Akhir tahun merupakan momen yang ditunggu oleh semua masyarakat di seluruh negara. Euforia dalam perayaan, adalah yang terpenting. Bahkan pergantian tahun dijadikan sebuah momen untuk berkumpul dengan sahabat, teman, atau keluarga. Sebelum akhir tahun tiba, sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa hal ini agar perayaan semakin seru.

Baca juga : Cetak Kartu Natal dan Tahun Baru Secara Custom di Uprint.id

1. Menentukan Destinasi Tujuan dan Buatlah Jadwal Perjalanan

persiapan-akhir-tahun-07-destinasi

Mau berlibur kemana akhir tahun ini? Ada baiknya Anda menentukan destinasi tujuan secepatnya. Jangan menunda waktu, sebab semakin dekat ke akhir tahun maka semakin sulit untuk mendapat penginapan dan transportasi. Jika tidak memiliki banyak waktu ke agen travel, Anda dapat mencari informasi destinasi melalui situs traveling online yang sudah banyak beredar.

Setelah itu, segera buat jadwal perjalanan. Anda dapat membuat jadwal keberangkatan, lama menetap di sana, dan kapan waktunya untuk pulang. Catatan ini sangat penting untuk perjalanan Anda nanti.

2. Menghitung Biaya Perjalanan

persiapan-akhir-tahun-06-memperhitungkan-biaya

Musim akhir tahun banyak hal yang tidak terduga. Misalnya, harga kamar hotel atau tiket transportasi akan melonjak naik menjelang liburan akhir tahun. Tapi itu semua tidak menjadi masalah, yang penting Anda dapat menghitung biaya perjalanan. Hitung dengan cermat berapa biaya untuk transportasi, menginap, makan, hingga berbelanja souvenir. Jangan lupa untuk membawa daftar rincian tersebut saat berpergian, bahkan rincian itu dapat menjadi pengingat Anda. Jangan sampai biaya perjalanan menguras isi dompet Anda sampai habis.

3. Segera Pesan Tiket Transportasi dan Booking Hotel

persiapan-akhir-tahun-05-persiapan-tiket

Setelah memiliki jadwal perjalanan, kini saatnya memesan tiket transportasi. Anda dapat menghubungi call center, datang langsung ke terminal atau stasiun untuk membeli tiket, atau juga dapat mencarinya di travel agent. Tidak sampai di situ, baiknya Anda juga segera memesan hotel. Segera telepon pihak hotel dan tanyakan kamar kosong untuk Anda menginap. Anda juga bisa membooking hotel lewat internet. Jika sudah penuh, Anda bisa langsung mencari pilihan hotel lainnya di sekitar destinasi tujuan. Bahkan saat ini tersedia paket travel yang menawarkan tiket transportasi dan hotel dalam satu paket. Anda dapat mencoba paket tersebut jika tidak ingin mengeluarkan banyak dana tambahan.

4. Mempersiapkan Kondisi Fisik

persiapan-akhir-tahun-04-mempersiapkan-fisik

Liburan akhir tahun sudah pasti membuat Anda kurang tidur. Pasalnya setiap akhir tahun Anda diharuskan bangun atau bahkan begadang hingga pukul 00:00 untuk menyambut datangnya tahun baru. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan kondisi fisik sebelum memutuskan untuk begadang menyambut pergantian tahun. Anda dapat mengkonsumsi makanan sehat, atau bahkan vitamin agar tubuh dan stamina terjaga sehingga liburan tidak terganggu.

5. Atur Kegiatan Pasca Liburan

persiapan-akhir-tahun-03-merencanakan-kegiatan

Liburan terkadang membuat orang menjadi malas untuk kembali beraktivitas. Nah, hal seperti ini harus Anda hindari. Caranya dengan Anda membuat jadwal kegiatan setelah berlibur, terutama saat libur pergantian tahun. Kegiatan setelah liburan ini untuk mempersiapkan kondisi tubuh agar tetap segar dan bugar. Sehingga tidak merasakan kelelahan yang berkepanjangan.

6. Urus Visa atau Paspor

persiapan-akhir-tahun-02-persiapkan-dokumen

Jika Anda ingin menghabiskan waktu pergantian tahun ke luar negeri, dapat mencoba untuk mengurus paspor atau visa dari jauh-jauh hari. Namun sebelumnya, harus menentukan terlebih dahulu destinasi negara mana yang akan dikunjungi. Anda dapat juga mengunjungi negara yang tidak membutuhkan visa. Sehingga lebih menghemat waktu ketika hendak bepergian ke negara tersebut.

Baca juga : Tips Liburan Murah Dengan Tiket Kereta Api di Akhir Tahun

7. Membawa Pakaian Secukupnya

persiapan-akhir-tahun-01-packing

Jika Anda berlibur ke dalam negeri, sebaiknya bawalah pakaian secukupnya. Jangan terlalu banyak sebab akan menambah berat bawaan di bagasi. Namun, jika bepergian keluar negeri lihat terlebih dahulu musim apa yang sedang terjadi. Kemudian Anda persiapkan baju yang sesuai dengan musimnya. Hal semacam ini yang sering terlupakan.

Itulah beberapa persiapan akhir tahun yang dapat dilakukan sebelum bepergian. Pastikan semuanya sesuai dengan apa yang ingin persiapkan. Untuk itu, agar mempermudah Anda melakukan persiapan sebaiknya cobalah membuat list apa saja yang akan dibawa. Selamat akhir tahun dan selamat mencoba!