Gagal interview terkadang menjadi beban tersendiri bagi para pelamar kerja. Namun, pernahkah kamu merenungkan apa saja kesalahan yang membuat gagal interview? Penyebab gagal interview memiliki banyak faktor mulai dari kesopanan dalam mengirim surat lamaran kerja, hingga kesalahan lainnya. Seperti berikut ini kesalahan yang menjadi penyebab gagal interview.

1. Mengirim Email Tanpa Subjek

interview-tidak-menulis-subjek-email

Berhubung saat ini semua dilakukan melalui online, hingga melamar pekerjaan. Maka yang harus dilakukan adalah melakukan kegiatan mencari dan melamar pekerjaan melalui email. Jika selama ini kamu mengirim lamaran kerja melalui email, apakah mengirimnya dengan mengosongkan subjek? Maka inilah kesalahan terbesar kamu yang pertama. Cobalah untuk menuliskan subjek email, dengan tulisan posisi pekerjaan yang akan kamu apply. Misalnya “Surat Lamaran untuk Posisi Sebagai Sales Counter”. Sekarang sudah banyak perusahaan yang menyertakan keterangan untuk pelamar yang akan apply di posisi tersebut.

Baca juga : Etika Mengirim Email yang Disukai HRD. Siap-siap Panggilan Interview Nih!

2. Tidak Mengisi Body Email

interview-tidak-mengisi-body-email

Jika selama ini kamu gagal interview, bisa jadi karena tidak mengisi body email pada saat mengirim surat lamaran kerja melalui email. Jadi cobalah di kesempatan lain dengan mengisi body email dengan memperkenalkan diri, serta menuliskan sedikit cerita tentang diri kamu. Meski kamu akan menceritakannya di cv, tapi tidak mengapa jika kamu menuliskannya kembali sebagai perkenalan di awal.

3. Melamar Kerja yang Tidak Sesuai Kriteria

interview-melamar-kerja-tidak-sesuai

Hal ini pasti dilakukan oleh mereka yang baru saja lulus kuliah. Bagi para pencari kerja akan melamar pekerjaan secara bebas tidak memikirkan posisi yang tepat. Ketika kamu melamar pekerjaan secara acak dan tidak sesuai posisi, maka perusahan akan melihat bahwa kamu tidak serius dalam melamar pekerjaan. Sebab kamu melamar semua pekerjaan tanpa sesuai kriteria.

4. Penulisan yang Sulit Dipahami

interview-penulisan-yang-tidak-dipahami

Dalam penulisan juga harus diperhatikan. Sebab penggunaan font yang salah akan membuat penulisan menjadi sulit dipahami. Untuk itu, kamu harus memperhatikan selama menulis surat lamaran kerja tersebut. Perhatikan juga ketelitian dalam menulis, jangan sampai ada typo di dalam surat lamaran kerja tersebut. Jangan lupa memperhatikan kerapian dalam menulis surat lamaran kerja.

Baca juga : 5 Pertanyaan yang Harus Anda Ajukan Saat Interview Kerja

5. Menggunakan Bahasa yang Tidak Formal

interview-peulisan-yang-salah

Kamu harus dapat membedakan penggunaan bahasa untuk formal dan tidak formal. Penyebab gagal interview yang satu ini sudah pasti jangan digunakan. Kamu harus menggunakan bahasa yang sopan dan santun sekaligus formal. Jangan sampai menggunakan bahasa tidak formal dan singkat-singkat. Ini akan membuat kamu sudah pasti gagal interview.

Itulah beberapa kesalahan yang menjadi penyebab gagal interview. Kesalahan ini harus dihindari bagi kamu yang akan mendapatkan pekerjaan dan tidak akan gagal interview.