Percetakan Jakarta Uprint.id
Percetakan Jakarta Uprint.id

pergi merantau

Bagi kamu yang sedang pergi merantau, baik ke kota lain atau pun ke luar negeri pasti sudah pernah merasakan kesulitan dan tantangan dalam hidup, bukan hanya satu dua kali namun tantangan tersebut sering kali menghampiri.

Entah kamu pergi merantau untuk menempuh pendidikan atau mencari penghasilan demi kehidupan yang lebih baik, pasti berat rasanya meninggalkan keluarga yang selama ini selalu ada untukmu pada saat senang maupun susah. Untuk kamu yang berencana pergi merantau, pasti kamu juga pernah atau sedang merasa galau jika berpikir mengenai kesulitan yang akan kamu hadapi nantinya.

Tetaplah semangat, jangan sampai menyerah di tengah jalan karena dengan merantau kamu mengalami sesuatu yang sangat berharga yang belum tentu bisa dirasakan oleh setiap orang dalam hidup mereka masing-masing. Hidup yang biasa-biasa saja tanpa pernah mengalami suatu tantangan adalah hidup yang sia-sia.

Dengan adanya tantangan, pribadimu akan ditempa untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik dan tidak cengeng. Apa saja alasan-alasan untuk tidak menyerah di tengah jalan saat kamu sedang ingin menyerah karena hidup di perantauan tidak bisa dibilang mudah?

percetakan online jakarta

  • Janganlah pernah merasa puas dengan cukup saja

merantau

Tinggal bersama keluarga pastilah sangat nyaman. Saat kamu senang, mereka ada bersamamu untuk merayakan. Saat kamu sedih, mereka juga ada untuk menghiburmu. Segalanya sudah disediakan oleh orang tua, mulai dari makanan hingga fasilitas hidup lainnya, betapa nyamannya. Kamu merasa bahwa hidup yang seperti itu sudah cukup. Pertanyaannya, sampai kapan kamu mau hidup seperti itu? Apakah kamu pernah berpikir seandainya ada hal malang yang menimpa anggota keluargamu dan kamu tinggal sebatang kara, apa yang akan terjadi pada dirimu? Kamu harus bisa bertahan hidup, dan hal tersebut harus kamu pikirkan mulai dari sekarang. Janganlah pernah merasa puas dengan yang cukup saja. Atau kamu ingin menjadi orang yang biasa-biasa saja? Apakah kamu terlahir untuk menjadi biasa-biasa saja?

  • Pelajaran terbaik dalam hidup ini adalah pengalaman

merantau

Kata orang guru terbaik dalam hidup ini adalah pengalaman, dan hal tersebut benar adanya. Apa gunanya kamu memiliki nilai akademis yang tinggi tetapi mentalmu payah? Begitu bertemu dengan kesulitan kamu langsung menyerah atau menangis. Salah satu karakteristik dari orang yang bisa sukses dalam hidup ini adalah orang yang tetap bisa bertahan walaupun banyak cobaan yang datang menghampiri. Dengan merantau di kota lain atau negeri asing, kamu akan mendapatkan pelajaran terbaik dalam hidup yang disebut pengalaman.

  • Orang yang sukses pada umumnya adalah mereka yang berani keluar dari zona nyaman

merantau - Orang yang sukses pada umumnya adalah mereka yang berani keluar dari zona nyaman

Agar bisa sukses, kamu harus berani mencoba, dan kamu bisa melakukannya dengan keluar dari zona nyaman. Jika kamu hanya melakukan apa yang sudah terasa nyaman bagimu, kamu tidak akan berkembang karena tak ada tantangan-tantangan baru untuk ditaklukkan. Berani merantau adalah sikap yang pantas mendapat pujian karena merantau itu berarti keluar dari zona nyaman.

  • Dengan merantau kamu akan tahu bahwa hidup adalah sebuah perjuangan

uprint.id notes

Produk Uprint.id – Foto oleh Steven Ng

Saat tinggal dengan orang tua mungkin kamu tidak perlu pusing dengan apa yang menjadi kebutuhanmu karena segalanya selalu tersedia. Saat kamu sedang tidak punya uang dan kamu minta kepada orang tua, orang tua pasti akan memberikan karena bagaimana pun mereka adalah orang tuamu, mereka tidak akan tega melihat anaknya menderita. Tapi saat kamu hidup sendiri, tinggal sangat jauh dari orang tua, kamu tahu bahwa hidup itu tidaklah mudah, hidup itu adalah sebuah perjuangan. Yang paling nyata mungkin adalah soal uang. Kamu harus bisa berhemat, tidak hedon-hedon seperti saat masih tinggal bersama orang tua. Segalanya harus kamu pikirkan dengan masak-masak karena jika kamu salah memperhitungkan, kamu harus menanggung risikonya sendiri. Mungkin kamu bisa mengandalkan teman-temanmu di perantauan, tapi tetap saja beda rasanya saat kamu meminta bantuan teman dan saat kamu meminta bantuan orang tua.

  • Kamu akan menjadi pribadi mandiri yang bisa membuat keputusan sendiri

merantau - Kamu akan menjadi pribadi mandiri yang bisa membuat keputusan sendiri

Acapkali di dalam hidup kamu dihadapkan dengan berbagai keputusan untuk dibuat. Jika biasanya kamu lebih sering mengandalkan kebijaksanaan orang tua untuk membantumu membuat keputusan, maka jika kamu merantau sudah saatnya kamu menjadi pribadi mandiri yang bisa membuat keputusan sendiri. Jauh dari orang tua akan membuatmu tidak bisa mengandalkan mereka setiap saat. Instingmu pun akan terlatih dan pada akhirnya kamu bisa membuat keputusan terbaik untuk diri dan hidupmu.

  • Merantau memberimu teman dan keluarga baru

merantau - Merantau memberimu teman dan keluarga baru

Tinggal di kota atau negara yang asing untukmu pasti membuatmu kesepian. Kamu akan mencari teman-teman baru yang akan bersamamu melewati keseharian. Teman-teman barumu itu pun akan menjadi keluarga barumu. Bukankah menyenangkan bahwa kamu memiliki semakin banyak teman?

  • Dengan merantau kamu akan paham bahwa kebebasan itu tidak selalu indah

merantau - Dengan merantau kamu akan paham bahwa kebebasan itu tidak selalu indah

Menurutmu apa itu kebebasan? Sesuatu yang indah? Mungkin kamu berpikir begitu saat kamu tinggal bersama keluarga. Ada kalanya orang tua tidak akan mengizinkanmu pulang terlalu larut karena mereka cemas akan keselamatanmu, namun kamu malah merasa bahwa mereka mengekang kebebasanmu. Sekarang saat kamu merantau, kamu akhirnya paham bahwa kebebasan itu memiliki konsekuensi, bahwa kebebasan itu tidak sesederhana itu. Segala perbuatan memiliki tanggung jawab dan konsekuensinya, apalagi kamu tinggal di kota yang bukan kotamu sendiri atau negara lain yang sangat patuh hukum, misalnya. Tidak bisa lagi kamu bersikap seenaknya, dan kamu akhirnya sadar dan mengerti bahwa ternyata orang tuamu dulu tidak mengizinkanmu bertindak sebebas-bebasnya karena ada konsekuensi yang harus kamu tanggung.

  • Jati dirimu bisa saja ditemukan di tempat perantauan

merantau - Jati dirimu bisa saja ditemukan di tempat perantauan

Dengan merantau, kamu memiliki kesempatan luar biasa untuk menjelajahi tempat-tempat baru dan mempelajari hal-hal baru, dan bukannya tidak mungkin kamu akan menemukan jati dirimu di tempat perantauan, apa yang menjadi panggilan hidupmu selama ini. Bagaimana kamu bisa tahu jika kamu tidak pernah atau takut untuk mencobanya?