Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Keuangan memang menjadi topik pembicaraan yang menarik. Terutama saat Anda memiliki rencana sesuatu dalam waktu dekat. Sudah pasti hal yang utama dilakukan adalah membahas keuangan. Begitu juga bagi  Anda yang akan segera menikah, keuangan harus mulai diperhatikan. Sebab akan ada banyak perbedaan yang Anda temui setelah menikah. Seperti pembahasan kali ini mengenai perbedaan keuangan sebelum menikah dengan setelah menikah.

1. Mulai Mempertimbangkan

Perbedaan keuangan yang pertama adalah, saat masih belum menikah ketika ingin beli barang sesuatu langsung beli. Tapi berbeda jika Anda sudah mulai menikah, segala sesuatu harus dipikirkan terlebih dahulu. Sebab kini Anda bukan hidup sendiri lagi, melainkan berdua dengan pasangan. Saat ingin membeli sesuatu pastikan untuk komunikasi dengan pasangan, sehingga saling mengetahui keuangan dalam rumah tangga tersebut.

Baca juga : Alasan Penting Belajar Ilmu Parenting Sebelum Menikah yang Perlu Diketahui Calon Pengantin

2. Memilih Prioritas dan Keinginan

Memikirkan prioritas dengan keinginan memang sulit dilakukan. Namun Anda harus mulai membiasakan diri dengan keduanya. Saat Anda belum menikah, keinginan menjadi lebih dominan. Sedangkan setelah menikah, keinginan dan prioritas menjadi pertimbangan. Untuk itu yang perlu dilakukan adalah, melunasi prioritas terlebih dahulu, baru kemudian Anda mempertimbangkan keinginan. Jangan lupa untuk selalu komunikasi dengan pasangan, saat Anda menginginkan sesuatu.

3. Membeli Apapun Bebas

Jika masih belum menikah Anda dapat membeli barang apapun bebas, sesuai keinginan. Namun setelah menikah Anda tetap bebas membeli barang namun ada satu hal yang harus dipertimbangkan kembali demi kehidupan yang sejahtera.

4. Mengeluarkan untuk Seorang Diri dan Berdua

keuangan-setelah-menikah-berdua

Keuangan selama belum menikah hanya untuk kebutuhan pribadi. Namun setelah menikah Anda harus mengeluarkan keuangan untuk berdua. Kebutuhan pasangan dan diri sendiri. Tetap rewards untuk diri sendiri harus terlaksana. Dengan kata lain, menikah tidak akan menghambat kebahagiaan Anda dalam membeli sesuatu. Seperti makan makanan kesukaan, sebelum menikah Anda dapat dengan senang hati menikmati makanan favorit dengan harga yang fantastis. Lain halnya ketika sudah menikah, kesepakatan untuk makan makanan favorit menjadi hal yang utama. Anda dan pasangan dapat menentukan jadwal untuk dinner berdua. Sehingga Anda dan pasangan dapat menyiapkan keuangan atas kesepakatan.

Baca juga : Tips Mengatur Keuangan Setelah Menikah, Cocok untuk Pasangan Baru Nih

5. Dulu Gaji Sendiri Sekarang Bersama

keuangan-setelah-menikah-milik-bersama

Banyak yang bilang “mumpung belum menikah, senang-senang aja dulu”. Kalimat seperti itu pasti sering terdengar yang seakan-akan menikah akan membatasi Anda senang-senang. Padahal tidak seperti itu juga. Dulu memang saat masih sendiri uang gaji ya untuk diri sendiri, setelah menikah uang penghasilan menjadi bertambah dan siap digunakan bersama. Untuk itu, sangat penting berdiskusi dengan pasangan mengenai penghasilan sebelum menuju pernikahan. Pastikan saat Anda dan pasangan memang akan menuju ke arah yang lebih serius lagi.

Itulah beberapa perbedaan keuangan sebelum menikah dan setelah menikah yang perlu diketahui. Pastikan Anda dan pasangan selalu mendiskusikan segala sesuatunya. Sebab Anda tidak lagi hidup sendiri, melainkan bersama dengan pasangan.