Packaging atau kemasan memiliki fungsi yang beragam, tidak hanya untuk pembungkus saja melainkan dapat menjadi daya tarik bagi konsumen. Namun sangat disayangkan, masih ada beberapa orang pelaku usaha yang belum paham tentang pentingnya kemasan. Berikut beberapa informasi tentang pentingnya packaging untuk pemasaran yang harus diketahui.

1.       Sebagai Identitas Produk

Packaging sangat penting untuk menunjukan identitas dari sebuah produk. Seperti pemilihan bentuk packaging, warna, ukuran, serta packaging yang memiliki ciri khas tersendiri. Memberikan informasi singkat melalui packaging menjadi salah satu cara yang dapat dikatakan efektif. Seperti jenis packaging menggunakan hardbox, konsumen akan melihat bahwa produk tersebut memiliki nilai lebih. Walau produk yang ditawarkan harganya sedikit lebih murah dari yang dibayangkan. Namun packaging menjadi salah satu alasan untuk memberikan identitas tersendiri pada sebuah produk.

2.       Menambah Kepercayaan Konsumen

Packaging yang tepat, akan membuat kepercayaan tersendiri untuk konsumen. Kemasan atau packaging yang rapi, bersih, serta menggunakan desain menarik akan lebih meyakinkan konsumen bahwa produk tersebut aman dan terjaga kualitasnya. Kemasan yang apa adanya akan menjadi pertanyaan tersendiri untuk calon konsumen. Seperti kebersihan saat pengemasan, dan kualitas dari sebuah produk. Kemasan atau packaging ini tidak hanya untuk makanan saja, termasuk ke semua produk. Terutama produk rumahan yang diolah, dan dikemas sendiri secara mandiri.

Baca juga : 4 Langkah Mudah Menciptakan Packaging yang Efektif

3.       Menambah Nilai Produk

Seperti pembahasan sebelumnya, packing yang rapi selain akan menambah kepercayaan konsumen, akan menambah nilai sebuah produk. Meski harga produk yang ditawarkan tidak mahal, namun jika Anda menggunakan dan memilih packaging tepat akan meningkatkan nilai sebuah produk. Ketahui jenis bahan yang ingin digunakan sebagai kemasan dan tentukan ukuran untuk kemasan. Jangan pernah memilih kemasan dengan ukuran yang tidak tepat. Sebab akan membuat produk kurang memiliki nilai, dan akan terlihat berlebihan.

4.       Penentuan Target Pasar

Siapa bilang kemasan atau packaging tidak berpengaruh kepada target pasar? Nyatanya packaging ini sangatlah berpengaruh untuk menentukan target pasar. Bahkan dari pemilihan warna untuk packaging juga berpengaruh. Jika target awalnya adalah anak-anak, menggunakan warna kemasan yang cerah serta gambar menarik menjadi solusinya. Berbeda dengan target awal remaja serta orang dewasa, Anda sedikit lebih mudah untuk menentukan desain kemasan yang diinginkan. Begitu juga dengan menentukan kelas target yang diinginkan. Ada yang berpendapat bahwa packaging menentukan strata pembelinya. Mungkin karena kemasan yang digunakan memiliki ciri khas tersendiri.

5.       Memudahkan Konsumen

Salah satu yang perlu dipertimbangkan lainnya adalah, fungsi dari sebuah kemasan. Jika kemasan yang digunakan menyulitkan konsumen mungkin mereka akan berpikir ulang untuk membeli kembali produk tersebut. Meski ingin terlihat berbeda, jangan lupa untuk berpikir tentang kemudahan dari kemasan itu. Jika kemasan mengalihkan fungsi utamanya dan konsumen harus berpikir cara membuka kemasan, itu sangat merepotkan. Terutama untuk produk-produk seperti pakaian, atau hanya sekedar fashion item lainnya. Pilih jenis kemasan yang memudahkan konsumen, mulai dari membuka kemasan, dan menggunakannya kembali.

Baca juga : Kemasan Ekonomis Untuk UMKM

Itulah pentingnya kemasan untuk pemasaran. Anda juga dapat belajar dari beberapa produsen lainnya bagaimana mereka menentukan kemasan untuk digunakan. Pemilihan bahan, warna, ukuran, dan desain sudah harus ditentukan sejak awal. Karena jika terlewat, akan menghambat perjalanan bisnis Anda. jangan lupa untuk menentukan percetakan yang dipercaya untuk mengerjakan packaging seperti keinginan Anda. salah satunya adalah Uprint.id yang menyediakan ragam jenis kemasan untuk membantu bisnis Anda. Selain itu ada beberapa perlengkapan bisnis lainnya yang bisa dicetak sekaligus di Uprint.id. Info lanjut dapat langsung berkunjung ke websitenya atau jika ingin membeli produk yang tersedia silahkan kunjungi toko online-nya di Tokopedia.