Stiker banyak ditemui di mana saja dan mudah sekali didapatkan. Stiker banyak digunakan sebagai buah tangan di acara-acara seperti reuni, pameran dan bahkan acara pentas seni sekolah. Penggunaannya juga sering ditemukan pada mobil-mobil pribadi di jalanan, contohnya seperti stiker doraemon atau hello kitty.

Tapi tahukah kamu jika stiker itu tidak hanya bisa digunakan untuk memberi kesan semarak pada mobil namun juga bisa menjadi media promosi yang efektif?

Manfaat Promosi Dengan Stiker

serbapromosi-pampers_indomaret

  1. Memperkenalkan Perusahaan dan Produk

Sebagai media promosi, stiker memang ditujukan untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat luas. Banyak perusahaan mencetak stiker logo perusahaan dan produknya. Cukup banyak perusahaan mengungkapkan bahwa semakin sering orang melihat logo mereka, semakin mudah orang mengingat perusahaan mereka. Stiker juga dapat dianggap sebagai billboard mini berjalan di jalan raya.

  1. Memberi Informasi Pada Konsumen

Stiker juga dapat digunakan untuk memberikan informasi kepada konsumen. Misalnya, sebuah toko gas sedang melakukan pembenahan dalam sistem jual belinya. Toko tersebut memberikan pelayanan antar jemput gas ke rumah pelanggan dengan tarif yang sangat murah.

Ketika para pelanggan membeli gas, pihak toko dapat memberikan stiker yang telah dicetak sebelumnya. Dalam stiker tersebut tersedia alamat beserta nomor telepon yang dapat dihubungi. Pembeli kemudian akan memasangnya di tempat yang terjangkau.

Pemilik rumah yang sedang malas keluar akan menelpon toko gas dari stiker yang diberikan tersebut. Pada saat itulah media promosi stiker yang digunakan akan sangat bermanfaat dan tentu saja penjualan toko dapat meningkat.

  1. Pemberitahuan Bahwa Ada Diskon

Pada dasarnya pembeli sangat menyukai diskon. Jika beriklan di radio maupun televisi bisa dikatakan cukup mahal, maka menggunakan stiker sebagai media promosi adalah alternatifnya. Kamu dapat menyebarkannya ketika ada pembeli datang ke tempat usaha. Selain murah, metode ini dapat memancing promosi secara mulut ke mulut antar pembeli. Seperti kata peribahasa, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Bagaimana Promosinya?

promosi dg stiker

Untuk berpromosi menggunakan media stiker sangatlah mudah karena stiker dapat diaplikasikan ke dalam berbagai media. Berikut ini adalah dua cara berpromosi menggunakan stiker yang dapat menjadi inspirasi:

  • Pasang Stiker di Mobil

Seperti yang telah disampaikan, stiker adalah billboard mini untuk mempromosikan bisnis. Jika kamu memiliki kendaraan dan sering memakainya, alangkah baiknya memanfaatkan badan mobil sebagai media iklan.

Setiap bisnis pasti mempunyai sebuah ciri khas, karenanya stiker yang digunakan sebagai media promosi harus dibuat secara eksklusif. Jangan lupakan juga desain yang unik dan peletakkan stiker pada badan mobil yang tepat. Peletakkan stiker yang tepat akan memancing orang mengingat desain atau logo atau tulisan dalam mobil tersebut.

  • Sebarkan Saat Berlangsungnya Acara

Menyebarkan stiker yang dianggap cukup efektif adalah pada saat menyelenggarakan acara tertentu. Seumpama usaha yang kamu geluti menjadi sponsor utama acara tersebut , maka kemungkinan besar logomu akan mendapat porsi besar pada stiker tersebut.

Ada begitu banyak acara yang dapat kamu ikuti untuk mempromosikan produk. Mulai dari konser musik, pameran produk, hingga mengikuti acara-acara dari berbagai komunitas.

Spesifikasi Stiker

stiker omg

Sebagai media promosi untuk memperkenalkan produk, stiker yang dicetak tidak boleh asal-asalan. Membuat anggaran sedikit lebih banyak untuk membuat stiker dengan desain yang menarik bukanlah sebuah keputusan yang salah. Di bawah ini adalah beberapa spesifikasi yang harus dimiliki untuk stiker yang digunakan sebagai media untuk promosi :

  • Gunakan Kertas Berkualitas Baik

Segala hal yang memiliki kualitas lebih baik akan memberikan hasil yang lebih baik juga. Pemikiran ini hendaknya diterapkan oleh kamu yang hendak membuat stiker. Sebagai media promosi, stiker yang digunakan haruslah terbuat dari jenis kertas yang baik.

Jenis kertas tersebut akan memberikan dampak pada keawetan stiker. Kertas yang mudah sobek akan merugikan karena secara tidak langsung promosi yang kamu lakukan berhenti sampai di sana. Padahal stiker ampuh untuk digunakan sebagai jenis promosi jangka panjang yang relatif lebih murah dibandingkan media lain.

  • Pilih Desain yang Unik

Jelas dari segi manapun, mata memberikan sugesti paling hebat untuk pemikiran manusia. Oleh karena itu desain yang digunakan untuk membuat stiker jangan asal-asalan. Mintalah desainer stiker mendesain stiker yang sesuai dengan keinginan tetapi juga mempunyai keunikan tersendiri. Sesuaikan juga desain stiker yang kamu buat dengan acara-acara yang sedang kamu sponsori.

  • Informasi yang Jelas

Ini adalah karakteristik paling penting. Media promosi selain digunakan untuk memperkenalkan produk juga dapat dimanfaatkan sebagai penyalur informasi seperti di mana letak usaha berada dan bagaimana cara menghubungi. Untuk itu desain di dalam stiker juga harus memuat informasi penting tersebut. Buatlah stiker yang informatif tanpa harus bertele-tele.

Untuk kamu yang sedang memulai usaha kreatif, coba juga berpromosi menggunakan stiker. Cara promosi yang tidak pasaran ini tetap efektif untuk menarik mereka para konsumen. Unik, bermanfaat, promosi jangka panjang yang murah dan tentu saja dapat digunakan sebagai penghias meja, lemari dari pemilik stiker. Tidak perlu ragu untuk memilih stiker sebagai salah satu media promosi usaha.