Rumah kecil tidak harus selalu terlihat sempit. Anda dapat memanfaatkan penataan ruangan serta menggunakan beberapa furniture minimalis akan menambah kesan lega. Tidak hanya itu saja, Anda dapat juga mengikuti beberapa tips berikut ini untuk membuat hunian kecil menjadi lega.

1. Menambahkan Tanaman Hias

Agar rumah kecil terlihat lega, Anda dapat memanfaatkan tanaman hias. Selain membuat tampilan rumah lebih asri, tanaman ini memiliki fungsi lain yaitu menyejukan ruangan. Anda dapat memanfaatkan pot tanaman ukuran kecil, sehingga dapat dengan mudah meletakan di beberapa sudut ruangan. Pilih warna pot bernuansa monokrom, seperti putih atau hitam berukuran kecil.

Beberapa tanaman yang bisa Anda tanam di halaman atau di dalam rumah seperti tanaman hias spider plant, tanaman sirih gading atau golden pothos, lidah buaya dan masih banyak lainnya. Untuk tanaman sirih gading, tanaman ini termasuk pohon yang kuat dan mudah tumbuhnya tanpa banyak perawatan.

Baca juga : 5 Kesalahan Terburuk yang Harus Dihindari Saat Mendekorasi Rumah Minimalis

2. Manfaatkan Dinding Rumah

Jika selama ini Anda terbesit ingin membeli lemari untuk meletakan barang-barang tapi ruang tidak cukup. Coba untuk urungkan niat tersebut. Anda dapat memanfaatkan dinding rumah dengan memasang beberapa papan untuk dijadikan tempat penyimpanan. Sehingga dinding rumah tidak hanya diisi pigura foto saja, melainkan akan lebih terlihat artistik dengan memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan.

3. Manfaatkan Make Up Organizer

rumah-kecil-03

Rumah kecil akan terlihat rapi dan lega jika Anda pandai menyimpan barang-barang kecil yang ada di rumah. Hal ini diberlakukan terutama pada bagian kamar, Anda dapat memanfaatkan make up organizer untuk membuat kesan kamar rapi. Tidak hanya ruang tidur saja, Anda dapat mengaplikasikannya ke beberapa ruangan lainnya, dengan tempat penyimpanan yang tepat dan sesuai. Misalnya, untuk kotak kabel dan lain sebagainya Anda harus menggunakan beberapa wadah penyimpanan. Hal ini tidak hanya agar terlihat rapi, melainkan akan memudahkan pada saat mencari sesuatu.

4. Menggunakan Laci Sepatu

Tips selanjutnya adalah memanfaatkan dan menggunakan laci sepatu. Biasanya sepatu yang berantakan akan cenderung lebih terlihat kotor dan membuat ruangan sempit. Tidak hanya itu saja, meletakan sepatu secara sembarangan akan membuat masa pakai sepatu menjadi lebih pendek. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu menggunakan laci sepatu atau kabinet sepatu. Selain akan membuat lebih rapi ruangan, menggunakan lemari sepatu akan menghindari debu masuk dan merusak sepatu.

Baca juga : Cara Mudah Makeover Ruangan di Rumah Agar Terlihat Berbeda

5. Menggunakan Rak Pakaian

Anda juga dapat menggunakan rak pakaian. Bentuknya yang ramping dan minimalis, akan membuat ruangan lebih luas atau lega serta rapi. Terutama dalam bagian kamar penggunaan rak baju sangat diutamakan. Anda dapat menggantung baju jika tidak ingin menyetrikanya. Sehingga baju tidak terlihat kucel dan tetap sedikit rapi. Namun akan lebih rapi lagi jika Anda menyetrikanya ya.

Itulah beberapa tips membuat rumah kecil menjadi lebih luas atau lega. Anda dapat menggunakan salah satu atau beberapa tips tersebut, dan buatlah hunian yang nyaman.