Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

Mendaki gunung saat ini menjadi kegiatan yang sedang hits di kalangan anak muda. Selain karena hobi, tidak sedikit juga yang mendaki gunung karena lifestyle. Namun, jika Anda mendaki gunung karena lifestyle, lebih baik urungkan niat tersebut. Sebab, mendaki gunung bukanlah hal yang mudah. Anda harus mempersiapkan banyak hal, mulai dari mental hingga perlengkapan yang mumpuni. Seperti perlengkapan mendaki gunung berikut ini yang harus dipersiapkan.

1. Tenda

perlengkapan-mendaki-gunung-tenda

Perlengkapan mendaki gunung yang pertama disiapkan adalah tenda. Pilih tenda yang memiliki dua layer. Ini bertujuan untuk menghindari tenda basah akibat embun dan hujan. Sehingga kondisi di dalam tenda tetap hangat dan suhu stabil. Jika Anda menggunakan tenda single layer, maka akan lebih berbahaya. Sebab, semakin tinggi Anda mendaki, maka suhu juga semakin dingin. Untuk menghindari hipotermia di gunung, Anda harus menggunakan tenda dengan dobel layer. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah model tenda, daya tampung, kemudahaan saat dibawa, lapisan tenda (waterproof atau tidak), dan terakhir berat tenda tersebut.

Baca juga : Trik Packing Saat Hendak Travelling Menggunakan Tas Ransel

2. Perlengkapan Masak

Perlengkapan mendaki gunung selanjutnya adalah perlengkapan masak. Selain mental, saat mendaki gunung juga memerlukan energi besar. Untuk itu, Anda perlu membawa perlengkapan masak dan bahan makanan yang dapat dimasak. Misalnya mie instan dan lain sebagainya. Perlengkapan masak yang dibawa tidak harus besar, melainkan kecil namun tetap dapat digunakan secara maksimal. Anda dapat menggunakan kompor portable, panci kecil, dan perlengkapan lainnya. Namun ingat, bawalah perlengkapan masak yang memang diperlukan. Hal ini untuk menghindari bawaan terlalu berat dan membuat Anda lelah. Sebab, medan saat naik gunung berbeda saat di bawah sebelum naik menuju puncak.

3. Tas Carrier

Sebagai pendaki gunung, Anda diwajibkan untuk membawa barang-barang yang diperlukan. Untuk itu, gunakanlah tas carrier yang cocok digunakan para pendaki gunung. Pilihlah ukuran tas yang dapat disesuaikan. Mulai dari ukuran 5 Liter hingga terbesar. Semua harus disesuaikan dengan kebutuhan. Selain ukuran, Anda juga harus memperhatikan jenis bahan pada tas tersebut. Pilih tas yang waterproof atau memiliki jas hujan untuk tas tersebut. Hal ini menghindari tas basah dan membuat beban tas menjadi berat. Ini akan berbahaya jika kondisi tas basah. Sebab, semua perlengkapan seperti pakaian dan lain sebagainya ada di dalam tas.

4. Sleeping Bag dan Matras

perlengkapan-mendaki-gunung-sleeping-bag-dan-matras

Perlengkapan mendaki gunung selanjutnya adalah sleeping bag dan matras. Saat Anda melakukan pendakian, sudah pasti menguras energi dan tenaga yang besar. Agar mengembalikan tenaga dan energi selain makan adalah, istirahat tidur. Melakukan aktivitas tidur di alam bebas, kemungkinan besar akan banyak serangga yang mengganggu. Untuk menghindari hal ini, Anda harus menggunakan sleeping bag sebagai pengganti selimut, dan matras sebagai alat tidur selama berkemah di gunung. Sleeping bag membantu Anda menghindari gigitan serangga dan membuat suhu badan menjadi lebih hangat.

5. Trekking Pole

perlengkapan-mendaki-gunung-trekking-pole

Tidak sedikit pendaki gunung yang melewatkan membawa perlengkapan mendaki gunung seperti trekking pole ini. Padahal, trekking pole ini adalah benda yang wajib dibawa untuk membantu Anda selama perjalanan. Sebab ini berfungsi untuk menyangga berat badan pendaki, menghindari cedera lutut, dan memberikan keseimbangan saat melintasi trek yang curam.

Baca juga : Cara Menjaga Lingkungan Ketika Sedang Travelling

6. Jaket

perlengkapan-mendaki-gunung-jaket

Mengingat suhu di gunung, saat ketinggian tertentu suhu udara semakin menipis dan dingin. Perlengkapan mendaki gunung yang diperlukan selanjutnya adalah jaket. Menggunakan jaket saat mendaki gunung, harus dilakukan sebab ini akan membuat tubuh menjadi lebih hangat dan nyaman. Pilihlah jaket yang tidak terlalu tebal agar mudah disimpan atau dibawa. Selain itu, Anda juga harus memilih bahan pada jaket, pilih yang waterproof, dan anti angin. Dengan begitu, tidak akan mengganggu Anda saat mendaki gunung.

7. Sepatu

perlengkapan-mendaki-gunung-sepatu

Perlengkapan mendaki gunung selanjutnya adalah sepatu. Pilihlah sepatu yang memang difungsikan untuk kegiatan outdoor. Dengan model yang tinggi, anti slip, dan dapat menghangatkan kaki. Sepatu gunung ini juga berfungsi untuk menghindari binatang melata masuk ke bagian kaki. Sehingga membuat Anda tidak nyaman selama dalam perjalanan. Jangan lupa juga untuk menggunakan kaus kaki agar lebih nyaman dan aman selama perjalanan.

8. Sarung Tangan dan Pelindung Kepala

perlengkapan-mendaki-gunung-sarung-tangan

Perlengkapan selanjutnya adalah sarung tangan dan pelindung kepala. Kedua perlengkapan ini memiliki fungsi yang dapat membantu Anda agar tetap hangat. Sarung tangan juga akan membuat jari-jari tidak menjadi kaku akibat dingin, dan pelindung kepala agar tetap menghangatkan bagian telinga. Untuk itu, pilihlah pelindung kepala yang dapat menutup hingga telinga.

9. Jas Hujan

perlengkapan-mendaki-gunung-jas-hujan

Jangan lupa untuk membawa jas hujan. Biasanya cuaca di bawah dengan di puncak gunung itu berbeda. Bisa saja hujan tiba-tiba yang akan menghambat perjalanan Anda. Untuk itu, mencegah terjadinya kehujanan dan basah kuyup, Anda harus mempersiapkan jas hujan. Pilihlah jas hujan yang tidak terlalu berat dan besar. Sehingga dapat memudahkan ketika dibawa saat mendaki gunung.

Baca juga : Tips Liburan Nyaman yang Perlu Diketahui Agar Travelling Semakin Menyenangkan

10. Kantong Sampah

Perlengkapan terakhir adalah plastik sampah. Jangan sampai Anda mendaki gunung meninggalkan jejak yang buruk. Termasuk sampah bekas konsumsi Anda selama perjalanan. Untuk itu, persiapkan plastik sampah, dengan tujuan agar tidak ada sampah yang mengotori pemandangan. Jika Anda mencintai alam, berikanlah yang terbaik untuknya dengan menjaga keindahan dan kebersihan.

Itulah beberapa perlengkapan mendaki gunung yang harus dipersiapkan. Jangan sampai mempersiapkan hal yang bukan utama. Ini akan membuat Anda kesulitan selama mendaki gunung. Selain itu, siapkan mental dan fisik sebelum mendaki gunung. Untuk kalian yang sedang tidak sehat, lebih baik urungkan niat mendaki gunung. Hal ini untuk mencegah terjadinya kejadian buruk selama perjalanan.