasilan Anda akan datang dari 20% upaya Anda, tetapi 80% lainnya diperlukan untuk mendukung upaya tersebut.

Baca juga: Contoh Kolaborasi Sukses Marketing Digital dan Cetak

Terlalu banyak pemilik usaha kecil justru melakukan sebaliknya. 80% konten blog mereka terlalu banyak berisi tentang menjual produk, dan hanya 20% yang berisi tentang informasi yang bermanfaat! 

Jika Anda tidak yakin tentang nilai pembuatan konten yang bermanfaat, maka luangkan waktu sejenak untuk merefleksikan fakta bahwa bisnis dengan blog menerima 67% lebih banyak prospek daripada bisnis tanpa blog. Manfaat lain dari memiliki blog termasuk:

pemasaran digital blog

  • Mendapatkan lebih banyak lalu lintas bertarget.
  • Menambahkan elemen manusia ke merek Anda, sehingga membangun kepercayaan dan kesetiaan dengan pelanggan Anda.
  • Hemat biaya dan mudah untuk setup.

Kapan Mengandalkan SEO

Setiap pemilik usaha kecil yang merambah ke dunia tips pemasaran digital pasti telah mendengar tentang SEO. Tapi tetap saja, banyak dari mereka menghindarinya karena mereka pikir itu rumit dan terlalu memakan waktu. Meskipun kedua hal ini mungkin benar, SEO masih merupakan cara terbaik untuk mengarahkan lalu lintas gratis ke situs web Anda.

Bahkan sesuatu yang sederhana seperti nama bisnis Anda dapat mempengaruhi peringkat Anda di mesin pencari. Menurut sebuah perusahaan SEO, Local SEO Guide, bisnis dengan kata kunci yang kuat dalam peringkat nama bisnis mereka 1,5 tempat lebih tinggi daripada bisnis tanpa kata kunci dalam nama bisnis mereka.

pemasaran digital seo

Alih-alih berfokus pada strategi SEO jangka panjang, terlalu banyak bisnis kecil justru mengeluarkan anggaran pemasaran digital mereka pada iklan PPC. Ketika membicarakan SEO, maka yang harus Anda ketahui secara umum, meliputi optimasi situs web, optimasi halaman, optimasi perangkat, membangun link yang kredibel.

Memang banyak yang harus dipelajari tentang SEO, tetapi belajar dan menerapkan SEO akan memberikan visibilitas situs web Anda lebih baik di mesin pencari. Untuk mendapatkan ide tentang seberapa pentingnya SEO untuk visibilitas situs web, Anda dapat melihat pembaruan Google di masa lalu. Satu pembaruan Google yang sangat penting membuat situs web yang tidak responsif di berbagai perangkat digital bahkan tidak muncul di hasil penelusuran sama sekali!

Baca juga: 4 Strategi Marketing Konvensional yang Masih Efektif Sampai Sekarang

Jika Anda merasa angkat tangan pada urusan SEO, mempekerjakan seorang spesialis SEO sangat berharga. Spesialis SEO akan membantu Anda melakukan audit SEO, yang meliputi menganalisis bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs web Anda dan platform media sosial Anda. Yang pasti jangan  berharap Anda akan langsung mendapat traffic yang tinggi segera setelah melakukan SEO. Itu bisa saja terjadi, tapi itu hal yang sangat langka. Jika yang Anda inginkan hanya mendapat traffic yang cepat, Anda bisa menggunakan iklan berbayar.

7. Kapan Harus Menggunakan Iklan Berbayar

pemasaran digital ppc

Seperti yang kita bahas di bagian sebelumnya, banyak pemilik usaha kecil menghabiskan terlalu banyak modal kerja mereka di PPC. Sebenarnya ide ini cukup tepat – membelanjakan uang untuk iklan berbayar di awal untuk mendapatkan beberapa traffic masuk ke situs. Tetapi dengan tidak adanya corong penjualan dan strategi SEO jangka panjang, mereka mulai hanya mengandalkan PPC untuk mendorong sebagian besar penjualan mereka. Jelas  hal ini bukan metode pemasaran digital yang berkelanjutan dengan sendirinya.

Kesalahan mereka adalah bahwa mereka kemudian merasa bingung. Ternyata “lebih banyak lalu lintas” tidak selalu terkait dengan “lebih banyak penjualan.” Ternyata mereka hanyalah mendapatkan lebih banyak prospek tanpa kelanjutan dan tidak ada penjualan sama sekali. Sedangkan dalam iklan PPC di mana Anda membayar untuk setiap klik, hal ini bisa menjadi sangat mahal jika Anda tidak membuat konversi dari klik Anda.

Baca juga: Trik Mempromosikan Bisnis dengan Melakukan Pemasaran Konten yang Berpengaruh Penting

Lebih banyak lalu lintas adalah hal yang hebat, tetapi tanpa corong pemasaran, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang optimal. Oleh karenanya Anda harus mengikuti 3 tips sederhana ini:

  • Buat penawaran yang relevan dan menarik. Misalnya, newsletter Anda atau e-book gratis.
  • Buat konten situs web yang hebat.
  • Buat iklan PPC tertarget untuk mengarahkan orang ke situs Anda.

Ingat salah satu kiat pemasaran digital paling penting yaitu traffic bukanlah segalanya. Kesalahan amatir adalah mengharapkan mengubah calon pembeli menjadi pembeli dalam waktu seketika. Bawa mereka datang terlebih dahulu, lalu ubah mereka menjadi pembeli nanti.

8. Tingkatkan Pengalaman Pengguna

pemasaran digital pengguna

Meningkatkan pengalaman pengguna akan menjadi perekat yang menahan setiap strategi Anda bersama-sama. Berikut ini adalah cara umum dan populer untuk melakukannya:

  • Konten di situs Anda.
  • Saluran komunikasi yang Anda gunakan.
  • Interface yang user friendly.
  • Kecepatan loading situs web Anda.
  • Menu navigasi yang mudah
  • Chatbots untuk membantu dalam komunikasi.
  • Pilihan gaya bahasa sederhana untuk konten Anda.

Baca juga: Bagaimana Perpaduan Warna Memengaruhi Pemasaran & Branding?

Untuk membuat pilihan optimal pada area yang berbeda ini, Anda perlu mempelajari lebih lanjut tentang target audiens Anda. Ada tiga kiat pemasaran digital utama yang harus diingat untuk menciptakan pengalaman pengguna yang baik di tahun 2018:

  • Selalu menginformasikan dan menginspirasi audiens Anda dengan konten Anda. Ini akan memberi mereka kesan mendalam tentang perusahaan Anda dan meningkatkan keterlibatan.
  • Anda juga perlu strategi manajemen pelanggan untuk membantu Anda terhubung lebih baik dengan pelanggan. Hal ini akan membawa Anda melalui permintaan dan manajemen keluhan. Selain itu juga membantu Anda untuk mengumpulkan umpan balik pelanggan dan membuat mereka merasa menjadi bagian dari komunitas merek Anda.
  • Hal lain yang perlu diingat pada tahun 2018 adalah efektivitas pemasaran video. Pertimbangkan Facebook Live, Instagram Stories, dan Snapchat Stories untuk terlibat dengan audiens Anda.

Seperti yang Anda lihat, cara terbaik yang bisa Anda raih dari pesaing Anda adalah menggunakan cara pemasaran digital yang sudah terbukti dan benar. Pesaing Anda akan terus membuat kesalahan yang sama, sementara Anda telah belajar untuk menghindari ranjau darat dan mengembangkan bisnis Anda dengan 8 kiat pemasaran digital di atas. Selamat mencoba!